5 Tips Merawat Kulit Berjerawat dari Ahli Nutrisi

Menerapkan pola makan sehat pada kenyataannya tak hanya bermanfaat bagi tubuh kita saja, melainkan juga untuk merawat kulit berjerawat. Menurut Nutritionist Lead YOUVIT Rachel Olsen, B.Sc., hal ini disebabkan karena pola makan kita sangat berpengaruh pada kesehatan kulit agar tampak glowing dari dalam, termasuk mencegah jerawat.


Jerawat yang tidak sembuh-sembuh atau semakin parah keadaannya kemungkinan besar disebabkan oleh pola makan buruk dan juga gaya hidup yang tidak teratur. Lalu bagaimana cara menjaga pola makan sehat untuk merawat kulit berjerawat? Berikut tips dari Ahli Nutrisi agar kulitmu bebas jerawat dan sehat bercahaya!


Tips Sehat Merawat Kulit Berjerawat

  1. Konsumsi Makanan Anti-Inflamasi

Salah satu penyebab jerawat adalah adanya peradangan pada kulit. Itu sebabnya, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan anti-inflamasi untuk mencegah munculnya jerawat. Makanan anti-inflamasi bisa ditemukan pada biji-bijian, asam lemak omega-3, dan omega-6 seperti ikan laut, minyak ikan, alpukat, kedelai, biji chia, dan minyak kanola.


  1. Kurangi Asupan Gula

Makanan dan minuman manis dengan kandungan glikemik tinggi akan membuat gula darah melonjak naik. Kadar gula darah yang tinggi dapat memengaruhi kinerja hormon yang memproduksi minyak. Saat kulit memproduksi minyak berlebih, jerawat akan lebih mudah muncul. Kalau kamu ingin kulitmu bebas jerawat, sebaiknya hindari minuman manis kemasan, es krim, camilan manis, permen, gula-gula, dan soda.


  1. Perbanyak Porsi Buah dan Sayur

Makanan olahan seperti makanan dalam kemasan dan makanan cepat saji tidak baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung karbohidrat berlebih, tinggi gula, dan kaya akan pengawet. Ganti makanan tidak sehat tersebut dengan memperbanyak porsi buah dan sayur yang tinggi serat untuk mendapatkan kulit sehat alami.


  1. Konsumsi Susu dan Produk Olahannya dalam Batas Sewajarnya

Produk susu dan olahan susu dapat meningkatkan produksi minyak yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit. Meski begitu, jangan langsung menghilangkan produk tersebut dalam daftar makan sehatmu! Susu dan produk olahannya sebenarnya memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.


  1. Minum air putih sehari minimal 8 gelas

Kurang minum air putih akan menyebabkan kulit tidak terhidrasi dengan baik. Kondisi kulit yang dehidrasi ini akan memicu kulit memproduksi minyak berlebih dan memunculkan jerawat. Biasakan minum air putih 2,5 liter atau minimal 8 gelas per hari demi menjaga kelembaban kulit. Air putih juga dapat membuang racun dan menghilangkan kotoran dari dalam tubuh, sehingga mencegah jerawat datang kembali.

 

6. Lengkapi Nutrisi Pendukung Kulit Sehat dengan Suplemen

Rachel mengungkapkan, ada banyak vitamin yang berperan merawat kulit berjerawat. Meski vitamin-vitamin tersebut dapat ditemukan di dalam makanan kita sehari-hari, akan tetapi mustahil bagi kita untuk dapat memenuhi keseluruhan nutrisi tersebut.

Dengan rutin konsumsi Youvit AcNO yang diformulasikan khusus untuk melawan jerawat dari dalam dengan kandungan vitamin A (Retinol) dan Vitamin D yang membantu meredakan kemerahan dan inflamasi pada jerawat ringan hingga sedang, serta Aloe Vera dan Vitamin C menenangkan inflamasi yang disebabkan oleh jerawat, kamu bisa merawat kulit berjerawat dari dalam. Antioksidan dari Vitamin E dan ekstrak mulberry yang ada di dalamnya dapat mengurangi hiperpigmentasi atau bekas yang ditinggalkan jerawat. Selain itu, Youvit AcNO juga mengatasi produksi minyak yang berlebih di wajahmu penyebab pori-pori tersumbat yang bisa tumbuh jadi jerawat. Niacinamide (Vitamin B3) dan Zinc yang ada di dalam AcNO membantu stabilisasi produksi sebum sehingga minyak di wajah dapat dihindari.

Konsumsi 1 gummy setiap hari selama minimal 30 hari untuk merasakan khasiatnya pada kulit wajahmu!
Sekian tips pola makan sehat untuk kulit bebas jerawat. Terapkan pola makan di atas dan amati perubahan pada kesehatan kulitmu.