Mengapa Vitamin D dan Zinc Jadi Vitamin Nutrisi Anak Penting?

Sebagai orang tua, moms tentunya sangat memperhatikan pertumbuhan buah hati dari masa ke masa dan selalu jadi yang terdepan untuk tahu vitamin nutrisi anak apa saja yang penting. Memang, memberikan stimulasi pada anak hingga memenuhi asupan vitamin dan nutrisinya merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjamin tumbuh kembang anak. Ada banyak jenis vitamin nutrisi anak yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang yang optimal, beberapa di antaranya adalah vitamin D dan zinc. 


Pentingnya Vitamin D sebagai Vitamin Nutrisi Anak untuk Tumbuh Kembang Optimal 

Nutritionist Lead YOUVIT Rachel Olsen, B.Sc. mengungkapkan bahwa pengetahuan mengenai vitamin D dalam kesehatan anak-anak telah berkembang pesat selama bertahun-tahun, melampaui pentingnya homeostasis kalsium dan pertumbuhan tulang. Ada penelitian yang berkembang mengenai peran penting vitamin D dalam kesehatan yang berdampak pada sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi dan sistem kekebalan adaptif untuk memodulasi autoimunitas. 


Penelitian lain juga mulai mengungkapkan efek neurohormonal vitamin D pada perkembangan otak dan perilaku, dengan kaitannya terhadap gangguan kesehatan mental. Banyak dari efek ini dimulai jauh sebelum kelahiran anak, jadi menurut Rachel penting bahwa setiap wanita hamil memerhatikan asupan vitamin D untuk mempersiapkan kesehatan yang terbaik bagi bayinya kelak. 


Lalu dari mana buah hati Moms mendapatkan sumber vitamin D? Menurut Rachel, vitamin D3 bisa didapatkan terbatas dari salmon, sarden, tuna, dan minyak ikan cod, sementara kuning telur atau jamur shiitake untuk vitamin D2. Namun disebut terbatas, karena jumlahnya hanya sekitar 100 hingga 200 IU vitamin D saja per harinya. Paparan sinar matahari, sebaliknya, menghasilkan 10.000 sampai 20.000 IU ketika 30% dari luas permukaan tubuh terkena sinar matahari 15 sampai 30 menit sehari. 


Anak-anak di bawah 12 bulan membutuhkan 400 IU vitamin D setiap hari. Sedangkan anak-anak berusia 12 hingga 24 bulan membutuhkan 600 IU vitamin D setiap hari menurut Centers of Disease Control and Prevention. 


Melansir dari jurnal Children, vitamin D menjadi salah satu vitamin nutrisi yang memengaruhi perkembangan otak. Oleh karena itu, sangat penting memenuhi kebutuhan vitamin D anak agar perkembangan otaknya dapat bekerja secara maksimal. Kekurangan vitamin D pada anak maupun remaja ternyata dapat tingkatkan risiko gangguan kesehatan mental, salah satunya adalah skizofrenia.

Vitamin D juga sangat penting untuk mencegah gangguan kesehatan tulang pada anak. Berbagai gangguan kesehatan tulang dapat dialami anak sehingga mengganggu tumbuh kembang, seperti skoliosis, rakitis atau tulang rapuh, dan rentan alami patah tulang. Kekurangan vitamin D juga menyebabkan anak-anak lebih sering mengalami nyeri otot, cepat lelah, dan memiliki masalah dalam gerak. Bahkan, kekurangan vitamin D dapat tingkatkan risiko penyakit migrain pada anak-anak hingga remaja.



Pentingnya Zinc sebagai Vitamin Nutrisi Anak untuk Tumbuh Kembang Optimal 

Zinc adalah salah satu vitamin nutrisi berupa mineral yang harus didapatkan dari sumber makanan karena tubuh tidak memproduksi sendiri mineral ini. Zinc memiliki peran mendasar dalam metabolisme sel, dengan efek mendalam pada sistem kekebalan tubuh dan mukosa usus. Menurut Rachel, suplementasi zinc telah menunjukkan manfaat yang signifikan dalam pencegahan dan pengobatan diare dan pneumonia. 


Gugus Tugas WHO, 2001, dan Gugus Tugas Nasional IAP telah merekomendasikan penggunaan zinc dalam pengobatan diare. Ini juga direkomendasikan sebagai bagian dari manajemen kasus standar pada diare persisten dan pada mereka dengan malnutrisi berat. 


Peningkatan kualitas dan asupan makanan, fortifikasi makanan dan budidaya tanaman padat zinc merupakan beberapa cara untuk membantu mengatasi kekurangan zinc pada anak. Tak hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak, zinc pun berperan dalam mencegah terjadinya peradangan dan mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.



Penuhi kebutuhan vitamin nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang anak optimal dengan rutin mengonsumsi YOUVIT Multivitamin untuk Anak. Formula baru YOUVIT Multivitamin untuk Anak usia 3 – 12 tahun dengan segala kebaikan alam, mengandung 10 vitamin lengkap yaitu vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D3, E, dan 3 mineral Selenium, Iodium, dan Zinc untuk meningkatkan imunitas, serta 12 sayur dan buah alami (apel, pir, kiwi, nanas, markisa, lemon, timun, kembang kol, bayam, seledri, jeruk, strawberry), juga kaya ekstrak Curcuma yang dapat mendukung nafsu makan yang baik. 


Sama halnya dengan YOUVIT Multivitamin Dewasa, format gummy pada YOUVIT Multivitamin Anak membuat vitamin yang ada di dalamnya jauh lebih efektif diserap secara alami oleh tubuh karena melalui tahap pencernaan pertama yaitu mengunyah. Cukup 1 gummy setiap hari, sudah memberikan nutrisi seimbang dengan dosis tepat sehingga aman dikonsumsi.


Keunggulan lainnya adalah YOUVIT Multivitamin Anak hadir dengan tiga rasa berbeda yang enak, yaitu jeruk, nanas, dan strawberry dalam bentuk monster gummy lucu yang aman dikonsumsi setiap hari. Dengan YOUVIT menjadi bagian dari rutinitas harian anak, akan ada lebih banyak anak sehat yang dapat  bertumbuh kembang sesuai usianya, juga aktif dan terasah kreativitasnya. Moms tentu merasa bahagia melihat anaknya sehat, aktif dan bertumbuh kembang secara optimal. 

Comments (0)

Leave a comment