Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan, Ternyata Juga Ancam Kecantikan Kulit!

Kamu mungkin sudah sering mendengar bahaya konsumsi gula berlebihan bagi kesehatan, namun tahukah kamu bahwa hal tersebut juga dapat mengancam kecantikan kulit?


Masalahnya, gula ada di makanan kita sehari-hari, sehingga kita sering kali tidak sadar saat mengonsumsinya. Gula dapat ditemukan di dalam karbohidrat simpel seperti nasi putih, gula, roti putih, tepung, juga ada di makanan sehat seperti susu dan buah-buahan, hingga yang tidak sehat seperti makanan cepat saji dan minuman bersoda. Belum lagi jika kamu pecinta makanan manis yang doyan menikmati sajian kue yang mengandung banyak gula dan krim.


Meski gula tidak sepenuhnya buruk karena merupakan sumber energi, banyak penelitian yang sudah menunjukkan bahaya konsumsi gula berlebihan bagi kesehatan. Misalnya, sebuah studi dalam jurnal Nutrients yang terbit pada tahun 2016 mengungkapkan bahwa sering mengonsumsi makanan manis dalam jumlah banyak dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.


Selain itu, bahaya konsumsi gula berlebihan yang belum banyak diketahui orang adalah dapat memicu terjadinya berbagai masalah kulit. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini!


Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan pada Kulit

Bahaya konsumsi gula terlalu banyak ternyata juga bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit kamu, lho! Kok bisa?

Berikut ini masalah kulit yang bisa terjadi akibat bahaya konsumsi gula berlebihan

 

1. Mempercepat penuaan kulit

Penuaan dini tentunya menjadi momok bagi para perempuan. Nah, ternyata mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan bisa mempercepat penuaan kulit. Hal ini dikarenakan konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan pemecahan serat kolagen dalam proses yang disebut glikasi. Hal ini menyebabkan serat kolagen menjadi kaku dan rapuh, yang mengakibatkan kulit tampak lebih tua. Padahal seperti yang telah kita ketahui, kolagen membantu regenerasi kulit.

Baca juga: Mau Awet Muda? Ikuti 5 Teknik Yoga Wajah Anti-Keriput Ini!


2. Memicu peradangan kulit

Peradangan merupakan respons tubuh terhadap apapun yang memicu iritasi. Gula dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan kortisol, hormon stres tubuh melonjak. Hal itulah yang memicu peradangan kulit, mulai dari eczema, rosacea, dan psoriasis.

Namun jangan khawatir, kamu bisa mengatasi iritasi tersebut dengan menyantap berbagai makanan anti-inflamasi, seperti jahe, kunyit, teh hijau, dan blueberry untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuhmu serta mengurangi lonjakan gula darah dan reaksi peradangan.


3. Memperburuk kondisi jerawat

Peradangan akibat konsumsi gula berlebih juga dapat memperburuk masalah kulit, seperti jerawat.

Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics pada tahun 2018, ada korelasi antara konsumsi gula berlebihan dan jerawat, terutama pada remaja.

Mengingat bahaya konsumsi gula berlebihan terhadap masalah jerawat, ada baiknya menjaga asupan gula di bawah 100 gram per hari.

Baca juga: Makan Buah = Makan Gula? Cari Jawabannya di Artikel Ini!


Selain menyadari bahaya konsumsi gula berlebihan, ada banyak vitamin yang berperan merawat kulit berjerawat. Meski vitamin-vitamin tersebut dapat ditemukan di dalam makanan kita sehari-hari, akan tetapi mustahil bagi kita untuk dapat memenuhi keseluruhan nutrisi tersebut.

Dengan rutin konsumsi Youvit AcNO yang diformulasikan khusus untuk melawan jerawat dari dalam dengan kandungan vitamin A (Retinol) dan Vitamin D yang membantu meredakan kemerahan dan inflamasi pada jerawat ringan hingga sedang, serta Aloe Vera dan Vitamin C menenangkan inflamasi yang disebabkan oleh jerawat, kamu bisa merawat kulit berjerawat dari dalam. Antioksidan dari Vitamin E dan ekstrak mulberry yang ada di dalamnya dapat mengurangi hiperpigmentasi atau bekas yang ditinggalkan jerawat. Selain itu, Youvit AcNO juga mengatasi produksi minyak yang berlebih di wajahmu penyebab pori-pori tersumbat yang bisa tumbuh jadi jerawat. Niacinamide (Vitamin B3) dan Zinc yang ada di dalam AcNO membantu stabilisasi produksi sebum sehingga minyak di wajah dapat dihindari.

Konsumsi 1 gummy setiap hari selama minimal 30 hari untuk merasakan khasiatnya pada kulit wajahmu!

Sekian tips pola makan sehat untuk kulit bebas jerawat. Terapkan pola makan di atas dan amati perubahan pada kesehatan kulitmu.

Comments (0)

Leave a comment