Jadikan 6 Cara Menjaga Kesehatan Jantung ini Kebiasaan Sehari-harimu

Jadikan 6 Cara Menjaga Kesehatan Jantung ini Kebiasaan Sehari-harimu

youvit_cara_menjaga_kesehatan_jantung

Jantung kita bekerja keras seumur hidup. Itu sebabnya, dengan membuat perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari kita dapat membuat perbedaan nyata pada kesehatan jantung. 

 

Donald Lloyd-Jones, MD dari Sekolah Kedokteran Feinberg Universitas Northwestern mengungkapkan bahwa, "Orang-orang yang mengikuti cara-cara menjaga kesehatan jantung ini tidak hanya hidup lebih lama, tetapi mereka juga menghabiskan lebih banyak waktu sehat, tanpa penyakit kardiovaskular."

 

Jadi apa saja? Yuk, simak cara menjaga kesehatan jantung yang harus kamu jadikan kebiasaan sehari-hari!

 

1. Tidur minimal 7 jam setiap hari

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang tidur 7 jam semalam memiliki lebih sedikit kalsium di arteri mereka (tanda awal penyakit jantung) daripada mereka yang tidur 5 jam kurang atau mereka yang tidur 9 jam lebih. Itu sebabnya, jangan tidur berlebihan dan jangan juga kurang tidur. 

 

2. Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral yang baik. Sayuran dan buah-buahan juga rendah kalori dan kaya akan serat. Sayuran dan buah-buahan, seperti tanaman lain atau makanan nabati, mengandung zat yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

 

Makan lebih banyak buah dan sayuran dapat membantu kita mengurangi konsumsi makanan berkalori yang lebih tinggi, seperti daging, keju, dan junk food

 

3. Cegah tekanan darah tinggi

Jika tekanan darah terlalu tinggi, hal ini berisiko merusak dinding arteri dan menciptakan jaringan parut. Tekanan darah tinggi membuat darah dan oksigen lebih sulit untuk sampai ke dan dari hati. Jantung harus memompa lebih keras dan lebih cepat kelelahan. Jika tidak bisa mendapatkan oksigen yang cukup, seluruh organ tubuh kita perlahan-lahan bisa bermasalah.

 

4. Pilih unggas dan ikan ketimbang daging merah

Unggas dan ikan memiliki lemak jenuh yang jauh lebih sedikit kolesterolnya daripada daging merah, seperti daging sapi dan kambing. Selain itu banyak jenis ikan, terutama salmon, kembung, dan ikan cakalang mengandung asam lemak tak jenuh Omega-3 yang membantu memperkuat otot jantung.

 

5. Rutin berolahraga

Usahakan untuk melakukan olahraga secara rutin, minimal 75-150 menit latihan aerobik setiap minggunya. Sering latihan aerobik membantu mencegah aterosklerosis, sehingga sangat mengurangi risiko penyakit jantung.

 

6. Konsumsi Suplemen Omega-3

Jangan lupa juga mengonsumsi YOUVIT Omega-3 Adults yang bisa dikonsumsi bareng dengan YOUVIT Multivitamin Adults agar kesehatan tubuhmu lebih maksimal. Omega-3 berfungsi untuk kesehatan jantung, otak, mata, serta berperan penting dalam memerangi stres psikologis, lho!