Begini Cara Simpan Sayuran agar Tetap Segar

Sayuran memiliki kadar air mencapai 90 persen. Tak heran, selain menyehatkan bagi tubuh kita, kadar air yang sangat tinggi tersebut bisa membuat sayur mudah busuk jika disimpan terlalu lama. Itu sebabnya kita perlu tahu bagaimana cara simpan sayuran yang benar agar sayuran tidak cepat membusuk.


Proses pembusukan sayur nyatanya dimulai setelah sayur tersebut dipetik. Hal ini disebabkan karena secara otomatis aliran air yang menjadi sumber utama asupan dari sayur tersebut terputus saat panen. Namun kamu tak perlu khawatir! Ada caranya kok agar sayuran tetap segar dan bisa dikonsumsi dalam kondisi baik tanpa mengurangi kadar nutrisinya. Berikut beberapa cara simpan sayuran agar tetap segar yang direkomendasi oleh Nutritionist Lead YOUVIT Rachel Olsen, B.Sc.


Jaga Kesegaran, Ini Cara Simpan Sayuran yang Benar


1. Cuci dan keringkan sayur sebelum disimpan

Setelah berbelanja sayuran, sebaiknya langsung cuci bersih setiap bagiannya menggunakan air mengalir dan jika perlu sabun anti-bakteri. Hal ini perlu dilakukan agar bakteri yang menempel pada sayuran mati. Tak hanya bahaya bagi pencernaan, bakteri juga merupakan salah satu faktor penyebab pembusukan cepat terjadi, lho! Setelah dicuci bersih, segera keringkan sayur menggunakan lap, lalu masukkan ke kulkas.


2. Jaga kadar kelembapan

Kandungan air yang besar pada sayuran membuatnya harus dijaga agar tahan lama dan tidak membusuk. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kadar kelembapan sayuran dengan menyimpannya ke dalam plastik yang telah dilubangi, sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.


3. Sortir terlebih dahulu sebelum disimpan

Sebelum disimpan di kulkas, lebih baik sortir dahulu sayuran yang telah kamu beli. Caranya bisa dengan membuang bagian yang membusuk, menguning, atau kecokelatan agar tidak menjalar ke area lain. Selain itu potong juga bagian akar sayuran sebelum disimpan.


4. Cek suhu kulkas

Cek suhu kulkas agar bisa menyimpan sayuran lebih tahan lama. Suhu yang tepat untuk menyimpan sayuran adalah 1-4 derajat celcius. Bila suhu lebih tinggi, bakteri akan mudah berkembang biak dan membuat sayuran cepat busuk.


5. Simpan sayuran dalam bentuk utuh

Cara simpan sayuran agar tetap segar dan lebih awet sebaiknya dengan menyimpannya dalam bentuk utuh. Jika kamu memotongnya terlebih dahulu, maka sayuran bisa lebih cepat membusuk. Cukup potong bagian akarnya saja sebelum menyimpan di kulkas.


Selain memperhatikan cara simpan sayuran yang benar dan selalu menjaga kebersihan kulkas agar nutrisi pada bahan makanan tidak berkurang, perkuat imunitas dengan #AlamiHebatnya YOUVIT dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

Selain itu YOUVIT hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. YOUVIT pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.


Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu selalu sehat!

Comments (0)

Leave a comment