Mitos Kopi dan Fakta Sehat di Baliknya

Kegiatan minum kopi kini semakin marak dan telah menjadi gaya hidup. Tak hanya kafe-kafe yang menjamur, kita pun bisa dengan mudah memesan es kopi susu melalui aplikasi layanan pesan antar tanpa harus bepergian.

Aroma kopi yang nikmat, rasanya yang juga enak, ditambah manfaat saat mengonsumsinya yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan mengurangi kantuk menjadikan kopi selalu dicari-cari oleh para penikmatnya. Akan tetapi, bagi mereka yang tidak biasa mengonsumsi kopi, biasanya akan merasakan efek samping seperti sakit perut atau jantung berdebar. Hal ini wajar, mengingat konsumsi kopi dapat memengaruhi pencernaan yang sensitif, meningkatkan hormon adrenalin, sedikit meningkatkan tekanan darah, membuat jantung memompa lebih kuat, dan detak jantung lebih cepat.

Mitos Kopi atau Efek Samping Minum Kopi

Selain manfaat kopi yang menyegarkan tubuh, kita sering mendengar berbagai mitos kopi atau yang mungkin lebih tepat disebut efek samping minum kopi yang mungkin terjadi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Sakit Perut

Salah satu mitos kopi yang paling sering kita dengar adalah meminumnya bisa menimbulkan sakit perut.

Minum kopi saat perut kosong atau mengonsumsinya terlalu dekat dengan jam olahraga memang bisa menyebabkan sakit perut. Oleh karena itu, kamu bisa menghindarinya dengan meminumnya saat sudah mengisi perut atau memberikan durasi lebih lama antara waktu minum kopi dengan berolahraga.

2. Kecemasan

Beberapa orang memang lebih sensitif terhadap kafein daripada yang lain dan oleh karenanya menimbulkan efek yang tidak biasa pada tubuhnya.

Mengonsumsi kafein dalam jumlah besar memang dapat menyebabkan efek samping pada tubuh, seperti kecemasan.


3. Sulit tidur (insomnia)

Mitos kopi bikin sulit tidur ternyata tidak sepenuhnya benar. Minum kopi di pagi hari nyatanya tidak akan berpengaruh terhadap kemampuan kita tidur di malam hari. Namun, minum kopi mendekati jam sebelum tidur dapat meningkatkan kewaspadaan tubuh karena kandungan kafein. Hal ini disebabkan karena studi menunjukkan kafein dapat bereaksi 4-6 jam setelah kita meminumnya.

 

4. Jantung berdebar

Kandungan kafein dalam kopi mampu menstimulasi sistem saraf pusat yang akan membantu kita untuk tetap terjaga dan merasa segar. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak, kafein justru membuat jantung berdebar sangat kencang, sehingga membuat kita merasa gelisah dan waspada secara berlebihan.

Meski begitu, terdapat banyak penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi kopi jangka panjang baik untuk kesehatan jantung, seperti menurunkan risiko gagal jantung, risiko jantung koroner, dan menurunkan risiko meninggal dunia karena penyakit jantung.

Hal ini berkat asam klorogenat, dikenal sebagai antioksidan, yang ditemukan dalam kopi dan dianggap dapat mencegah penyakit kardiovaskular juga. Selain asam klorogenat, terdapat antioksidan lain di dalam kopi, yaitu Hydrocinnamic acid. Fungsinya dapat menetralkan radikal bebas dan mencegah stres oksidatif dari paparan radikal bebas, seperti polusi, asap kendaraan, dan asap rokok.


Dapatkan Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Ini Takarannya

Ada banyak jenis kopi yang bisa dipilih. Namun untuk tetap mendapatkan manfaat kopi tersebut, sebaiknya minumlah kopi hitam tanpa gula dan tanpa creamer. Jenis kopi ini dianggap baik karena tidak tinggi kalori.

Selain itu, cukup konsumsi 3-4 gelas kopi hitam sehari, atau setara dengan 400 mg kafein. Jangan lupa untuk tetap mengutamakan pola makan yang seimbang, olahraga dan tidak merokok untuk keseluruhan kesehatan tubuh kita.

Bagi kamu yang tidak terbiasa ngopi tetapi ingin juga merasakan manfaat sehatnya kopi, kini ada Youvit Kafe G gummy yang mengandung 100% AKG vitamin B kompleks dan 15mg kafein alami dari kopi, setara dengan sepertiga cangkir kopi atau setengah cangkir teh hijau. Satu buah Kafe G gummy bisa membantu tubuhmu menghasilkan energi untuk the extra-mile push yang kamu butuhkan. Kembali fokus, tingkatkan mood, jadi rileks, dan pikiran jernih supaya sisa harimu bisa dijalankan dengan sukses. Rasa kopi dari setiap gigitannya akan otomatis memberimu energi, sehingga langsung semangat dan tetap terjaga, dengan cara yang sehat.

Konsumsi Youvit Kafe G gummy kapan saja kamu merasa rendah energi, aman dikonsumsi lebih dari sekali sehari!