Mengenal 5 Gerakan HIIT Workout: Olahraga Praktis di Rumah

Mengenal 5 Gerakan HIIT Workout: Olahraga Praktis di Rumah

youvit_hiit_workout

Dengan banyaknya aktivitas yang lebih aman dilakukan di rumah saja akhir-akhir ini membuat HIIT workout jadi pilihan praktis bagi kamu yang sibuk untuk tetap sehat dan in-shape. Olahraga ini disukai karena nggak membutuhkan peralatan olahraga atau ruangan luas seperti yang ada di gym. Yang kamu perlukan hanya selembar matras (yoga mat) dan hanya butuh waktu 5-30 menit kok untuk memompa darah dan membantu tubuh tetap bersemangat sepanjang hari!

 

Baca juga: 5 Olahraga Di Rumah Yang Bisa Rutin Dilakukan Selama Social Distancing

 

HIIT workout atau latihan interval intensitas tinggi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh meski dilakukan dalam waktu singkat. Olahraga ini membantu kita membangun kekuatan dan meningkatkan kardio pada saat yang bersamaan. Ditambah lagi, gerakan-gerakan berulang yang dilakukan dalam HIIT workout membakar 25 hingga 30 persen lebih banyak kalori daripada latihan ketahanan, bersepeda, dan lari treadmill, jadi kita bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dalam waktu yang lebih singkat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research.

 

HIIT juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi tubuh, seperti memperkuat jantung, membantu menurunkan tekanan darah, dan bahkan meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori setelah berolahraga.

 

Nah, untuk kamu yang mau mencoba HIIT workout, berikut 5 gerakan dasar yang biasa dilakukan dalam latihan:

 

1. Walkout

 

Walk Out - HIIT Exercises - Group HIIT

 

Caranya: Mulai berdiri di belakang matras dengan kaki di bawah pinggul dan lengan di samping. Bungkukkan badan dan letakkan telapak tangan di lantai lalu keluarkan tangan ke posisi high plank, sehingga bahu berada tepat di atas pergelangan tangan. Berhenti sejenak, lalu balikkan gerakan untuk kembali ke awal. Ulangi hingga 10 kali.

 

2. Butt Kicks

 

Running Form Drill: Butt Kicks – PodiumRunner

 

Caranya: Mulailah berdiri dengan kaki di bawah pinggul dan tangan di samping. Tekuk kaki kiri dan angkat tumit sejajar dengan bokong, lalu cepat kembalikan ke awal dan ulangi di sisi kanan. Ulangi hingga 10 kali.

 

3. Mountain Climbers

 

mountain-climber-exercise – PUNCH FACTORY

 

Caranya: Mulai dengan posisi high plank. Jaga pinggul tetap rata saat mendorong lutut kanan ke arah dada, kembali ke posisi plank dan ulangi dengan cepat dengan lutut kiri. Ulangi hingga 20 lalu segera pindah ke gerakan berikutnya.

 

4. Jumping Jacks

 

Mijond Sagha » Tubuh Lebih Bugar dengan 7 Gerakan Olahraga Sederhana  Berikut Ini

 

Caranya: Untuk memulai, berdirilah di tengah matras dengan kaki rapat dan lengan di samping. Kemudian, secara bersamaan angkat lengan ke atas dan ke atas sambil melompati kaki melewati bahu. Tanpa jeda, lakukan gerakan dengan urutan terbalik secara cepat. Ulangi hingga 20 lalu segera pindah ke gerakan berikutnya.

 

5. Jump Squat

 

Home Workout: 15-Minute Session to Blast Through Calories and Body Fat

 

Caranya: Mulai berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, jari kaki ke depan, lengan di samping. Tekuk lutut, tempelkan bokong ke belakang, dan turunkan tubuh ke posisi jongkok, satukan kedua tangan di depan dada. Kemudian lompat secara eksplosif setinggi mungkin dari lantai, ayunkan lengan lurus ke belakang tubuh untuk mendapatkan momentum. Mendarat perlahan di atas telapak kaki dan segera turun ke squat berikutnya. Ulangi hingga 20 lalu segera pindah ke gerakan berikutnya.



Seru kan? Selain rajin berolahraga, jangan lupa juga mengonsumsi YOUVIT gummy multivitamin #1gummysetiaphari dengan rasa mix berry yang enak dan praktis untuk menjaga imunitas tubuhmu agar tidak gampang sakit dan selalu fit.