Manfaat Nutrisi Kuning Telur Bagi Tubuh

Telur seringkali jadi menu andalan, tak hanya untuk sarapan tapi juga di hampir setiap masakan. Meski begitu, banyak juga yang menganggap telur, terutama bagian kuningnya sebagai momok karena berkolesterol tinggi. Benar nggak, sih?

 

Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Rachel Olsen B.Sc., sebagai sumber nutrisi penting, telur telah banyak digunakan di seluruh dunia untuk mendukung kebutuhan gizi manusia. Telur memberikan nutrisi seimbang dengan kandungan protein esensial, lemak, vitamin, mineral, dan senyawa bioaktif.

 

Namun di sisi lain, telur juga mengandung sejumlah besar kolesterol molekul lipid yang dianggap berperan dalam perkembangan penyakit kardiovaskular.

 

Lalu apakah peningkatan konsumsi telur akan menyebabkan peningkatan kolesterol?

 

Wow! Nutrisi Telur Tersembunyi: 5 Manfaat Untuk Kesehatan - Garisatu.com

 

Yuk, simak kandungan nutrisi kuning telur yang ada di dalam telur rebus!

 

Telur rebus berukuran sedang (50 g) mengandung 78 kkal energi, 6,29 g protein, 0,56 karbohidrat g, dan 5,3 g total lemak, yang 1,6 g jenuh, 2,0 g tak jenuh tunggal, 0,7g tak jenuh ganda, dan 186 mg kolesterol.

 

Berbagai Manfaat Telur bagi Kesehatan - Artikel Kesehatan - Kesekolah.com

 

Adapun mikronutrien telur mengandung berbagai mineral (kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan zinc) dan sebagian besar vitamin (thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K), kecuali vitamin C. Beberapa nutrisi ini, seperti zinc, vitamin A, vitamin D, dan vitamin E, mungkin tidak cukup dalam diet orang Indonesia.

 

Nah, walaupun telur banyak kandungan gizi dalamnya, Rachel menyarankan untuk memperhatikan porsi yang kita makan setiap hari. Menurut Rachel, makan 2 butir telur setiap hari dapat meningkatkan resiko kolesterol tinggi dan perlu diwaspadai karena bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Sementara penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makan satu butir telur setiap hari tidak akan menimbulkan masalah terkait penyakit jantung dan kolesterol. Itu sebabnya cukup konsumsi maksimal 1 butir telur saja setiap hari.

 

Jangan lupa juga mengonsumsi YOUVIT Omega-3 Adults yang bisa dikonsumsi bareng dengan YOUVIT Multivitamin Adults agar kesehatan tubuhmu lebih maksimal. Omega-3 berfungsi untuk kesehatan jantung, otak, mata, serta berperan penting dalam memerangi stres psikologis, lho!

 

Comments (0)

Leave a comment