6 Makanan dengan Manfaat Kesehatan untuk Meningkatkan Produksi Kolagen Alami

6 Makanan dengan Manfaat Kesehatan untuk Meningkatkan Produksi Kolagen Alami

youvit_sumber_kolagen_dengan_manfaat_kesehatan

Kolagen merupakan protein yang ada pada kulit yang berfungsi membentuk struktur dan menjaga elastisitas kulit. Kadar kolagen bisa menurun seiring dengan berjalannya waktu atau karena gaya hidup yang kurang sehat, seperti kurang tidur, kurang asupan nutrisi dan air, sering terpapar sinar matahari dan polusi udara, merokok, atau konsumsi alkohol dapat membuat kolagen pada kulit semakin menipis.

 

Salah satu cara mencegahnya, menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, RD, adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen. Berikut 6 makanan dengan manfaat kesehatan untuk meningkatkan produksi kolagen alami pada kulit:

 

1. Ikan-ikanan

 

Waduh, Harga Ikan Ikut-Ikutan Naik | Republika Online

 

Segala jenis ikan, terutama ikan laut mengandung kolagen yang cukup tinggi, khususnya di bagian tulang. Rajin mengonsumsi daging ikan-ikanan, baik dikukus, bakar, atau goreng karena merupakan sumber kolagen dan tentu saja protein.

 

2. Kaldu tulang

 

Manfaat Kaldu Tulang bagi Kesehatan

 

Kaldu dari tulang tak hanya memiliki rasa yang nikmat, melainkan juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kaldu yang dibuat sendiri di rumah biasanya mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamina, asam amino, hingga kolagen. Kandungan ini akan membuat tubuh menghasilkan kadar kolagen dalam jumlah banyak.

 

3. Daging ayam

 

5 Cara Menyimpan Daging Ayam agar Awet Tidak Bau Busuk

 

Bagian tubuh ayam yang paling banyak digunakan untuk menghasilkan kolagen di dalam tubuh adakah leher dan juga tulang rawan. Konsumsi daging ayam dan juga kaldu dari tulang dan kulit ayam. Kaldu bisa dicampur dengan beberapa daging untuk membuat makanan.

 

4. Sayuran berdaun hijau

 

Ini Macam-macam Sayuran Berwarna Hijau dan Manfaatnya untuk Kesehatan - Hot  Liputan6.com

 

Sayuran hijau berdaun tak hanya berfungsi sebagai penyuplai serat, melainkan juga mengandung antioksidan bernama klorofil. Antioksidan ini baik untuk tubuh karena bisa menjaga sel dan membuat produksi kolagen jadi meningkat. Berbagai jenis sayuran hijau bisa dipakai untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Coba konsumsi sawi, bayam, dan pak choy yang baik untuk meningkatkan kadar kolagen secara alami.

 

5. Buah-buahan (Citrus, Alpukat, Buah Beri)

 

Ini Manfaat Buah Sitrus untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

 

Buah-buahan, terutama jeruk dapat mengatasi masalah produksi kolagen tubuh yang sangat rendah. Jeruk mengandung cukup banyak vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh khususnya dalam hal membantu merangsang pembentukan kolagen. Itulah kenapa beberapa produk perawatan kulit banyak menggunakan vitamin C sebagai salah satu komponennya.

 

6. Putih telur

 

Biarpun Rasanya Tawar, Diet Putih Telur Boleh Kenyangkan Perut & Jadikan  Badan Kurus! - MASKULIN

 

Putih telur mengandung nutrisi bernama proline yang merupakan asam amino untuk merangsang pembentukan kolagen. Konsumsi putih telur secara rutin sekitar 1-2 butir setiap harinya. Lebih baik mengolah putih telur dengan cara direbus daripada digoreng agar mudah dikunyah dan tidak menambah lemak ke dalam makanan.

 

 

YOUVIT x ERHA Luncurkan Gummy Multivitamin dengan Kandungan Kolagen dan  Vitamin C untuk Dewasa

 

Kini ada YOUVIT x ERHA Collagen Gummy yang merupakan perpaduan suplemen kolagen dan vitamin C dalam format gummy (jelly kunyah) kualitas premium. YOUVIT x ERHA Collagen Gummy mengandung 1000 mg kolagen dan vitamin C yang akan menutrisi kulit dari dalam, mengurangi garis-garis halus, dan menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tampak lebih muda dengan hanya mengonsumsi dua gummy setiap hari. Dilengkapi rasa stroberi yang enak dan gummy berbentuk mawar yang cantik akan membuat konsumsi suplemen kolagen menjadi pengalaman yang baru, menyenangkan, dan tak terlupakan!