Sumber Vitamin A untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh bisa ditingkatkan dengan banyak cara, termasuk di antaranya dengan menerapkan gaya hidup sehat, rutin konsumsi makanan sehat, dan multivitamin. Selama ini kita sudah sering mendengar beberapa vitamin populer untuk meningkatkan imunitas, seperti vitamin C, vitamin D, dan Zinc. Tapi tahukah kamu kalau ada banyak sumber vitamin A yang juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita?


Sumber Vitamin A untuk Imunitas  

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh dirancang untuk melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri penyebab penyakit. Selain menerapkan gaya hidup sehat, kita juga bisa memenuhi asupan vitamin, salah satunya vitamin A untuk membantu sistem kekebalan tubuh yang tidak bekerja dengan maksimal. 


Baca juga: Ingin Imunitas Oke, Simpan 4 Makanan Sehat ini di Kulkas Kamu!


Lalu apa saja sumber vitamin A yang bisa dikonsumsi untuk perkuat imunitas tubuh di masa pandemi? 



Ragam Sumber Vitamin A 

Vitamin A identik dengan vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Namun, ternyata vitamin A juga penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, lho! 


Baca juga: Cara Simpan Bahan Makanan untuk Perkuat Imunitas


Hal ini disebabkan karena vitamin A berperan dalam regulasi sistem imunitas tubuh dan pembentukan sel darah putih, yaitu sel yang berfungsi untuk melawan infeksi virus dan bakteri di tubuh. 


Sebuah riset dalam jurnal Clinical Medicine tahun 2018 bahkan menyebutkan, vitamin A memiliki reputasi sebagai vitamin anti-peradangan karena terlibat dalam peningkatan kinerja fungsi imun. Vitamin antioksidan ini berperan dalam pembentukan hingga pematangan jaringan epitelium. Dinding epitelium dapat dikatakan sebagai lini depan perlawanan tubuh terhadap serangan agen penyakit.


Sumber vitamin A dalam makanan sehat terbagi atas dua jenis, yakni vitamin A aktif dan provitamin A. 


Baca juga: Hal Unik yang Terjadi Saat Imunitas Turun


Sumber Vitamin A Aktif

Berikut ini kandungan sumber vitamin A untuk setiap 100 gram beberapa makanan hewani:


Minyak hati ikan cod: 30.000 mikrogram. Jika dikonsumsi satu sendok makan, minyak hati ikan cod memberikan vitamin A sekitar 1.350 mikrogram.

Hati sapi: 9.363 mikrogram

Keju kambing: 394 mikrogram

Salmon: 149 mikrogram

Telur rebus: 149 mikrogram

Susu kambing: 57 mikrogram

Susu sapi: 56 mikrogram

Makarel: 40 mikrogram

Sarden masak: 32 mikrogram

Dada ayam tanpa kulit: 5 mikrogram



Sumber Vitamin A dalam Beta-Karoten

Sementara itu, provitamin A merupakan vitamin A tidak aktif yang dapat berubah menjadi vitamin A aktif saat masuk ke dalam tubuh. Provitamin A dapat berupa beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Beta-karoten merupakan jenis provitamin A yang paling populer. 


Berikut ini kandungan beta-karoten untuk setiap 100 gram makanan yang menjadi sumber vitamin A:


Ubi jalar: 8.509 mikrogram

Wortel: 8.285 mikrogram

Bayam: 5.626 mikrogram

Selada merah: 4.495 mikrogram

Selada hijau: 4.443 mikrogram

Kale: 2.873 mikrogram

Melon cantaloupe: 2.020 mikrogram

Paprika merah: 1.624 mikrogram

Kubis merah: 670 mikrogram

Mangga: 640 mikrogram


Sumber: Kemenkes RI



Berdasarkan Mayo Clinic, rekomendasi sumber vitamin A harian yaitu 900 mikrogram bagi laki-laki dewasa dan 700 mikrogram bagi wanita dewasa.


Penuhi kebutuhan vitamin A serta vitamin dan mineral lainnya untuk perkuat imunitas dengan mengonsumsi multivitamin. #AlamiHebatnya YOUVIT dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

 

Selain itu YOUVIT hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. YOUVIT pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.


Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu selalu sehat!



Comments (0)

Leave a comment