Resep Diet Keto: Mango Chia Pudding

Chia seed kini jadi primadona di kalangan pecinta makanan organik. Berbentuk biji-bijian kecil, namun memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Chia seed bisa dibilang bernutrisi tinggi karena mengandung omega-3, kalsium, antioksidan, serat tinggi, dan rendah kalori —itu juga yang menyebabkan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L dan banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan ini sering disebut sebagai superfood!  


Mengonsumsi chia seed juga diyakini membantu menurunkan berat badan dan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Selain itu, mengonsumsi chia seed juga mampu berperan dalam proses detoksifikasi tubuh, memperlancar pencernaan, dan baik bagi penderita diabetes untuk menjaga gula darah tetap stabil. Tak heran jika chia seed sering ada di dalam menu-menu sarapan kilat atau sebagai hidangan penutup yang sederhana dan bergizi.

  

Untuk mengolahnya pun tidak terlalu sulit. Dengan tambahan beberapa bahan makanan sehat lainnya, kamu bisa menyulapnya jadi Mango Chia Pudding yang bisa jadi menu cemilan sehat penunda laparmu di saat harus lembur. Psst… bahkan menu ini bisa diaplikasikan juga untuk kamu yang sedang diet keto. Cobain, deh!


Resep Diet Keto: Mango Chia Pudding

Waktu persiapan: 10 menit

Hasil: dua gelas


Bahan-bahan:

Untuk pure mangga:

* 1 buah mangga potong dadu


Untuk puding:

* 3 sendok makan biji chia

* 1 cangkir santan kaleng full-fat

* 1-2 sendok makan sirup maple (secukupnya)

* 1/4 sendok teh ekstrak vanili

* 1-2 sendok makan susu tambahan, jika diinginkan

* Untuk hiasan: pisang, serpihan kelapa


Cara Membuat:

  1. Pertama, buat pure mangga. Masukkan mangga ke dalam blender, dan blender sampai halus, tambahkan air sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa menggunakan mangga beku dan mencairkannya sebelum dicampur. Sisihkan pure mangga.
  2. Aduk chia seed, santan, sirup maple, dan ekstrak vanili di dalam mangkuk berukuran sedang.
  3. Diamkan campuran selama sekitar 5 menit hingga mengental. Tambahkan susu tambahan untuk mengencerkan konsistensi (sesuai selera).
  4. Dalam dua toples saji, lapisi pure mangga dengan puding chia.
  5. Tutupi puding mangga dan dinginkan selama minimal 4 jam.
  6. Sebelum disajikan, hiasi dengan pisang dan serpihan kelapa.

Catatan:

*Agar resep ini keto-friendly bagimu, gunakan pemanis favoritmu untuk pengganti sirup maple. 


Diet keto (atau diet rendah karbo) biasanya selain meniadakan asupan karbohidrat, juga mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis, sehingga kadang bisa membuatmu rentan mengalami hipoglikemia (kondisi di mana kadar gula darah menurun drastis), lho!


Untuk menghindari terjadinya kondisi tersebut, glukosa yang terdapat dalam karbohidrat sebagai penghasil energi sebenarnya dapat diganti dengan pengganti gula yang 0 kalori. Salah satunya ialah produk pemanis buatan 0 kalori yang mengandung sukralosa. Sukralosa tidak seperti gula karena tubuh tidak memecahnya menjadi kalori untuk energi. Akan tetapi, baik gula dan sukralosa mampu mengaktifkan rangsangan yang sama di lidah. 


Informasi Nutrisi: 

Jumlah Per Penyajian: 

KALORI: 333 

TOTAL LEMAK: 21g 

LEMAK SATURASI: 17g 

LEMAK TRANS: 0g 

LEMAK TAK JENUH: 3g 

KOLESTEROL: 1mg 

SODIUM: 75mg 

KARBOHIDRAT: 36g 

SERAT: 7g 

GULA: 23g 

PROTEIN: 4g

Comments (0)

Leave a comment