Lakukan Cara Alami Menambah Nafsu Makan Anak Ini

Nafsu makan buah hati mendadak menurun, Moms? Pastinya hal ini membuat bingung dan khawatir, ya… Nafsu makan yang menurun pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain keadaan stres, tegang, rasa dan tampilan makanan yang tidak menarik, atau efek samping obat saat anak sedang mengalami kondisi medis tertentu. Nah, Moms bisa mengatasinya dengan melakukan berbagai cara alami menambah nafsu makan anak berikut ini.


Menurut Nutritionist Lead YOUVIT Rachel Olsen, B.Sc., selagi melakukan berbagai cara alami menambah nafsu makan anak, Moms juga perlu memperkirakan asupan kalori anak agar tidak kurang dari kebutuhannya. Hal ini dikarenakan kebutuhan kalori masing-masing anak per hari berbeda sesuai usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisiknya. Rata-rata, anak usia 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kalori per hari, usia 4-8 tahun membutuhkan 1.200-1.800 kalori per hari, dan anak 9-13 tahun membutuhkan 1.600-2.200 kalori per hari.


Cara Alami Menambah Nafsu Makan Anak

 

 

1. Sarapan = wajib!


Konsumsi sarapan yang baik dan sehat merupakan cara alami menambah nafsu makan anak lho, Moms. Sarapan yang seimbang meningkatkan metabolisme setelah tidak makan selama berjam-jam di malam hari dan membantu tubuhnya mampu beraktivitas sepanjang hari.

2. Berikan kacang tanah


Kacang tanah seringkali disebut “rajanya kacang” karena sifatnya yang sangat cocok masuk ke dalam salah satu cara alami menambah nafsu makan anak dan berperan sebagai asupan protein. Masukkan ke dalam makanan anak dalam bentuk sandwich selai kacang atau sebagai saus kacang pada sayuran dan nasi.


3. Jangan jadikan susu sebagai makanan


Banyak anak yang nafsu makannya rendah, ternyata memiliki masalah tersebut karena kebanyakan minum susu! Ketika anak-anak mengonsumsi susu sebagai makanan pembuka, atau makanan ringan, hal tersebut dapat menurunkan nafsu makan mereka untuk makan berikutnya.


Moms juga dapat menghindari anak minum terlalu banyak selama waktu makan sebagai cara alami menambah nafsu makan anak dan mencegahnya cepat kenyang. Berikan air putih, jus, teh, atau minuman lain pada anak setelah selesai makan.


4. Kreasikan makanan dengan bumbu yang menggugah selera


Menambahkan oregano, kayu manis, ketumbar, dan adas (daun dan biji), yang semuanya merupakan rempah-rempah merupakan cara alami menambah nafsu makan anak. Tambahkan salah satu dari bumbu rempah-rempah ini pada makanan anak ya, Moms.


Moms juga bisa menarik perhatian anak dan menggungah selera makannya lewat aroma makanan yang menyenangkan dari rempah-rempah tersebut. Coba deh langsung sajikan makanan hangat yang baru saja selesai dimasak, atau menghangatkan makanan sebelum disajikan.


5. Lebih banyak bermain/berolahraga


Sudah menjadi rahasia umum bahwa berolahraga atau berolahraga merupakan salah satu cara alami menambah nafsu makan anak. Jika nafsu makan anak Moms mulai menurun, tambah waktu bermainnya. Anak akan lebih cepat merasa lapar kembali!


6. Tingkatkan asupan Zinc

Memberikan makanan yang mengandung Zinc merupakan cara alami menambah nafsu makan anak. Coba Moms berikan kacang mete dan biji labu yang dikenal baik dalam meningkatkan kadar Zinc dalam tubuh. Cobalah memasukkan ini ke dalam makanan atau camilan anak, Moms!

Moms juga bisa menambahkan suplemen YOUVIT gummy multivitamin anak yang mengandung Zinc.

 


Tingkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh si Kecil dengan rutin mengonsumsi YOUVIT Multivitamin untuk Anak. Formula baru YOUVIT Multivitamin untuk Anak usia 3 – 12 tahun dengan segala kebaikan alam, mengandung 10 vitamin lengkap yaitu vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E, dan 3 mineral Selenium, Iodium, dan Zink untuk meningkatkan imunitas, serta 12 sayur dan buah alami (apel, pir, kiwi, nanas, markisa, lemon, timun, kembang kol, bayam, seledri, jeruk, strawberry), juga kaya ekstrak Curcuma yang dapat mendukung nafsu makan yang baik. 


Sama halnya dengan YOUVIT Multivitamin Dewasa, format gummy pada YOUVIT Multivitamin Anak membuat vitamin yang ada di dalamnya jauh lebih efektif diserap secara alami oleh tubuh karena melalui tahap pencernaan pertama yaitu mengunyah. Cukup 1 gummy setiap hari, sudah memberikan nutrisi seimbang dengan dosis tepat sehingga aman dikonsumsi.


Keunggulan lainnya adalah YOUVIT Multivitamin Anak hadir dengan tiga rasa berbeda yang enak, yaitu jeruk, nanas, dan strawberry dalam bentuk monster gummy lucu yang aman dikonsumsi setiap hari. Dengan YOUVIT menjadi bagian dari rutinitas harian anak, akan ada lebih banyak anak sehat yang dapat  bertumbuh kembang sesuai usianya, juga aktif dan terasah kreativitasnya. Moms tentu merasa bahagia melihat anaknya sehat, aktif dan bertumbuh kembang secara optimal. 

Comments (0)

Leave a comment