Hindari Makanan Ini Jika Tak Mau Jerawat Makin Parah!

Jerawat biasanya diawali dengan munculnya benjolan kecil yang lama kelamaan meradang dan membesar. Masalah kulit yang satu ini memang selalu jadi momok, terutama untuk kaum perempuan. Selain hormon, salah satu penyebab jerawat adalah makanan. Ada jenis makanan yang membuat jerawat makin parah, apalagi jika kulitmu memiliki kecenderungan berjerawat!

Hindari Makanan yang Membuat Jerawat Makin Parah

Tahu nggak, mengonsumsi makanan tertentu bisa meningkatkan gula darahmu lebih cepat daripada makanan yang lain?


Menurut Nutritionist Lead YOUVIT Rachel Olsen, B.Sc., ketika gula darah naik dengan cepat, hal tersebut dapat menyebabkan tubuh melepaskan faktor pertumbuhan seperti insulin 1 (IGF-1), hormon yang mengatur efek pertumbuhan. Ketika kamu memiliki kelebihan IGF-1 dalam darah, hal tersebut dapat memicu kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak sebum yang meningkatkan risiko jerawat dan peradangan.


Berikut beberapa makanan yang menurut The American Journal of Clinical Nutrition dapat memicu lonjakan gula darah, di antaranya:

  • Berbagai macam pasta
  • Nasi putih
  • Roti putih
  • Gula
  • Produk olahan susu

Berbagai produk olahan susu, menurut Rachel, dapat meningkatkan sekresi insulin dan produksi hormon, seperti estrogen, yang dikenal sebagai kontributor utama perkembangan jerawat.


Hal ini juga dibuktikan oleh adanya tinjauan dari Diet and acne: A systematic review terhadap 14 penelitian yang mencakup 78.529 anak-anak dan orang dewasa berusia 7-30 tahun. Hasilnya menemukan bahwa asupan produk susu apa pun, termasuk susu, keju, dan yogurt–terlepas dari frekuensi konsumsi atau jumlahnya–berisiko lebih besar menimbulkan jerawat. 


Selain itu, tinjauan tersebut juga menyarankan kita untuk mengurangi makanan yang tinggi lemak jahat (lemak trans), yang biasanya ditemukan pada makanan cepat saji, gorengan, dan margarin. 


Selain menghindari makan makanan yang membuat jerawat makin parah, kamu juga bisa say NO to acne dengan rutin konsumsi Youvit AcNO yang diformulasikan khusus untuk melawan jerawat dari dalam dengan kandungan vitamin A (Retinol) dan Vitamin D yang membantu meredakan kemerahan dan inflamasi pada jerawat ringan hingga sedang, serta Aloe Vera dan Vitamin C menenangkan inflamasi yang disebabkan oleh jerawat. Antioksidan dari Vitamin E dan ekstrak mulberry yang ada di dalamnya dapat mengurangi hiperpigmentasi atau bekas yang ditinggalkan jerawat. Selain itu, Youvit AcNO juga mengatasi produksi minyak yang berlebih di wajahmu penyebab pori-pori tersumbat yang bisa tumbuh jadi jerawat.

Niacinamide (Vitamin B3) dan Zinc ada di dalam AcNO untuk membantu stabilisasi produksi sebum sehingga minyak di wajah dapat dihindari.


Konsumsi 1 gummy setiap hari selama minimal 30 hari untuk merasakan khasiatnya pada kulit wajahmu!