Ogah Jerawatan? Ini dia Vitamin untuk Kesehatan Kulit Wajah!

Merawat kulit wajah yang tepat dimulai dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulitmu. Seperti tubuh, kulit wajah pun butuh asupan vitamin agar tetap sehat dan memancarkan cahaya sehat, alias glowing. Penasaran apa saja nutrisi yang tepat untuk kesehatan kulit wajah?

Daftar Vitamin untuk Kesehatan Kulit Wajah

Menurut Nutritionist Lead Youvit Rachel Olsen, B.Sc., pada umumnya nutrisi yang baik bagi kulit wajah bisa diwakilkan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Namun, kita juga tetap harus menjaga pola makan dengan menghindari makan makanan yang membuat jerawat makin parah (insert link artikel: Hindari Makanan Ini Jika Tak Mau Jerawat Makin Parah!).

Jadi makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi agar kulit wajah sehat dan tidak jerawatan? Menurut Rachel, berikut jenis vitamin untuk kesehatan kulit wajah yang dapat ditemukan dalam makanan yang tak hanya membantu mencegah, tetapi juga menyembuhkan jerawat!

 

  • Vitamin A 

Vitamin A dapat melawan efek buruk jerawat pada kulit. Vitamin A banyak ditemukan dalam wortel, sayuran hijau, ubi jalar, jeruk, mangga, dan labu. Vitamin ini merupakan antioksidan dan melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan penuaan dini pada kulit. Vitamin A juga mengurangi peradangan, mendorong pertumbuhan sel kulit baru, dan melindungi dari kerusakan lingkungan. 


  • Vitamin D 

  • Vitamin D sulit ditemukan dalam makanan, hanya sedikit makanan yang mengandung vitamin tersebut dalam jumlah minimal seperti ikan salmon, jamur, dan telur. Padahal vitamin D memiliki banyak peranan bagi kulit, termasuk membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat antimikroba. Mirip dengan vitamin A, vitamin D menghalangi efek negatif bakteri jerawat pada kulit. Vitamin D juga dapat merawat banyak kondisi kulit dan menyeimbangkan hormon. 


  • Vitamin E 

  • Vitamin E mayoritas berperan sebagai anti-inflamasi dan antioksidan. Vitamin ini dapat ditemukan dalam kedelai, almond, zaitun, biji bunga matahari, dan alpukat. Sifat vitamin E yang larut dalam lemak memungkinkan penyerapan cepat ke dalam kulit. Semakin cepat produk terserap, semakin cepat pula jerawat dapat sembuh. Vitamin E membantu kulit mengunci kelembapan dan meningkatkan produksi kolagen.


  • Vitamin C 

  • Vitamin C banyak ditemukan pada buah jeruk dan jambu biji, pepaya, kiwi, dan stroberi. Tak hanya mengandung sifat anti-inflamasi, vitamin C juga membantu mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit wajah yang menyertai jerawat. Vitamin C juga membantu menyerap zat besi yang memberi kulit lebih banyak oksigen dan bercahaya.


  • Aloe Vera 

  • Tahu nggak, salah satu penyebab kamu sering berjerawat? Tubuhmu dehidrasi! Itu sebabnya, kulit memproduksi lebih banyak minyak, yang akhirnya menyebabkan munculnya jerawat. Menurut Rachel, minum jus aloe vera atau lidah buaya banyak sekali manfaatnya untuk membantu mengatasi dehidrasi. Ketika kulit lebih lembab, maka risiko jerawat untuk berkembang pun lebih rendah. Aloe vera atau lidah buaya dapat menghidrasi kulit, tidak hanya dari luar tetapi juga di dalam.


  • Niacinamide 

  • Niacinamide merupakan vitamin B3, juga dikenal sebagai nicotinamide, dan dapat digunakan sebagai pengobatan jerawat yang tersedia tanpa memerlukan resep dokter atau ahli kulit wajah. Niacinamide dapat ditemukan dalam perawatan topikal yang dioleskan langsung ke kulit. Manfaatnya untuk perawatan topikal yang membantu mengecilkan tampilan pori-pori, mengurangi iritasi, dan kemerahan. Niacinamide juga ditemukan dalam makanan dan suplemen. Dalam sumber makanan mereka ditemukan pada ayam, ikan, beras merah, pisang, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Untuk kulit kita, Niacinamide membantu membangun sel di kulit sekaligus melindunginya dari tekanan lingkungan, seperti sinar matahari, polusi, dan racun.


  • Mulberry 

  • Seperti semua buah dalam keluarga berry, mulberry mengandung banyak anti-oksidan. Buah berry yang satu ini sangat bermanfaat untuk mengendalikan penuaan. Kandungan mulberry atau murbei memiliki agen anti-penuaan yang terkenal dan sangat efektif. Khasiatnya tak hanya membantumu menghilangkan bintik hitam pada kulit, tapi juga menghilangkan segala jenis noda pada kulit wajah.


  • Selenium & Zinc

  • Selenium dan Zinc adalah suplemen untuk kulit wajah yang banyak digunakan. Peranannya pun sangat penting dalam memerangi infeksi dan ketidakseimbangan hormon. Saat merawat jerawat, peran utama Selenium dan Zinc adalah sebagai anti-inflamasi. Kita juga bisa makan lebih banyak makanan kaya Selenium dan Zinc seperti kentang, kacang-kacangan, sereal gandum, dan biji-bijian.


    Saat memilih suplemen vitamin untuk kesehatan kulit wajah dan merawat jerawat, pastikan suplemen tersebut mengandung berbagai nutrisi khusus tadi untuk membantu merawat dan menyembuhkan jerawat dari dalam.


    Say NO to Acne dengan rutin konsumsi Youvit AcNO yang diformulasikan khusus untuk melawan jerawat dari dalam dengan kandungan vitamin A (Retinol) dan Vitamin D yang membantu meredakan kemerahan dan inflamasi pada jerawat ringan hingga sedang, serta Aloe Vera dan Vitamin C menenangkan inflamasi yang disebabkan oleh jerawat. Antioksidan dari Vitamin E dan ekstrak mulberry yang ada di dalamnya dapat mengurangi hiperpigmentasi atau bekas yang ditinggalkan jerawat. Selain itu, Youvit AcNO juga mengatasi produksi minyak yang berlebih di wajahmu penyebab pori-pori tersumbat yang bisa tumbuh jadi jerawat. Niacinamide (Vitamin B3) dan Zinc yang ada di dalam AcNO membantu stabilisasi produksi sebum sehingga minyak di wajah dapat dihindari.


    Konsumsi 1 gummy setiap hari selama minimal 30 hari untuk merasakan khasiatnya pada kulit wajahmu!