Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini!

Jerawat merupakan momok bagi siapapun, terutama wanita yang peduli dengan kecantikan kulit. Meski mayoritas orang mengalami masalah jerawat di masa remaja, tak sedikit juga yang masih tetap harus berhadapan dengannya di usia dewasa. Tentu ada berbagai cara menghilangkan jerawat secara alami agar kecantikan kulit tetap terjaga.

Faktanya, banyak kebiasaan buruk yang sering kita lakukan yang menyebabkan timbulnya jerawat. Misalnya dalam gaya hidup sehari-hari dan juga makanan yang kita konsumsi. Mereka yang doyan mengonsumsi makanan berminyak cenderung memiliki permasalahan kulit berjerawat.

Rekomendasi Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dari Ahli Gizi

Itu sebabnya, salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami bisa dilakukan dengan menjalankan diet sehat. Berikut rekomendasi beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami menurut Nutritionist Youvit:

1. Konsumsi makanan dengan indeks glikemi rendah
Indeks glikemi (IG) adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi IG suatu makanan, maka akan semakin cepat pula makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah. IG yang tinggi, menurut sebuah jurnal gizi yang diterbitkan pada tahun 2018, dapat meningkatkan produksi hormon insulin (IGF-1) yang memicu kelenjar keringat memproduksi sebum.

2. Konsumsi dairy product secukupnya
Susu mengandung protein whey dan casein yang menstimulasi hormon pertumbuhan. Kedua protein tersebut melepaskan hormon yang serupa dengan insulin atau IGF-1 yang menjadi salah satu penyebab timbul dan berkembangnya jerawat.

3. Konsumsi makanan tinggi vitamin antioksidan dan mineral
Pada sebuah studi penelitian, ditemukan bahwa orang dengan masalah kulit berjerawat ternyata mengalami defisiensi vitamin A, vitamin E, dan zinc dalam tubuhnya. Zinc, berdasarkan jurnal The role of zinc in the treatment of acne: A review of the literature yang diterbitkan pada tahun 2017 merupakan mineral yang penting untuk perkembangan kulit dan membantu mengatur metabolisme dan hormon. Sedangkan vitamin A dan vitamin E merupakan zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan zat anti inflamasi yang dapat membantu regenerasi sel. 

Baca juga: Cari Tahu 4 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Mengganggu Penampilan

Lalu apa saja yang harus kita konsumsi sehari-hari sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami? Berikut 5 daftar makanan penting yang bisa membantu menghilangkan jerawat pada kulit wajahmu!

  1. Makanan dengan warna kuning, orange dan merah seperti wortel, tomat, jeruk yang mengandung banyak vitamin A dan C di dalamnya.
  2. Sayur-sayuran hijau atau sumber karbohidrat kompleks sebagai makanan dengan sumber indeks glikemi yang rendah dan sumber vitamin.
  3. Buah berry seperti blueberries dan mulberry yang mengandung pigmen antosianin sebagai sumber antioksidan.
  4. Nasi merah sebagai alternatif sumber karbohidrat dengan indeks glikemi yang rendah.
  5. Kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai sumber makanan yang kaya zinc dan vitamin E seperti kacang merah dan chasew.

Say NO to Acne dengan rutin konsumsi Youvit AcNO yang diformulasikan khusus untuk melawan jerawat dari dalam dengan kandungan vitamin A (Retinol) dan Vitamin D yang membantu meredakan kemerahan dan inflamasi pada jerawat ringan hingga sedang, serta Aloe Vera dan Vitamin C menenangkan inflamasi yang disebabkan oleh jerawat. Antioksidan dari Vitamin E dan ekstrak mulberry yang ada di dalamnya dapat mengurangi hiperpigmentasi atau bekas yang ditinggalkan jerawat. Selain itu, Youvit AcNO juga mengatasi produksi minyak yang berlebih di wajahmu penyebab pori-pori tersumbat yang bisa tumbuh jadi jerawat. Niacinamide (Vitamin B3) dan Zinc yang ada di dalam AcNO membantu stabilisasi produksi sebum sehingga minyak di wajah dapat dihindari.