Fakta Menakjubkan Mengenai Sistem Imun Manusia

Sejak lahir, manusia dibekali dengan sistem imunitas alami. Sistem ini terdiri dari perlindungan baik dalam maupun di luar tubuh. Biasanya kita tidak menyadari cara kerja sistem imun dan baru menyadarinya saat tubuh diserang flu. Namun tahukah kamu bahwa imunitas merupakan sistem yang kompleks dari sel, jaringan, dan organ untuk melindungi tubuh? Begitu luar biasanya sistem imun manusia karena bisa memberitahu tubuh mana yang merupakan "teman" dan mana yang "musuh" untuk dihancurkan. Yuk, simak fakta sistem imun yang menakjubkan berikut ini!


Fakta Sistem Imun yang Tidak Disadari

Sistem imun di dalam tubuh manusia bekerja layaknya pasukan perang, lho! Tugasnya adalah melindungi tubuh dari segala jenis ancaman, baik yang berasal dari luar maupun yang ada di dalam. Sistem kekebalan tubuh manusia ini terdiri dari macam-macam kelenjar dan sel yang bekerja secara simultan untuk menjadi perisai tubuh. Berikut fakta sistem imun yang sering tidak kita sadari.


1. Terdiri dari 5 liter darah dan getah bening

Sistem kekebalan tubuh merupakan sistem pertahanan kompleks yang didukung oleh lima liter darah dan getah bening. Getah bening adalah cairan yang jernih dan tidak berwarna yang mengalir ke seluruh jaringan tubuh. Kedua cairan ini mengangkut semua elemen sistem kekebalan sehingga masing-masing dapat menjalankan fungsinya dalam melindungi tubuh.


2. Tubuh menciptakan antibodi baru setiap kali terinfeksi antigen baru

Tubuh selalu menyesuaikan diri dengan menciptakan antibodi baru setiap kali terinfeksi antigen baru. Jika antigen yang sama menginfeksi tubuh kita untuk kedua kalinya, maka tubuh dapat dengan cepat membuat salinan antibodi yang sesuai untuk menghancurkannya.


Baca juga: Lawan Virus Corona dengan Imunitas Tubuh


3. Demam dan radang merupakan pertanda baik

Jangan panik dulu kalau tiba-tiba terserang demam atau radang. Hal ini disebabkan karena keduanya merupakan pertanda bahwa tubuh melakukan tugasnya dengan baik. Demam melepaskan sel darah putih, meningkatkan metabolisme, dan menghentikan organisme tertentu berkembang biak. Sedangkan radang terjadi ketika masing-masing sel yang rusak melepaskan histamin. Histamin menyebabkan dinding sel membesar. Kondisi tersebut yang menjadi pemicu ruam, panas, nyeri, dan pembengkakan radang. 


4. Stres bisa merusak sistem kekebalan

Stres ternyata berdampak signifikan terhadap sistem kekebalan kita. Selama stres, tubuh mengeluarkan hormon kortisol, adrenalin, dan hormon stres lainnya dari kelenjar adrenal. Seluruh hormon ini berfungsi membantu tubuh kita dalam mengatasi stres. Normalnya, kortisol sangat berguna karena mengurangi peradangan dalam tubuh yang dihasilkan dari respon imun yang dipicu stres. Tetapi jika kita mengalami stres akut, hormon stres juga dapat mempengaruhi fungsi tubuh seiring berjalannya waktu.


Baca juga: 5 Kebiasaan Sehat ini Akan Mengurangi Kadar Stresmu 


Perkuat imunitas dengan konsumsi gizi seimbang dan olahraga. #AlamiHebatnya YOUVIT dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

Selain itu YOUVIT hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. YOUVIT pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.


Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu selalu sehat!

Comments (0)

Leave a comment