Justin Bieber Alami Sindrom Ramsay Hunt, Apa Itu?

Jagat dunia maya sedang diguncang oleh pernyataan dari Justin Bieber yang mengaku menderita sindrom Ramsay Hunt, yang membuatnya tak bisa menggerakkan separuh wajahnya atau mengalami kelumpuhan pada sebagian wajah.  


Penyanyi asal Amerika Serikat tersebut terpaksa menunda konsernya karena terserang virus yang melumpuhkan saraf di telinga dan wajahnya tersebut. 


Apa sebenarnya sindrom Ramsay Hunt dan apa yang membedakannya dari sindrom Bell’s Palsy yang juga mengakibatkan kelumpuhan pada wajah? 


Kenali Sindrom Ramsay Hunt

Melansir dari Mayo Clinic, sindrom Ramsay Hunt (herpes zoster oticus) terjadi saat wabah herpes zoster mempengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga. Selain ruam herpes zoster yang menyakitkan pada kulit, sindrom Ramsay Hunt ternyata juga dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran pada telinga. 


Penyebab sindrom Ramsay Hunt yang dialami Justin Bieber ini merupakan virus yang sama dengan penyebab cacar air. Setelah cacar air sembuh, nyatanya virus yang masih hidup di saraf, bertahun-tahun kemudian dapat aktif kembali. Nah, ketika hal tersebut terjadi, syaraf wajah dapat terserang. 


Lalu apa saja gejala yang dialami oleh orang-orang yang mengalami sindrom Ramsay Hunt seperti Justin Bieber?


Gejala utama dan dua tanda dari sindrom Ramsay Hunt meliputi: 

1. Ruam merah yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan di dalam dan sekitar satu telinga 

2. Kelemahan atau kelumpuhan wajah di sisi yang sama dengan telinga yang terkena 


Biasanya, ruam dan kelumpuhan wajah terjadi secara bersamaan. Gejala lainnya yang dialami oleh sindrom Ramsay Hunt termasuk sakit telinga, gangguan pendengaran, telinga berdenging (tinnitus), kesulitan menutup satu mata, vertigo, serta mulut dan mata kering. 



Pengobatan Sindrom Ramsay Hunt

Pengobatan sindrom Ramsay Hunt sesegera mungkin harus dilakukan untuk mengurangi risiko komplikasi, seperti kelemahan otot wajah permanen dan tuli. Jadi jika kamu mengalami gejala-gejala sindrom Ramsay Hunt yang disebutkan di atas, segera hubungi dokter. Perawatan yang dimulai dalam waktu tiga hari sejak awal tanda dan gejala dapat membantu mencegah komplikasi jangka panjang.


Penting untuk selalu perkuat imunitas dengan #AlamiHebatnya YOUVIT dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

Selain itu YOUVIT hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. YOUVIT pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.


Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu selalu sehat!

Comments (0)

Leave a comment