Hal Unik yang Terjadi Saat Imunitas Turun

Sejak pandemi, kita jadi akrab dengan istilah sistem imun atau imunitas tubuh. Yup, sistem imun yang dimiliki oleh tubuh manusia merupakan sistem pertahanan yang menjaga agar tubuh tidak terserang infeksi virus dan bakteri. Dalam kondisi prima, imun tubuh mampu melawan berbagai infeksi patogen seperti virus, bakteri, dan parasit. Namun bagaimana jika imunitas turun? 


Akibat kelelahan atau stres, imunitas tubuh kita juga bisa melemah, lho! Simak beberapa hal unik yang terjadi saat imunitas turun. 


Hal-hal yang Terjadi saat Imunitas Turun 

Sistem imunitas tubuh manusia terbagi menjadi tiga jenis: imunitas alami (innate), buatan (adaptive), dan imunitas pasif. Sistem imun di dalam tubuh manusia ini bekerja layaknya pasukan militer. Tugasnya adalah melindungi tubuh dari segala jenis ancaman, baik yang berasal dari luar maupun yang ada di dalam. Lalu apa yang terjadi jika imunitas turun?


1. Mudah jatuh sakit

Imun kita akan bekerja saat patogen, bisa berupa bakteri atau virus, masuk ke dalam tubuh. Antigen pada virus atau bakteri merangsang sistem imunitas untuk memproduksi antibodi guna menyerang infeksi tersebut. Nah, jika imunitas turun, tubuh jadi mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh virus, bakteri, atau parasit karena tidak punya cukup perisai alami untuk melindungi tubuh.


2. Tingkat stres tinggi

Saat imunitas turun, sistem kekebalan akan mengirimkan sinyal bahaya kepada tubuh kita, sehingga tiba-tiba kita merasa tidak enak badan dan mengalami stres. Sama seperti kita, sistem kekebalan juga bisa menjadi depresi dan kondisi ini membuat kita lebih rentan terhadap pilek, flu, dan infeksi.


3. Masalah kulit dan pemulihan luka lambat

Penelitian terbaru menemukan bahwa sistem kekebalan tubuh mempengaruhi jenis mikroorganisme yang hidup di kulit dan mempengaruhi risiko penyakit. Saat imunitas turun, tak heran jika timbul masalah pada kulit seperti eksim, reaksi alergi, pemulihan luka yang lambat, infeksi bakteri, jamur atau virus.

 

4. Masalah pencernaan

Meski mengonsumsi nutrisi seimbang, ada kalanya kita mengalami masalah pencernaan seperti diare, kembung, kram atau konstipasi. Bisa jadi ini pertanda imunitas turun. Hal ini dikarenakan sebanyak 70 persen jaringan sistem imun tubuh berada di usus. Jadi ketika imunitas turun, bisa jadi pencernaan kita pun terganggu.



Perkuat Imunitas dengan Konsumsi Multivitamin

Konsumsi multivitamin secara rutin penting untuk meningkatkan imunitas dan energi karena banyak orang tidak mengonsumsi makanan yang benar-benar bergizi cukup setiap harinya. Tubuh butuh asupan vitamin yang lengkap setiap harinya, oleh karena itu mengonsumsi multivitamin akan membantu menyeimbangkan kebutuhan nutrisi harian tubuh yang tidak kita peroleh melalui makanan sehari-hari. 

 


#AlamiHebatnya YOUVIT dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

Selain itu YOUVIT hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. YOUVIT pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.


Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu hidup sehat setelah Lebaran!



Comments (0)

Leave a comment