4 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak di Musim Hujan

Memasuki pergantian musim, Moms tentu khawatir dengan si Kecil dan mencoba berbagai macam cara untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Seperti yang kita ketahui, perubahan cuaca yang ekstrem dan pergantian udara yang cepat dari panas ke dingin bisa membuat tubuh sulit beradaptasi. Ketika hal itu terjadi, bukan tak mungkin daya tahan tubuh melemah sehingga bakteri dan virus lebih mudah menyerang tubuh.

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Imunitas Anak Meski di Rumah Saja

Tentunya Moms tidak ingin hal ini terjadi bukan? Moms tak perlu khawatir, karena ada berbagai macam cara untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah jatuh sakit, terutama di musim hujan.

Ikuti Tips Ampuh Jaga Daya Tahan Tubuh Anak dari Ahli Gizi

Musim hujan meningkatkan risiko kondisi tubuh menjadi lebih rentan sehingga penyakit berbahaya karena bakteri dan virus lebih mudah menyerang tubuh. Perubahan suhu yang drastis, polusi udara, hingga kontaminasi air secara bersamaan pun dapat menyebabkan penyebaran air menjadi lebih masif. Selain itu, fungsi usus dan sistem pencernaan menjadi lebih, sehingga metabolisme menurun dan penyimpanan lemak meningkat.

Sistem kekebalan yang lebih lemah dari seharusnya dapat membuat tubuh menjadi rentan terhadap beberapa masalah pencernaan dan penyakit lainnya yang terkait dengan perubahan musim dari panas ke hujan. Di saat seperti ini, menjaga daya tahan tubuh anak lebih kuat dari biasanya adalah satu-satunya cara yang dapat dilakukan agar tidak mudah sakit.

Berikut beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh anak di musim hujan.

 

1. Ajak anak konsumsi makanan segar yang umum ditemukan saat musim hujan

Ada beberapa makanan segar seperti sayuran dan buah-buahan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, terutama di cuaca yang tidak menentu.

     

  1. Pisang dapat mencegah masalah pencernaan pada anak, tinggi serat, vitamin C, kalium, magnesium, sangat berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak.
  2. Pepaya merupakan buah yang kaya akan vitamin C, B, A, E, dan vitamin K yang dapat menjaga metabolisme tubuh anak dan daya tahan tubuh anak.
  3. Labu yang kaya akan beta karoten, vitamin dan mineral. Labu dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, mulai dari sop hingga pai yang manis dan umumnya disukai oleh anak-anak.
  4.  

     

    2. Kreasikan bumbu dan ramuan organik peningkat daya tahan tubuh anak

    Beberapa bumbu dan ramuan organik yang terbuat dari berbagai bahan alami yang sering Moms temukan di dapur dapat menjadi peningkat daya tahan tubuh anak. Bumbu-bumbu seperti kunyit dan lengkuas, misalnya, dapat dikategorikan sebagai antibiotik alami yang dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh, kesehatan pencernaan, dan kekebalan tubuh.

    Berikut beberapa bumbu yang dapat mengurangi risiko inflamasi dan bisa Moms manfaatkan dalam menyiapkan makanan untuk si Kecil demi meningkatkan daya tahan tubuh anak:

    1. Kunyit mengandung zat anti-inflamasi dan kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.
    2. Bawang putih mengandung sulfur sebagai zat anti-inflamasi dan manfaat lainnya.
    3. Jahe mengandung antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-bakteria. Sensasi yang diberikan dari rasa jahe juga dapat membantu memberikan rasa lega pada anak yang sedang menderita flu.

    Baca juga: Ini 4 Vitamin Penting untuk Daya Tahan Tubuh Anak

     

    3. Batasi jajanan anak

    Hindari anak dari konsumsi makanan yang terpapar udara secara langsung seperti jajanan di pinggir jalan untuk mencegah terjadinya kontaminasi bakteri dan virus, yang akan berdampak pada daya tahan tubuh anak. 

     

    4. Berikan multivitamin peningkat daya tahan tubuh anak

    Tingkatkan daya tahan tubuh anak dengan rutin mengonsumsi YOUVIT Multivitamin untuk Anak. Formula baru YOUVIT Multivitamin untuk Anak usia 3 – 12 tahun dengan segala kebaikan alam, mengandung 10 vitamin lengkap yaitu vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E, dan 3 mineral Selenium, Iodium, dan Zink untuk meningkatkan imunitas, serta 12 sayur dan buah alami (apel, pir, kiwi, nanas, markisa, lemon, timun, kembang kol, bayam, seledri, jeruk, strawberry), juga kaya ekstrak Curcuma yang dapat mendukung nafsu makan yang baik. 

    Sama halnya dengan Youvit Multivitamin Dewasa, format gummy pada Youvit Multivitamin Anak membuat vitamin yang ada di dalamnya jauh lebih efektif diserap secara alami oleh tubuh karena melalui tahap pencernaan pertama yaitu mengunyah. Cukup 1 gummy setiap hari, sudah memberikan nutrisi seimbang dengan dosis tepat sehingga aman dikonsumsi.

    Keunggulan lainnya adalah Youvit Multivitamin Anak hadir dengan tiga rasa berbeda yang enak, yaitu jeruk, nanas, dan strawberry dalam bentuk monster gummy lucu yang aman dikonsumsi setiap hari. Dengan Youvit menjadi bagian dari rutinitas harian anak, akan ada lebih banyak anak sehat yang dapat  bertumbuh kembang sesuai usianya, juga aktif dan terasah kreativitasnya. Moms tentu merasa bahagia melihat anaknya sehat, aktif dan bertumbuh kembang secara optimal.