Article Detail

Sambut Tahun Tikus Logam dengan Jalani #8VitHabits

Sudah menjadi tradisi dalam budaya Tionghoa untuk merayakan Tahun Baru Imlek dengan sejumlah kuliner khas yang disajikan dalam perayaan tahun baru tersebut. Kuliner khas atau hidangan tersebut biasanya diyakini memiliki makna tersembunyi yang mengandung doa dan harapan. 

 

Nah, selain dianggap memiliki makna yang baik dalam budaya Tionghoa, tentunya hidangan tersebut juga sehat bagi tubuhmu. Yuk, simak 8 buah-buahan dan sayur-sayuran yang menurut Rachel Olsen, Nutrition Expert YOUVIT bisa kamu hidangkan dan santap bersama keluarga saat merayakan Tahun Baru Imlek 2020 yang jatuh pada tanggal 25 Januari mendatang!

 

1. Jeruk Mandarin 

 

Image result for jeruk mandarin"

 

Jeruk Mandarin dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran. Itu sebabnya, jeruk Mandarin jadi buah yang wajib dihidangkan di atas meja saat perayaan Imlek. Lebih baik lagi jika jeruk yang dihidangkan masih memiliki daun, karena daun melambangkan panjang umur.

 

Selain membawa keberuntungan, kemakmuran, dan panjang umur, buah jeruk Mandarin juga kaya akan vitamin C. Kandungannya mencapai 30mg dalam satu buah jeruk kecil dan tentunya akan meningkatkan imunitas tubuhmu sepanjang tahun.

 

2. Apel 

 

Image result for apel"

 

Dalam bahasa Tionghoa, apel disebut "ping" yang berarti “harmoni”. Itu sebabnya, apel sering dianggap sebagai simbol untuk membawa kedamaian bagi siapapun yang ada di sekitarnya. Bahkan buah ini di negara Tiongkok dianggap sebagai buah mewah, lho! Hal ini disebabkan karena beberapa jenis apel hanya tumbuh di Korea dan Jepang. Itu sebabnya, Tiongkok harus mengimpor jenis apel itu. 

 

Satu buah apel memiliki 3g serat yang membantu meningkatkan bakteri baik di ususmu.

 

3. Alpukat

 

Image result for alpukat"

 

Warna alpukat yang didominasi oleh warna hijau dan ungu ini melambangkan "kemakmuran". Alpukat juga dianggap sebagai buah yang baik untuk meningkatkan vitalitas dan membantu mengeluarkan sisi terbaik dari dirimu. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung lemak Omega-3 yang menjadi salah satu suplemen alami anti-peradangan dan menjaga kondisi pembuluh darah serta sistem peredaran darah dalam tubuh.

 

4. Brokoli

 

Image result for brokoli"

 

Warna hijau terang yang dimiliki brokoli mencerminkan alam, kebahagiaan, dan juga aktifnya hidup. Pikiran kita pasti langsung merasa nyaman ketika berada  di dekat alam dan menyatu dengannya, kan? 

 

Selain memberikan nuansa ‘kehidupan’, mengonsumsi brokoli juga bisa membantu kita mencegah sel kanker yang mematikan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung senyawa yang disebut sulforaphane yang dapat memangkas jumlah sel induk kanker positif hingga 80 persen. Senyawa ini juga dapat mengurangi ukuran tumor sampai 75 persen, bahkan pertumbuhannya bisa berhenti.

 

5. Terong

 

Image result for terong"

 

Sayuran ini seringkali diasosiakan dengan manfaatnya yang "luar biasa” dan menjadi simbol inspirasi untuk selalu melakukan yang terbaik dalam segala hal. Mengapa? Karena terong kaya akan vitamin B kompleks yang berfungsi membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh. Terong juga merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung kalsium, mineral, kaya serat, bioflavonoid, serta vitamin K. Itu artinya terong dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan, mencegah diabetes, anemia, dan memperkuat serta mempertahankan kekuatan sendi dan tulang.

 

6. Bok Choy

 

Image result for bok choy"

 

Sayur bok choy atau pak choi atau pok choi ini merupakan sejenis kubis yang berasal dari Negeri Tiongkok. Bok choy yang memiliki sedikit warna kemerahan ini melambangkan umur panjang. 

 

Bahkan sayur bok choy memiliki kandungan vitamin A hingga 120% AKG per 100g. Itu artinya sayur ini merupakan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu bok choy juga kaya akan kandungan mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan zinc yang bagus untuk meningkatkan kepadatan struktur tulang sehingga tulang menjadi kuat dan sehat. 

 

7. Anggur

 

Image result for anggur"

 

Buah ini melambangkan "kekayaan" karena sering dikonsumsi oleh anggota kekerajaan sejak jaman prasejarah. Pigmen ungu dalam buah anggur mengandung senyawa polifenol antioksidan yang disebut anthocyanin. Senyawa ini berfungsi memberikan perlindungan pada tubuh dari penyakit dan kerusakan akibat faktor lingkungan, serta membantu melawan radikal bebas.

 

8. Kubis Putih

 

Image result for white cabbage"

 

Sayuran ini sering dikaitkan dengan “kemurnian” dan banyak digunakan dalam masakan ala Negeri Tiongkok. Dalam secangkir kubis putih hanya mengandung 33 kalori. Hal ini menjadikannya salah satu makanan paling rendah kalori yang dapat membuat perutmu kenyang, menstabilkan berat badan, dan juga indeks massa tubuh.



Semoga #8VitHabits dari YOUVIT dapat terus terhidang di meja makanmu sepanjang tahun ya!