Atasi Penyebab Kulit Kusam dengan 5 Cara ini

Kulit merupakan organ terbesar dari tubuh yang terbuat dari air, protein, lemak dan mineral. Itu sebabnya, kulit menjadi bagian tubuh yang paling signifikan dan terlihat secara jelas. Peran penting kulit dalam melindungi tubuh dari berbagai faktor eksternal seperti bakteri, bahan kimia, dan mengatur suhu tubuh ini tentunya dapat membuat kulit lelah dan menjadi kusam jika tidak dirawat. Artikel ini akan membahas berbagai penyebab kulit kusam dan cara mengatasinya.


Epidermis yang merupakan lapisan kulit terluar mengandung melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Jumlah melanin ini yang menentukan warna kulit seseorang. Nah, orang yang mempunyai banyak melanin akan memiliki kulit yang lebih gelap. Melanin ini juga penyebab kulit kusam pada kulit yang tidak dirawat dengan baik. 


5 Cara Mengatasi Kulit Kusam

Tenaaang… besties nggak perlu khawatir. Kamu bisa kok mengatasi kulit kusam dengan mengetahui penyebabnya!

  1. Gunakan sunscreen setiap hari

Sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA penyebab skin-aging dan sinar UVB penyebab kulit menggelap dan terbakar. Walaupun di ruangan tertutup, tetap gunakan sunscreen yang minimal memiliki SPF 30 dan SPF 50 jika beraktivitas di luar ruangan. Selain untuk melindungi agar kulit tidak kusam, sunscreen juga berfungsi untuk mencegah kanker kulit.

  1. Gunakan skincare berbahan pencerah

Vitamin C, niacinamide (Vitamin B3), alpha arbutin, glutathione, licorice extract merupakan beberapa bahan pencerah yang sering ada di dalam kandungan skincare. Kekurangan berbagai nutrisi tersebut pada kulit dapat menjadi penyebab kulit kusam yang kamu hadapi. Untuk mendapatkan kulit yang cerah, pilih skincare yang mengandung bahan pencerah dan gunakan minimal dua kali dalam sehari, pagi dan malam hari. Vitamin C merupakan antioksidan yang direkomendasikan untuk digunakan pagi hari demi membantu memaksimalkan kerja sunscreen.

  1. Rajin eksfoliasi kulit

Penumpukan sel kulit mati harus rutin dieksfoliasi agar tidak menimbulkan masalah-masalah kulit. Selain menjadi penyebab kulit kusam yang utama, sel kulit mati yang menumpuk dapat juga menimbulkan komedo dan jerawat, karena membuat pori-pori jadi tersumbat. Eksfoliasi kulit wajah dua kali dalam seminggu membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di wajah sehingga kulit menjadi lebih bersih.

  1. Konsumsi makanan pendukung produksi glutathione

Glutathione yang biasa kita kenal pada kandungan skincare ternyata dapat diproduksi di dalam tubuh dengan dukungan dari makanan, lho! Konsumsi sayuran hijau serta buah dan sayur berwarna merah atau orange, seperti tomat dan wortel kaya akan sulfur dan selenium. Hal ini disebabkan karena sulfur dan selenium merupakan bahan aktif untuk membantu glutathione terbentuk di dalam tubuh. Susu soya juga kaya akan phytoestrogen yang dapat membuat kulit lebih cerah dan halus

  1. Lengkapi dengan suplemen kulit

Kamu juga bisa melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral pendukung kesehatan kulit dengan mengonsumsi suplemen kulit tambahan.


Buat besties yang masih bingung bagaimana caranya memenuhi semua kebutuhan vitamin dan mineral untuk kulit glowing dalam 1 hari, bisa mencoba konsumsi Youvit Beauti+ #1gummysetiaphari! Vitamin kecantikan dengan kandungan utama vitamin E, Biotin dan Kolin-Inositol ini membantu kamu menjaga kecantikan dari dalam dan pastinya bikin kulit wajahmu tambah glowing! Youvit Beauti+ merupakan solusi all-in-one dengan tiga manfaat utama, mulai dari mencegah dan mengurangi rambut rontok, memudarkan bekas jerawat, hingga memperkuat kuku agar tidak mudah patah.

Comments (0)

Leave a comment