Nutrisi Lengkap Agar Tumbuh Kembang Anak Optimal

Tahukah Moms, dua tahun pertama setelah si Kecil lahir adalah waktu yang sangat penting untuk optimalkan tumbuh kembang anak? Di periode ini, Moms perlu memberikan nutrisi penting yang akan menentukan pertumbuhan fisik, kemampuan motorik kasar dan motorik halus, bahasa, serta sosialisasi si Kecil yang akan berpengaruh di masa depan. 


Pasalnya, 80 persen fungsi otak dan sistem saraf dibentuk dan berkembang pesat di periode ini lho. Oleh karena itu, periode ini juga berperan penting sebagai tonggak atau pondasi untuk optimalkan tumbuh kembang anak. 


Lalu, apa saja nutrisi lengkap dan penting yang buah hati Moms butuhkan di masa emas pertumbuhannya? 


Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Nutrisi Lengkap Ini

Untuk mendukung tumbuh kembang anak lebih optimal, ada nutrisi penting dari zat gizi makro dan zat gizi mikro yang harus dipenuhi oleh Moms untuk si Kecil secara tepat. Zat gizi makro merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak, seperti protein, karbohidrat, dan lemak. 


Sementara, kebutuhan zat mikro relatif lebih sedikit dibandingkan zat makro, namun perannya tetap penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, seperti berbagai vitamin dan mineral. 


Berikut ini nutrisi lengkap yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak menurut Nutritionist Lead Youvit Rachel Olsen, B.Sc., di antaranya: 


1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks mengandung nutrisi yang tak kalah penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Ini karena karbohidrat merupakan sumber energi utama yang membantunya agar dapat beraktivitas dengan aktif setiap harinya. 


Karbohidrat kompleks lebih kaya akan serat dan molekul gula ketimbang karbohidrat sederhana, sehingga lebih lama dicerna tubuh, contohnya nasi merah, gandum, jagung, dan biji-bijian. Sementara, karbohidrat sederhana lebih cepat diserap dan dicerna oleh tubuh, contohnya nasi putih, roti, dan kue. 


Coba karbohidrat kompleks ini:

Ubi, singkong, nasi merah, kentang, roti Gandum, mie gandum utuh, yang kaya akan zinc dan zat besi yang diperlukan semua masa perutumbuhan maupun untuk ibu dan anak. 


2. Protein

Protein merupakan nutrisi pertama yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak. Ini karena fungsi dan manfaat protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.


Protein sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Yang perlu Moms ketahui, protein hewani merupakan protein yang sangat penting untuk memenuhi asupan nutrisi si kecil karena di dalamnya terdapat 9 asam amino esensial atau disebut juga 9AAE yang lengkap dan berperan penting untuk mendukung proses tumbuh kembang anak lebih optimal. Moms bisa mendapatkan protein hewani ini dari susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. 

Sementara, protein nabati bisa Moms dapatkan dari kacang-kacangan dan hasil olahnya, sayuran, serta buah-buahan. Namun, protein dalam sayur dan buah tidak setinggi dalam protein hewani karena dalam sayur dan buah terdapat asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino esensial lainnya tidak terserap dengan baik oleh tubuh dan tumbuh kembang anak kurang optimal. 


Coba protein ini:

Tempe, tahu, kacang ijo, kacang merah, ikan, dan ayam adalah sumber protein yang membentuk semua organ seperti jantung, usus, sendi, tulang, dan gigi. 


3. Vitamin

Vitamin termasuk zat mikro yang dapat membantu tumbuh kembang anak dengan baik. Ada beberapa macam vitamin yang dibutuhkan si kecil, di antaranya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. 

Setiap jenis vitamin memiliki perannya masing-masing dan ada pula yang saling bekerja sama dengan nutrisi lain untuk pembentukan dan perkembangan jaringan tubuh serta membantu menjaga fungsi organ tubuh agar tetap optimal.


Coba buah-buahan ini: 

Jambu, kiwi, pepaya, jeruk, stroberi tinggi vitamin C yang penting untuk menyerap zat besi dan mencegah Anemia – kekurangan darah 


4. Mineral

Nutrisi yang tak kalah penting untuk membantu tumbuh kembang buah hati Moms adalah mineral yang terdiri dari kalsium, magnesium, zat besi, zinc, selenium, dan fosfor. 

Sama seperti nutrisi lain, mineral juga memiliki peran masing-masing serta ada yang saling bekerja sama untuk mengoptimalkan kesehatan berbagai organ tubuh. Meskipun mineral termasuk zat mikro, namun kehadirannya tetap dibutuhkan oleh tubuh si kecil dalam masa pertumbuhannya. 

Coba sayuran ini: 

Bayam, brokoli, bokchoy, sawi, wortel, timun adalah sumber asam folat yang diperlukan untuk pertumbuhan sel yang optimal agar janin dan anak bisa bertumbuh dengan baik. 



Tingkatkan daya tahan tubuh si Kecil dengan rutin mengonsumsi Youvit Multivitamin untuk Anak. Formula baru Youvit Multivitamin untuk Anak usia 3 – 12 tahun dengan segala kebaikan alam, mengandung 10 vitamin lengkap yaitu vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E, dan 3 mineral Selenium, Iodium, dan Zink untuk meningkatkan imunitas, serta 12 sayur dan buah alami (apel, pir, kiwi, nanas, markisa, lemon, timun, kembang kol, bayam, seledri, jeruk, strawberry), juga kaya ekstrak Curcuma yang dapat mendukung nafsu makan yang baik. 


Sama halnya dengan Youvit Multivitamin Dewasa, format gummy pada Youvit Multivitamin Anak membuat vitamin yang ada di dalamnya jauh lebih efektif diserap secara alami oleh tubuh karena melalui tahap pencernaan pertama yaitu mengunyah. Cukup 1 gummy setiap hari, sudah memberikan nutrisi seimbang dengan dosis tepat sehingga aman dikonsumsi.


Keunggulan lainnya adalah Youvit Multivitamin Anak hadir dengan tiga rasa berbeda yang enak, yaitu jeruk, nanas, dan strawberry dalam bentuk monster gummy lucu yang aman dikonsumsi setiap hari. Dengan Youvit menjadi bagian dari rutinitas harian anak, akan ada lebih banyak anak sehat yang dapat  bertumbuh kembang sesuai usianya, juga aktif dan terasah kreativitasnya. Moms tentu merasa bahagia melihat anaknya sehat, aktif dan bertumbuh kembang secara optimal.

Comments (0)

Leave a comment