Ketahui 4 Fakta Diet Keto Sebelum Mencobanya

Diet ketogenik atau diet keto sedang populer di kalangan urban belakangan ini. Diet super-rendah karbohidrat ini juga sering disebut sebagai diet yang cukup ekstrem karena menjanjikan penurunan berat tubuh dalam waktu singkat dan memberikan energi ekstra.

Sebelum melakukannya, cari tahu dulu fakta diet keto berikut ini menurut Nutritionist Lead Youvit Rachel Olsen, B.Sc., yuk!

Fakta Diet Keto dan Efeknya untuk Tubuh

  1.     Pola Makan Rendah Karbohidrat dan Tinggi Lemak

Diet keto adalah diet yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Diet ini menganjurkan asupan lemak mencapai 60-70%, sementara konsumsi lemak normal hanya sekitar 20-30%. 

  1.     Asal Usul Diet Keto

Diet keto pertama kali diperkenalkan oleh dr. Gianfranco Cappello, seorang profesor dari Universitas Sapienza di Italia. Diet ini membatasi konsumsi karbohidrat secara ketat, dengan tujuan membuat tubuh jatuh dalam keadaan ketosis. Dalam keadaan normal, ketosis terjadi saat seseorang tidak mengonsumsi karbohidrat atau mengonsumsi sedikit sekali karbohidrat. Kekurangan karbohidrat membuat kadar glukosa turun dalam tubuh, sehingga tubuh mulai memecah lemak untuk dijadikan sebagai sumber energi.

  1.     Menurunkan Berat Badan Cepat dengan Efek Samping Minimal

Menurut penelitian Bueno N.B. dkk. yang dikutip dari jurnal PubMed, dapat digunakan untuk terapi penurunan berat badan yang sangat efektif. Meski begitu, mekanisme-mekanisme yang mendasarinya masih menjadi perdebatan. Menurut Atkins penurunan berat badan dapat disebabkan oleh kehilangan energi melalui pembuangan badan keton (senyawa yang diproduksi ketika asam lemak dipecah untuk dijadikan energi). Menurut pendapat ahli lainnya yang terbaru, pada diet ketogenik tubuh bekerja lebih keras untuk menghasilkan energi dari protein yang dikonsumsi sehingga membantu menurunkan berat badan lebih banyak daripada diet-diet lainnya. 

  1.     Harus Dilakukan dengan Kontrol Ketat dari Tenaga Medis

Menurut ahli nutrisi yang kurang setuju dengan metode diet ketogenik, seseorang yang menjalani diet ini harus dikontrol ketat oleh tenaga medis dan hanya boleh melakukannya dalam waktu yang singkat. Pasalnya, diet ini sebenarnya hanya diperuntukan bagi penderita obesitas dan dapat merusak otot, termasuk otot jantung.

Masih ingin melakukan diet keto? Meski menjanjikan penurunan berat tubuh yang drastis, jangan lupa untuk selalu mempertahankan gaya hidup sehat yang seimbang, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, rutin berolahraga, dan mengimbanginya dengan konsumsi multivitamin.

#AlamiHebatnya Youvit dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

Selain itu Youvit hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. Youvit pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.


Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu selalu sehat!

Comments (0)

Leave a comment