Cegah Penularan Penyakit dengan Taat Protokol Kesehatan Ini

Penularan penyakit, seperti gangguan saluran pernapasan, termasuk flu, pilek, batuk, dan tentunya virus corona yang saat ini tengah mewabah sangat mudah karena bisa dengan cepat berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Cegah penularan penyakit dengan taat protokol kesehatan berikut ini:

 

Lakukan Hal Ini:

 

1. Istirahat yang cukup

 

Berita istirahat cukup Hari Ini - Kabar Terbaru Terkini | Liputan6.com

 

Ketika sedang merasa tidak enak badan atau sudah mengalami gejala sakit, sebaiknya beristirahat di rumah saja dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

 

2. Wajib pakai masker 

 

Efektif Mencegah Penularan Covid-19, Sebaiknya Pakai Masker dengan Kriteria  Ini - Denpasar Update

 

Selalu gunakan masker yang menutupi hidung dan mulut jika sedang berada di luar rumah. Tujuannya tentu saja agar menekan laju penyebaran virus.

 

3. Konsumsi obat 

 

Hati-hati! Ini Bahayanya Jika Anda Konsumsi Obat Palsu

 

Konsultaskan dengan dokter pengobatan apa yang tepat. Konsumsi obat-obatan dengan dosis yang sesuai dengan kondisi dan anjuran dari dokter.

 

4. Konsumsi gizi seimbang 

 

Agar Gizi Seimbang, 5 Jenis Makanan Utama Ini Perlu Kamu Konsumsi

 

Makan makanan yang bergizi seimbang, terlebih sayuran dan buah-buahan, untuk membantu memperkuat imunitas tubuh

 

5. Pahami etika batuk dan bersin

 

5 Cara Tidur Nyenyak saat Hidung Tersumbat

 

Pahami dan jalani etika batuk dan bersin dengan benar, yaitu tutup mulut dengan tisu atau lengan.

 

6. Prinsip PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)

 

GitHub - Promkes/PHBS-2016: Kegiatan Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan  Sehat

 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga seseorang dapat menolong dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

Beberapa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di antaranya adalah Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, menggunakan air bersih untuk keperluan minum, mandi, mencuci, memerhatikan sanitasi, memberantas sarang nyamuk, melakukan aktivitas fisik setiap hari, sekaligus tidak merokok.

 

Hindari Hal Ini:

 

1. Melakukan aktivitas yang berlebihan di luar rumah

 

Penyakit Menular yang Umum di Indonesia - Alodokter

 

Cegah penularan penyakit dan penyebaran virus jika kamu sedang sakit dengan berada di rumah saja.

 

2. Kurang istirahat

 

Kurang Istirahat Archives | Sabigaju

 

Saat sakit atau badan mulai terasa tidak nyaman seringkali yang paling dibutuhkan adalah tidur yang berkualitas.

 

Lalu apa hubungan antara penyembuhan penyakit dan tidur? Tidur yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, menurut jurnal Trends in Neuroscience, tubuh kita memiliki ingatan tersendiri terhadap beberapa jenis penyakit yang pernah menyerangnya. Ketika tidur, khususnya saat tidur yang berkualitas baik, otak dan tubuh akan bekerja lebih baik untuk mengingat patogen atau kuman yang menyerang tubuh. Begitu otak dan tubuh ‘mengenali’ jenis kuman, patogen tubuh akan membangkitkan daya tahan yang cocok untuk kuman tersebut dan melawannya.  

 

Dari sejumlah penelitian yang membahas mengenai kesehatan tidur, para peneliti menemukan bahwa saat kita tidur dengan kualitas yang baik, otak akan mengkode ulang memori dari pengalaman-pengalaman yang kita jalani.

 

3. Kontak dengan orang sakit

 

Sosial Distancing (Mengurangi Kontak Antar Warga) - PojokBekasi.com

 

Sebaiknya mengurangi atau bahkan menghindari sama sekali kontak dengan orang sakit, seperti batuk, demam, dan bersin. Metode ini sangat direkomendasikan, terutama untuk mencegah penularan virus corona yang penularannya terjadi melalui percikan cairan pasien yang batuk dan bersin.

 

 

Agar selalu sehat dan kebutuhan vitamin harian kamu tercukupi, jangan lupa rutin konsumsi YOUVIT Gummy Multivitamin. Kandungan vitaminnya lengkap banget! Ada 10 vitamin dan 2 mineral dengan rasa mix berry yang enak.

 

Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari biar kamu selalu sehat! 

Comments (0)

Leave a comment