Penting, Faktor Ini Memengaruhi Keberhasilan Ibu Menyusui

Keberhasilan ibu menyusui tak hanya dari Moms, melainkan Moms juga membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitar dan juga lingkungan. 


Dukungan yang Dibutuhkan untuk Keberhasilan Ibu Menyusui

Berikut ini sederet dukungan yang bisa diberikan kepada ibu menyusui, mulai dari suami, keluarga, sampai lingkungan Moms di luar rumah.

1. Dukungan Ibu Menyusui dari Suami

Suami dapat memberikan banyak dukungan kepada ibu menyusui dengan berbagai cara, yaitu secara psikologis, seperti memberikan motivasi dan menjadi pendengar yang baik, maupun secara fisik, dengan membantu mengerjakan pekerjaan rumah agar istri dapat istirahat sejenak, membantu mempersiapkan kebutuhan ibu menyusui.


Jurnal Health Prospect mengungkapkan bahwa sebanyak 95% ibu yang menerima dukungan suami untuk menyusui mengaku lebih percaya diri pada saat memberikan ASI eksklusif. Sebaliknya, seorang ibu yang kurang mendapatkan dukungan suami cenderung akan beralih ke susu formula.


2. Dukungan Ibu Menyusui dari Keluarga

Selain suami, ibu menyusui juga butuh dukungan dari anggota keluarga lainnya, seperti orang tua, mertua, dan juga kakak dan adik dari Moms. Bentuk dukungan yang bisa diberikan mulai dari motivasi dan informasi mengenai menyusui, pemberian makanan pendamping ASI yang tepat bergantung pada informasi yang akurat, dan tidak menghakimi atau menyalahkan ibu menyusui akan segala pilihannya.


3. Dukungan Ibu Menyusui dari Lingkungan Tempat Kerja

Bagi Moms yang bekerja, dukungan ibu menyusui yang bekerja ini dapat dibantu untuk terus menyusui dengan diberikan kondisi yang memungkinkan. Misalnya, kantor dapat memberikan cuti hamil berbayar, pengaturan jam kerja di tempat, fasilitas untuk memerah dan menyimpan ASI, hingga waktu istirahat selama menyusui.



4. Dukungan Ibu Menyusui dari Fasilitas Kesehatan

Tak hanya dukungan dari pihak keluarga saja, ibu menyusui juga berhak mendapatkan berbagai macam dukungan dari fasilitas kesehatan.


Dukungan lainnya yang dapat diberikan fasilitas kesehatan kepada ibu menyusui antara lain:

  • Melatih ibu menyusui cara memerah ASI.
  • Memberikan informasi dan mengajarkan keterampilan tentang menyusui.
  • Memberikan konseling gizi yang sehat dan spesifik budaya kepada ibu menyusui.
  • Dukung ibu untuk mengenali dan menanggapi isyarat bayi mereka untuk menyusu.
  • Menciptakan kondisi yang akan memfasilitasi pemberian ASI eksklusif, seperti ruang dan fasilitas perawatan bersalin yang tepat, jatah makanan tambahan dan air minum.


Banyak ya, Moms, faktor yang memengaruhi keberhasilan ibu menyusui. Semoga semua dukungan bagi ibu menyusui tersebut dapat Moms dapatkan agar pengalaman menyusui menjadi jauh lebih mudah untuk dijalankan ya.


Untuk calon Moms yang sedang menanti kehadiran buah hati atau Moms yang baru saja menyambut kelahiran buah hati, rutin konsumsi Youvit X Lilla Multimum dapat membantu lengkapi nutrisi harian secara alami dan juga meningkatkan kesuburan. Hal ini dikarenakan Youvit X Lilla Multimum mengandung vitamin-vitamin yang penting untuk ibu yang sudah direkomendasi oleh Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obgyn) seperti B12, Vitamin D, Asam Folat (B9) dan Zinc.

Vitamin C, B12, B9 yang ada di dalamnya dapat membantu memproduksi sel darah merah yang dapat mencegah anemia. Sedangkan vitamin B12 yang ada di YOUVIT X Lilla Multimum mampu meningkatkan energi ibu pada saat menyusui terutama untuk para ibu yang aktif sekaligus membantu meningkatkan produksi vitamin dan mineral di dalam ASI pada proses menyusui karena mengandung 10 vitamin dan 3 mineral. 


Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari dan jadikan Youvit X Lilla Multimum sebagai multivitamin yang mengandung nutrisi harian yang lengkap dengan 10 vitamin dan 3 mineral, serta asam folat yang penting di setiap tahapan penting seorang wanita dan perkembangan otak janin.

Comments (0)

Leave a comment