Manfaat Omega-3 untuk Dewasa

Manfaat Omega-3 untuk Dewasa

youvit_manfaat_omega-3_untuk_dewasa

Manfaat omega-3 untuk dewasa bagi kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Jenis asam lemak sehat ini tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan jantung tapi juga otak. 

 

Omega-3 merupakan sejenis asam lemak esensial, yang terdiri dari EPA (Asam Elicosapentaenoic) dan DHA (Asam Docosahexaenoic), yaitu dua jenis asam yang banyak terdapat pada otak. 

 

Bahkan menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, RD, omega-3 merupakan komponen paling penting bagi kesehatan jika dibandingkan dengan asam-asam lemak lainnya. 

 

Hal ini dikarenakan omega-3 memiliki efek anti peradangan, anti penggumpalan darah, juga baik bagi sistem saraf pusat dan otak, serta dapat mencegah CVD (Cardio Vascular Disease). Apalagi otak merupakan salah satu organ penting yang mengendalikan semua sistem dalam tubuh. Oleh karena itu, menjaga kesehatan otak sama pentingnya seperti menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. 

 

Berikut beberapa manfaat omega-3 untuk dewasa: 

 

1. Membantu Memperbaiki Aliran Darah dan Pembentukan Sel Otak Baru

 

Omega-3 fatty acids, DHA and EPA, are crucial for brain health through all  stages of life | DrFuhrman.com

 

EPA dan DHA yang terkandung dalam omega-3, merupakan zat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan plak pada pembuluh darah. Itulah mengapa banyaknya asupan omega-3 dalam tubuh dapat membantu memperbaiki aliran darah di otak dan juga jantung. Dengan lancarnya aliran darah menuju otak, maka pembentukan sel-sel baru pada otak pun akan ikut membaik.

 

Asam lemak omega-3 dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk otak, karena terlibat dalam banyak proses pembentukan otak, mampu memengaruhi ekspresi gen, stres oksidatif, aliran darah, tingkat neurotransmitter, dan proses dalam otak lainnya seperti produksi neuron baru.

 

2. Membantu Mengatasi Depresi

 

5 Cara Mengatasi Depresi | Kesehatan

 

Ada studi yang mengatakan bahwa asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kelancaran aliran darah di otak. Pada orang yang mengalami depresi, kondisi aliran darah ke otak seringkali ditemukan kurang lancar. Itu sebabnya, asam lemak omega-3 dianggap baik sebagai pencegahan depresi atau gangguan mood secara alami. Zat yang terkandung dalam omega-3 juga dapat meningkatkan efektivitas beberapa obat antidepresan. Itulah yang mungkin membuat omega-3 dapat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit kejiwaan, seperti salah satunya depresi.

 

Namun untuk cara kerja dan seberapa besar efektivitas perlu ada lebih banyak penelitian lainnya.

 

3. Menurunkan Risiko Demensia dan Alzheimer

 

Penyakit Demensia Tidak Bisa Dihindari Tapi Dikurangi Risikonya, Ini  Tipsnya – Good Doctor | Tips Kesehatan, Chat Dokter, Beli Obat Online

 

Seiring bertambahnya usia, volume otak manusia akan semakin menyusut. Itulah mengapa orang yang berusia lanjut rentan terkena penyakit yang berkaitan dengan ingatan seperti demensia dan alzheimer. Namun, berbagai penelitian menunjukkan bahwa asupan omega-3 yang cukup akan membantu mencegah penyusutan otak dan menurunkan risiko penyakit-penyakit tersebut.

 

Hal ini juga dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh South Dakota Sanford School of Medicine, pada 1.111 wanita yang berusia rata-rata 70 tahun yang juga tidak memiliki tanda-tanda demensia. Hasilnya, wanita yang memiliki EPA dan DHA tinggi, memiliki otak dengan ukuran 2 sentimeter kubik lebih besar, dibanding mereka yang kadar EPA dan DHA nya rendah.



Karena merupakan asam lemak tak jenuh, omega-3 bukanlah zat yang bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, sehingga hanya bisa didapat dari makanan, seperti ikan-ikanan (1.000 mg / 1 ekor ikan ukuran besar), telur omega-3 (1.000 mg / 2 butir), dan kacang-kacangan (700 mg / 1 genggam tangan). Aisya menyebutkan bahwa kebutuhan orang dewasa akan omega-3 berkisar antara 1.100 mg (perempuan dewasa) hingga 1.500 mg (pria dewasa) per hari. Itu artinya asupan omega-3 setiap hari dari makanan biasanya tidak pernah tercukupi. Namun masalah ini dapat diatasi dengan mengonsumsi suplementasi omega-3, yang mana fungsinya adalah untuk melengkapi zat gizi harian yang kurang dari makanan.

 

Kini ada YOUVIT Omega-3 untuk dewasa dalam bentuk gummy yang praktis yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan jantung. Konsumsi sebanyak 1 gummy per hari setelah makan, bersamaan dengan YOUVIT Multivitamin untuk memaksimalkan imunitas tubuh dan meningkatkan fungsi kerja omega-3. Dengan rasa jeruk yang enak dan dalam bentuk gummy membuat konsumsi suplemen omega-3 menjadi pengalaman yang baru, menyenangkan, dan tak terlupakan.

 

Omega 3

 

Tingkatkan kesehatan otak dan jantungmu untuk hidup yang lebih aktif dengan YOUVIT Omega-3 Dewasa dan #DengarkanKataJantungmu!