Tips Memilih Makanan Cepat Saji Bergizi

Ngaku deh, siapa sih yang nggak suka atau nggak pernah sama sekali makan makanan cepat saji? Yup, makanan cepat saji seperti ayam goreng, burger, kentang goreng, donat, nugget, mie instan, dan berbagai makanan atau minuman kaleng ini susah banget dilepaskan dari keseharian kita karena menawarkan kemudahan terutama bagi kamu yang tinggal di perkotaan dan disibukkan dengan berbagai aktivitas. Meskipun mayoritas makanan cepat saji tidak menyehatkan tubuh karena mengandung tinggi garam, gula, dan kalori namun kurang serat, vitamin dan mineral! 

Tapi tau nggak sih kalau tidak semua makanan cepat saji ini tidak sehat bagi tubuh? Menilik dari namanya, makanan cepat saji tercipta untuk mempermudah akses makanan bagi semua orang dan sejatinya diproses agar nutrisi yang terkandung dalam bahan penyusunnya terjaga dan tetap bermanfaat. Nah, jadi kita tetap bisa mengandalkan makanan cepat saji untuk mengisi energi kita secara cepat, terutama jika sedang terburu-buru. Simak tips memilih makanan cepat saji yang bergizi menurut Nutritionist Lead YOUVIT Rachel Olsen, B.Sc.!

 

Makanan Cepat Saji Bergizi? Yuk Bisa Yuk!

Sesuai dengan namanya, makanan cepat saji merupakan makanan yang dapat disajikan dalam waktu cepat, sekitar 5-10 menit. Meski tak mudah memilah-milah mana makanan cepat saji yang mengandung gizi tinggi, simak beberapa tips dari Ahli Gizi YOUVIT berikut ini supaya kesehatanmu tetap terjaga meski sedang buru-buru dan butuh yang praktis!

 

1. Gorengan? Skip!

Kebanyakan tukang gorengan dan restoran makanan cepat saji menawarkan aneka menu yang digoreng dengan minyak yang mengandung lemak trans. Minyak ini memang bisa bikin tekstur makanan jadi lebih renyah dan tentunya dapat dipakai berulang kali. Namun minyak ini merupakan jenis lemak yang tidak baik untuk dikonsumsi.

Menu alternatif:
Sebelum memilih, pastikan menu gorengan yang akan kamu makan menggunakan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun, minyak kanola, atau minyak kelapa dan tidak dipakai berulang lebih dari dua kali. Atau kamu bisa memilih alternatif menu makanan cepat saji lainnya yang tidak digoreng, misalnya mashed potato, burger vegetarian, atau sup oden. 

 

2. Batasi penggunaan mayonaise 

Mayonaise memang bikin makanan jadi lebih gurih dan sedap. Setuju nggak, Bestie? Nah, buat kamu yang suka nambah porsi mayonaise sewaktu makan sushi, burger, atau salad, mulai sekarang coba dibatasi konsumsinya. Soalnya mayonaise mengandung banyak gula dan lemak, lho! Kandungan yang tinggi lemak itu dapat menyebabkan tekanan darah meningkat yang membahayakan jantung. Selain itu kalau kamu memiliki masalah pencernaan misalnya maag, mayonaise juga bisa membuat kondisi perut jadi tidak nyaman. Kandungan sodium pada mayonaise ini tidak baik untuk lapisan lambung dan bisa menimbulkan heartburn sekaligus infeksi perut.

Menu alternatif:
Coba deh pilih saus dressing yang rendah lemak atau kamu bisa menggantinya dengan plain yogurt dan menambah perasan lemon sebagai penambah rasa. Selain itu, kamu juga bisa memesan makanan dengan saus mayonaise terpisah agar bisa mencampurnya sendiri dengan takaran secukupnya.

 

3. Bye bye minuman bersoda

Banyak restoran yang memilih minuman bersoda sebagai pendamping makanan cepat saji yang mereka hidangkan. Masalahnya, minuman bersoda mengandung kadar gula yang tinggi dan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes dan sindrom metabolik jika dikonsumsi terlalu banyak.

Menu alternatif:
Sebaiknya pilih minuman yang lebih sehat dan rendah kadar gulanya, seperti air mineral biasa atau jus buah dan smoothies yang manisnya alami.


4. Konsumsi tambahan suplemen

Nah, buat kamu yang suka makan makanan cepat saji penting juga untuk konsumsi suplemen multivitamin secara rutin untuk menyeimbangkan nutrisi harian yang pastinya tidak didapatkan secara cukup dari makanan sehari-hari.


Kamu bisa konsumsi YOUVIT Multivitamin Gummy dan #AlamiHebatnya YOUVIT dengan multivitamin Lengkap (Gak Kurang) karena mengandung 10 vitamin; yaitu Vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E dan 3 mineral; yaitu Selenium, Iodium dan Zinc; Alami (Gak Kimawi) dari sari buah asli 5 super berries (strawberry, goji berry, cranberry, raspberry, blueberry) tanpa pemanis, pewarna, dan perasa buatan. Semuanya bisa didapatkan dalam 1 gummy setiap hari dengan nutrisi seimbang (Gak Bimbang) dalam dosis tepat, sehingga aman dikonsumsi setiap hari untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

Selain itu YOUVIT hadir dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Terbuat dari gummy membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. YOUVIT pun aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.

 

Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari agar kamu selalu sehat!

 

Comments (0)

Leave a comment