Sahur Sehat? Konsumsi Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh Ini

Hidangan sahur memiliki peranan penting di saat menjalankan ibadah puasa. Itu sebabnya, sebaiknya saat sahur konsumsi makanan penambah daya tahan tubuh yang sehat dan bergizi agar asupan yang dibutuhkan tubuh tetap terjaga meski berpuasa sepanjang hari.


Apalagi pandemi COVID-19 belum sepenuhnya menghilang, penting sekali untuk kita memperhatikan imun tubuh agar tidak menurun. Secara sederhana, sistem daya tahan tubuh bekerja untuk melawan penyakit. Sistem ini akan bekerja melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Oleh karenanya, sistem daya tahan tubuh harus tetap dijaga agar tubuh terhindari dari kemungkinan tertular atau terjangkit penyakit. 


Menurut Nutritionist Lead YOUVIT Rachel Olsen, B.Sc., untuk menjaga daya tahan tubuh di saat puasa bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti olahraga dan juga menjaga asupan makanan. Apa saja makanan penambah daya tahan tubuh yang bisa dikonsumsi di saat sahur?


Berikut beberapa jenis makanan penambah daya tahan tubuh yang bisa kamu kombinasikan dengan menu makanan sahur lainnya untuk menjaga asupan gizi bagi tubuh selama puasa. 



5 Jenis Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh untuk Sahur

  1. Tempe


    Tempe merupakan makanan penambah daya tahan tubuh yang bisa kamu konsumsi saat sahur. Tempe memiliki segudang khasiat untuk kesehatan, salah satunya dengan memperkuat sistem imun tubuh sehingga memperkecil peluang risiko terpapar COVID-19.

    Tempe mengandung probiotik dan protein yang dapat membantu membangun sistem daya tahan tubuh. Tempe juga telah terbukti secara ilmiah kaya akan serat, antioksidan, dan lemak sehat. Tak heran, tempe diklaim merupakan salah satu makanan penambah daya tahan tubuh yang bisa membantu agar puasa lancar sekaligus mengurangi risiko terpapar COVID-19.

  1. Jambu Biji



    Buah jambu biji mengandung vitamin C empat kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Nah, salah satu manfaat dari vitamin C adalah membantu meningkatkan imunitas sehingga menjaga tubuh tetap sehat meskipun berpuasa seharian. Tak hanya memiliki kandungan vitamin C paling tinggi, jambu biji juga membantu menyerap zat besi untuk menghasilkan energi dan penyembuhan.

  1. Sayuran hijau




    Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, diyakini baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan sayuran hijau memiliki kandungan vitamin C, beta karoten, dan antioksidan yang berkhasiat untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan kuman penyebab infeksi.

  1. Pisang




    Bagi kamu yang banyak beraktivitas, pisang merupakan makanan penambah daya tahan tubuh yang tepat. Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk membantu meningkatkan bakteria baik dalam pencernaan sehingga meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Mengonsumsi pisang saat sahur juga bisa membantu tubuh terasa segar dan tidak cepat lemas di saat berpuasa seharian.

  1. Kacang almond


    Selain vitamin C, vitamin E juga turut berperan dalam menjaga sistem imun. Salah satu sumber vitamin E yang baik bagi tubuh adalah kacang almond. Sebaiknya kamu mengonsumsi setidaknya 30 gram atau sekitar 30 butir kacang almond saat sahur sebagai makanan penambah daya tahan tubuh.


Selain mengonsumsi beberapa makanan penambah daya tahan tubuh tadi saat sahur, jangan lupa juga untuk minum cukup air putih untuk mencegah dehidrasi dan membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh serta suplemen multivitamin sebagai penyeimbang asupan gizimu setiap hari agar puasa lebih lancar.

#AlamiHebatnya YOUVIT dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

Selain itu YOUVIT hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. YOUVIT pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.


Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu selalu sehat!

Comments (0)

Leave a comment