Cegah Maag, Cari Tahu Penyebab Asam Lambung Naik

Cegah Maag, Cari Tahu Penyebab Asam Lambung Naik

youvit_penyebab_asam_lambung_naik

Bagi kamu yang suka terlambat makan atau stres pasti sudah akrab dengan GERD, atau asam lambung naik. Umumnya, penyakit ini ditandai dengan adanya nyeri dada di bagian tengah, regurgitasi cairan atau makanan (cairan atau makanan yang naik dari lambung ke kerongkongan disertai rasa mual atau kontraksi otot perut yang sangat kuat), atau peradangan pada kerongkongan yang dapat menyebabkan seseorang kesulitan menelan. Selain itu, penderita GERD dapat mengalami kondisi lainnya juga seperti batuk, suara serak, dan sesak.

 

Sebenarnya apa sih penyebab asam lambung naik? 

 

Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, faktor risiko yang jadi penyebab asam lambung naik ini ada beberapa macam; misalnya: kegemukan pada bagian tengah tubuh, merokok, dan kecenderungan genetik. 

 

Lalu, bagaimana mengatasinya? Menurut Aisya, penderita GERD dapat melakukan terapi penekan asam lambung dan perubahan gaya hidup, kemudian dilanjutkan dengan pemberian obat-obatan yang sesuai dengan kondisinya. 

 

Perubahan gaya hidup yang umumnya direkomendasikan untuk mengatasi penyebab asam lambung naik biasanya perubahan dalam diet, manajemen berat badan, berhenti merokok, dan menempatkan kepala dengan posisi yang tepat (kepala lebih tinggi dibandingkan dengan posisi badan) pada saat berbaring.

 

Nah, karena GERD sangat berkaitan erat dengan makanan yang kita konsumsi, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah penyebab asam lambung naik: 

 

1. Hindari makanan berlemak

 

 

Makanan yang tinggi kandungan lemak, terutama yang termasuk makanan yang digoreng atau berminyak, memiliki kaitan yang sangat erat dengan semakin buruknya gejala GERD. Sebaiknya seseorang yang memiliki atau ingin menghindari GERD untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak karena semakin banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dapat menimbulkan iritasi pada lambung yang menyebabkan munculnya kondisi refluks. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti proses pengolahan makan sehari-hari dengan mengurangi mengkonsumsi makanan dengan cara digoreng.

 

2. Konsumsi serat

 

Kurang Konsumsi Serat Akibat Kesalahan Ini

 

Mengonsumsi serat yang bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan dapat memperbaiki kondisi lambung yang mengalami iritasi.

 

3. Mengatur pola makan dengan baik

 

Begini 5 Cara Atur Pola Makan saat Puasa yang Bisa Kurangi ...

 

Anjuran beberapa studi agar seorang dengan kondisi GERD mengatur pola makan dengan baik dengan selalu mengonsumsi makanannya di awal jam makan (tidak terlambat makan). Selain itu, pengaturan porsi dengan pola konsumsi porsi kecil tapi sering juga menjadi solusi agar tidak memperparah kondisi GERD.

 

Selamat mencoba dan supaya badan tetap fit jangan lupa untuk selalu mengonsumsi YOUVIT Gummy Multivitamin #1gummysetiaphari ya!