5 Kebiasaan Sehat ini Akan Mengurangi Kadar Stresmu

Era teknologi digital yang ramai informasi memaksa kita lihai melakukan multitasking. Namun apakah melakukan banyak hal sekaligus dalam satu waktu baik untuk kesehatan jiwamu?

 

Beristirahat sejenak saat stres menghadang jelas bukan tanda kemalasan, melainkan salah satu kebiasaan cerdas yang tentunya menyehatkan jiwa. Mau tahu apalagi kebiasaan sehat lainnya yang bisa kamu tambahkan sebagai rutinitasmu di tengah kesibukan sehari-hari?

 

Ini dia 5 kebiasaan sehat yang sering dilupakan meskipun sebenarnya bisa jadi cara mudah untuk mengurangi stres.

 

1. Cek media sosial hanya saat istirahat dan setelah jam kerja berakhir

 

Image result for cek ponsel

 

Dengan cek dan memproses semua email, pesan, serta akun media sosial sebelum jam kerja berakhir, kamu dapat menyimpan banyak sekali energi sampai keesokan harinya.

 

Memilah dengan cerdas pesan apa yang penting dibaca atau ditanggapi, benar-benar akan membantu mengurangi level kecemasan dan menghilangkan stres.

 

2. Jadikan momen makan siangmu waktu untuk rileks sejenak

 

Related image

 

Jangan terburu-buru menghabiskan makan siangmu. Nikmati setiap gigitanmu dan coba fokus pada tekstur, bau, dan rasa makananmu. Dijamin membuatmu lebih rileks di tengah hari dan tentunya memberikan pengalaman baru tersendiri mengenai makanan yang selama ini asal lewat saja di kerongkonganmu.

 

3. Batasi asupan informasi harianmu

 

Image result for batasi social media

 

Pusing dengan terlalu banyak notifikasi dan banyaknya informasi yang meluap di ponselmu?

 

Coba deh, gunakan waktu luangmu selama beberapa menit setiap bulannya untuk ‘berbenah’ linimasa dan juga newsletter atau blog berlangganan yang telah kamu daftarkan namun tak lagi dibutuhkan.

 

Ini akan membantumu lebih mudah fokus pada hal-hal yang penting untuk hidupmu dan menggunakan waktu untuk lebih banyak bertindak daripada mencerna informasi yang tak ada habisnya.

 

4. Cukup tidur dan istirahat

 

Image result for tidur cukup

 

Bergadang di malam hari sepertinya sudah menjadi kebiasaan yang lekat, terutama di kalangan millennial. Padahal bergadang memiliki efek berbahaya pada kesehatan mental, lho!

 

Salah satu cara terbaik yang dapat membantumu tidur lebih awal adalah berolahraga setidaknya 45 menit setiap hari. Ini juga membantumu tidur lebih baik dan bangun dengan kondisi tubuh lebih segar.

 

Ingat ya, setidaknya kamu perlu minimal enam jam setiap harinya untuk tetap bugar sepanjang hari. 

 

5. Menjaga pola makan

 

Image result for jaga pola makan

 

Akibat gaya hidup yang sibuk dan dinamis, pola makan kita cenderung asal-asalan. Apalagi teknologi membuat segala hal menjadi semakin praktis.

 

Mau pesan makanan cepat saji tinggal buka aplikasi pesan-antar. Padahal makanan cepat saji bisa meningkatkan kadar stres dan kecemasan kita, lho!

 

Itu sebabnya, untuk menghilangkan stres, ubah pola makan dengan lebih rajin mengonsumsi buah-buahan seperti pisang, alpukat, juga wortel dan yogurt yang berfungsi membantu mood lebih tenang.

Comments (0)

Leave a comment