Tips Atasi Jerawat Punggung yang Membandel

Frustrasi karena mengalami permasalahan jerawat punggung? Jerawat punggung, yang juga dikenal dengan sebutan bacne atau back acne adalah masalah jerawat yang muncul di punggung. Wajah ternyata bukan satu-satunya area tubuh yang dapat terganggu oleh urusan jerawat. Punggung pun memiliki risiko yang sama, karena sama-sama memiliki kelenjar minyak dan folikel rambut.

 

Apa Penyebab Jerawat Punggung?

Serupa dengan wajah, ketika area kulit di bagian punggung ini tidak dijaga kebersihannya dengan baik juga akan mengalami masalah jerawat. Walaupun tidak terlihat secara langsung seperti di wajah, jerawat punggung ini sering membuat penderitanya merasa terganggu.

Pada umumnya semua jenis jerawat bisa muncul di punggung sama seperti bagian tubuh lainnya. Yang paling membedakan adalah kulit di bagian punggung termasuk yang paling tebal di tubuh kita, jauh lebih tebal daripada kulit di wajah. Selain itu kita hampir tidak bisa melihat atau mengggapai area jerawat di punggung sehingga sulit untuk mengaplikasikan produk atau melakukan self-treatment.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya jerawat punggung, diantaranya adalah faktor genetik, hormon, efek pengobatan, dan produksi minyak berlebih yang menyebabkan pori tersumbat. Selain itu, kebiasaan seperti tidak segera mengganti pakaian setelah berolahraga juga menjadi penyebab munculnya jerawat punggung.

Tips Mengatasi Jerawat Punggung

Meskipun mengganggu, jerawat punggung bukan permasalahan yang tak dapat diatasi. Kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.
Dalam kebanyakan kasus, kamu dapat menghilangkan jerawat dengan melakukan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan. Berikut beberapa tips dari Nutritionist Youvit yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat punggung.


Konsumsi makanan gizi seimbang

Diet yang tidak sehat juga dapat memengaruhi tubuh kita terutama jika Anda yang rentan terhadap jerawat, karena ada makanan tertentu bisa menjadi pemicu munculnya jerawat di punggung. Maka demikian, mulailah untuk mengubah pola makan yang seimbang dan sehat dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.
Pernah mendengar ungkapan bahwa “kamu adalah apa yang kamu makan?” Pola makan yang tidak sehat ternyata dapat memengaruhi tubuh kita dalam berbagai cara, lho! Jika kulitmu rentan berjerawat, makanan tertentu bisa menjadi pemicu jerawat punggung.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi indeks glikemik (GI), yang bisa menyebabkan gula darah naik dengan cepat, dapat memperburuk jerawat. Makanan ini terdiri dari roti putih, pasta, nasi, dan kentang. Sebaiknya ubah pola makan yang mengandung gizi seimbang, seperti sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian utuh.
Imbangi dengan konsumsi multivitamin agar asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya dapat terpenuhi dengan seimbang. #AlamiHebatnya YOUVIT dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.
Selain itu YOUVIT hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. YOUVIT pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.
Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu selalu sehat!

Ubah menu ke diet plant-based

Meski diet vegan bukan jaminan dalam mengatasi masalah kulitmu, namun dengan menghilangkan makanan dari hewan, seperti susu, daging, dan telur yang sebagian besar mengandung jenis hormon, pestisida, dan bakteri, kondisi kulit akan mengalami perubahan yang baik.
Daging sapi dan babi dapat meningkatkan kadar insulin yang menyebabkan peradangan dan berkontribusi terhadap munculnya jerawat punggung.
Selain itu, daging adalah makanan pembentuk asam, dapat meningkatkan pH tubuh di atas tingkat ideal. Terlalu banyak asam dalam tubuh juga dapat meningkatkan peradangan kulit.

Kurangi konsumsi gula dan makanan olahan

Hindari makanan yang mengandung gula atau yang memiliki indeks glikemi tinggi yang biasanya akan memicu jerawat tumbuh khususnya di area punggung.
Makanan yang mengandung indeks glikemi tinggi ini di antaranya kentang goreng, camilan manis, hingga nasi putih.

 

Gunakan produk pembersih yang lembut dan melembabkan

Setelah beraktivitas seharian penuh atau sehabis olahraga, selalu biasakan untuk membersihkan tubuh sampai tuntas. Apalagi, area punggung mudah mengeluarkan keringat sehingga perlu dibersihkan dengan sabun.
Gunakan pembersih yang lembut dan melembabkan kulit. Hindari menggosok kulit dengan terlalu keras saat memiliki jerawat punggung karena justru dapat memperburuk kondisi jerawat. Bilas sampai tidak ada lagi sabun atau busa yang tertinggal. Setelah itu, keringkan dengan handuk hingga benar-benar kering dan gunakan baju yang mudah menyerap keringat.

Lakukan eksfoliasi rutin

Gunakan scrub eksfoliasi lembut dengan bahan-bahan seperti asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit. Melakukan eksfoliasi kulit secara rutin ini dapat membantu mengurangi jumlah kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.