Kopi Meningkatkan Performa Olahraga? Ini 5 Faktanya!

Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit di dunia saat ini, dengan jumlah konsumsi mencapai 75% dari angka keseluruhan konsumsi minuman ringan di seluruh dunia. Selain efeknya yang membuat kita lebih fokus bekerja dan menyegarkan tubuh, ternyata kopi dipercaya memiliki manfaat meningkatkan performa olahraga dan kekuatan otot. Hal ini diungkapkan oleh riset yang diterbitkan di jurnal Nutrients pada Oktober 2019, yang menyebutkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa bagi pria maupun wanita.
Kopi meningkatkan performa olahraga salah satunya disebabkan karena, menurut penelitian yang dilakukan oleh Live Strong, salah satu kandungan dalam kopi, yaitu kafein telah teruji dapat menambah energi. Hal itu pula yang menyebabkan kini banyak suplemen berenergi di pasaran yang mengandung kafein.

Bagaimana Kopi Meningkatkan Performa Olahraga?

Kandungan kafein dalam kopi yang dapat menambah energi ini menimbulkan efek stimulan pada tubuh, yaitu merangsang sistem saraf pusat. Hal tersebut membuat kita merasa "terjaga" atau fokus bekerja. Efeknya pun terasa saat kita berolahraga, pikiran kita menjadi lebih fokus dan koordinasi tubuh saat berolahraga pun meningkat.
Biasanya, saat memulai olahraga tak jarang kita merasa belum bersemangat atau lelah. Oleh karena itu, kita bisa minum 1 cangkir kopi hitam 45 menit sebelumnya untuk membantu menyiapkan cadangan energi untuk olahraga. Temuan ini dikuatkan oleh hasil penelitian yang diterbitkan Journal of Pain (2007) yang mengungkapkan bahwa kafein membuat kita tidak merasa gampang capai atau nyeri otot saat olahraga.

Berikut lima (5) fakta minum kopi dapat meningkatkan performa olahraga!

Meningkatkan durasi berolahraga

Mengonsumsi secangkir kopi sebelum berolahraga dapat secara signifikan meningkatkan performa olahraga, terutama dalam hal ketahanan (endurance), kekuatan (strength), dan juga olahraga cardio. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein dalam kopo melepaskan kalsium yang tersimpan di dalam otot, yang dapat meningkatkan kekuatan otot, membantu ketahanan, dan kecepatan tubuh. Itu sebabnya, kita dapat berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah.

Mempercepat pembakaran lemak

Kandungan kafein di dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Mengonsumsi kopi 30 menit sebelum berolahraga membantu meningkatkan oksidasi lemak atau proses pembakaran lemak tubuh. Hal ini disebabkan karena kafein merangsang otot untuk menggunakan lemak sebagai energi daripada glikogen yang disimpan di otot.

Mengonsumsi kopi sebelum berolahraga bahkan memberikan dampak bagi penurunan berat badan. Namun, penelitian menyebutkan besarnya pembakaran lemak bergantung juga dengan seberapa banyak kafein dikonsumsi.

Mencegah nyeri otot setelah berolahraga

Studi yang diterbitkan Journal of Pain (2007) mengungkapkan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat membuat kita tidak merasa gampang capai atau nyeri otot saat olahraga.

Hal ini masih berkaitan dengan manfaat kafein yang mendorong peningkatan oksidasi lemak saat kita mengonsumsinya.

Meningkatkan kekuatan otot dan kinerja jantung

Minum kopi sebelum olahraga ternyata mempengaruhi kekuatan otot, daya tahan tubuh, dan kemampuan kinerja jantung. Tentu saja, manfaat ini bisa didapatkan jika kopi dikonsumsi dalam dosis moderat, alias tidak lebih dari 4 cangkir per hari dan sebaiknya kopi hitam tanpa gula.
Selain itu, durasi latihan dan pilihan olahraga pun turut mempengaruhi. Penelitian dari European Journal of Sport Science menemukan bahwa efek kafein pada kopi dapat meningkatkan kekuatan kecil pada kaki bagian bawah. Itu sebabnya, sebaiknya melakukan olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki, seperti berlari, jogging, atau bersepeda, agar manfaat yang terasa bisa maksimal.

Membantu pemulihan pasca olahraga

Mengonsumsi karbohidrat diperlukan untuk mengembalikan energi yang hilang, karena tubuh menggunakan glukosa saat berolahraga sebagai energi. Namun tubuh memerlukan waktu untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Nah, jika kamu mengonsumsi kopi dan karbohidrat sekaligus maka bisa meningkatkan glikogen sebesar 66% lebih cepat.
Hal ini disebabkan karena kandungan kafein di dalam kopi dpaat meningkatkan penyerapan karbohidrat menjadi energi dan meningkatkan aktivitas enzim yang berperan dalam pembentukan glikogen. Itu sebabnya, tubuh mudah pulih kembali setelah berolahraga.


Kini ada Youvit Kafe G gummy yang mengandung 100% AKG vitamin B kompleks dan 15mg kafein alami dari kopi, setara dengan sepertiga cangkir kopi atau setengah cangkir teh hijau. Satu buah Kafe G gummy bisa membantu tubuhmu menghasilkan energi untuk the extra-mile push yang kamu butuhkan. Kembali fokus, tingkatkan mood, jadi rileks, dan pikiran jernih supaya sisa harimu bisa dijalankan dengan sukses. Rasa kopi dari setiap gigitannya akan otomatis memberimu energi, sehingga langsung semangat dan tetap terjaga, dengan cara yang sehat.

Konsumsi Youvit Kafe G gummy kapan saja kamu merasa rendah energi, aman dikonsumsi lebih dari sekali sehari!