Bye Mager, Rasakan 5 Manfaat Olahraga Saat Puasa Ini

Menjalani bulan Ramadan membuat sebagian besar orang mengubah kebiasaannya dan memilih untuk mengurangi aktivitas fisik. Tak jarang pula yang memilih untuk menghindari berolahraga dengan alasan takut lemas karena berpuasa seharian dan menghindari tubuhnya dehidrasi atau kekurangan cairan. Padahal manfaat olahraga saat puasa sangat baik untuk tubuh, lho! 

 

Olahraga rutin yang baik bagi tubuhmu selama berpuasa ini pun tak perlu dilakukan dengan intensitas yang berat. Kamu bisa tetap stay active dan menghindari mager (malas gerak) dengan mencoba olahraga ringan yang tidak menguras tenaga secara berlebihan dibarengi dengan konsumsi makanan bergizi, suplemen seperti multivitamin gummy YOUVIT, dan melakukan meditasi.

 

Lalu, kira-kira apa saja manfaat olahraga saat puasa? Yuk, cari tahu dan rasakan 5 manfaatnya berikut ini! 


Manfaat Olahraga Saat Puasa

Rutin melakukan olahraga saat puasa dapat mengusir rasa lemas dan kantuk hingga membantu kelancaran proses metabolisme tubuh.

 

Berikut ini beberapa manfaat olahraga saat puasa: 


1. Mengusir rasa lemas dan kantuk

Banyak yang menghindari olahraga saat puasa karena takut merasa semakin lemas. Memang, tidak mendapatkan asupan nutrisi serta vitamin dalam waktu yang cukup panjang dapat memengaruhi tubuh sehingga merasa lemas dan mengantuk sepanjang hari. Namun dengan melakukan aktivitas olahraga saat puasa membantu agar tubuh tidak lagi merasa lemas dan mengusir rasa kantuk. Hal ini disebabkan karena aktivitas fisik membantu mengubah lemak tubuh menjadi glukosa yang mengusir rasa lelah dan kantuk.


2. Menaikkan mood

Manfaat olahraga saat puasa juga bisa mengusir rasa letih, lesu, dan malas saat puasa. Tak hanya itu saja, olahraga saat puasa pun bisa membuat kamu jadi lebih bersemangat. Ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang memicu perasaan bahagia. 

Bahkan menurut ahli dari University of Vermont, tubuh kita tidak membutuhkan waktu lama untuk memproduksi hormon endorfin pemicu rasa bahagia tersebut. Cukup olahraga saat puasa dalam waktu 20 menit saja sudah bisa meningkatkan mood hingga 12 jam.

 

3. Memelihara fungsi organ tubuh

Rutin olahraga saat puasa dapat membantu pemeliharaan fungsi organ tubuh agar metabolismenya berjalan dengan normal. Selain itu, melakukan olahraga saat puasa dapat membantu kita menghindari risiko gula darah yang tinggi karena terlalu banyak mengonsumsi asupan glukosa atau gula. Hal ini disebabkan karena dengan berolahraga saat puasa dapat meningkatkan insulin yang mencegah penyakit diabetes.

Aktivitas olahraga saat puasa juga terbukti dapat membakar cadangan lemak, protein, dan glikogen untuk diubah menjadi energi. 


4. Membantu proses detoksifikasi

Proses pengeluaran racun dari dalam tubuh atau detoksifikasi hanya dapat terjadi ketika sistem pencernaan bekerja. Ketika seseorang berpuasa, sistem pencernaan pun akan ikut beristirahat. Nah, di sinilah peran penting olahraga saat puasa.

Aktivitas fisik seperti olahraga ringan akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening. Olahraga saat puasa tepat sebelum berbuka dapat membantu proses detoksifikasi tubuh agar tetap berjalan lancar.

 

5. Menurunkan berat badan

Terkadang ketika berbuka puasa, kita tidak dapat mengontrol makanan yang dikonsumsi karena dikuasai oleh perasaan lapar dan haus. Dengan melakukan olahraga, makanan yang dikonsumsi menjadi lebih mudah dijadikan energi melalui pembakaran bahkan bisa menurunkan berat badan secara perlahan.

 

Begitu banyak manfaat olahraga saat puasa. Yuk, jadikan olahraga saat puasa ini rutinitas baik untuk menjalani hari-harimu di bulan Ramadan! Transformasi hidupmu bersama STRONGBEE, yang bisa menjadi salah satu opsi untuk mempermudah kamu dan keluarga dalam memilih berbagai macam kelas olahraga.

Comments (0)

Leave a comment