Kenali Perbedaan Gejala Serangan Jantung pada Pria dan Wanita

Kenali Perbedaan Gejala Serangan Jantung pada Pria dan Wanita

youvit_gejala_serangan_jantung

Penyakit jantung tak mengenal usia atau pun gender, bisa terjadi pada pria maupun wanita. Meski demikian, ternyata gejala serangan jantung antara pria dan wanita berbeda. Yuk, kenali seperti apa gejala serangan jantung yang umum terjadi serta perbedaan antara gejala serangan jantung pada pria dan wanita agar dapat mengantisipasinya!

 

 Beberapa Gejala Serangan Jantung yang Tak Boleh Disepelekan dan  Pencegahannya

 

Gejala Serangan Jantung Umum

  1. Rasa sakit, nyeri atau tidak nyaman di tengah dada. Nyeri menjalar ke lengan kiri, bahu, punggung, leher terasa tercekik atau terasa ngilu pada rahang bawah. Penjalaran rasa nyeri juga kadang hingga ke lengan kanan atau bahkan kedua lengan.

  2. Sesak napas.

  3. Mual, muntah, atau keluar keringat dingin.

  4. Pusing, atau hingga pingsan.

 

Gejala Serangan Jantung pada Pria

Risiko serangan jantung pada kaum pria meningkat secara signifikan setelah menginjak usia 40 tahun. Sejarah penyakit jantung pada keluarga serta faktor risiko lainnya, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, dan kelebihan berat badan dapat meningkatkan risikonya. 

 

Berikut gejala serangan jantung paling umum terjadi pada pria:

  1. Pusing disertai perasaan akan pingsan.

  2. Berkeringat dingin dan detak jantung tidak teratur.

  3. Rasa tidak nyaman pada lambung, seperti gangguan pencernaan.

  4. Napas pendek atau sesak napas

  5. Nyeri pada dada dan beberapa bagian tubuh seperti lengan, bahu kiri, punggung, leher, atau rahang.

 

Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Gejala serangan jantung juga bisa terjadi pada wanita. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Journal Circulation terhadap 515 wanita yang mengalami serangan jantung, gejala yang dilaporkan ternyata tidak meliputi nyeri dada, yang umum terjadi. 

 

Gejala pada wanita meliputi kelelahan yang tidak biasa, gangguan tidur, dan kecemasan. Hampir 80 persen melaporkan setidaknya mengalami satu gejala atau lebih sebulan sebelum mengalami serangan jantung. 

 

Berikut beberapa gejala serangan jantung yang terjadi pada wanita:

  1. Kelelahan tidak wajar selama beberapa hari atau kelelahan tiba-tiba yang parah.

  2. Mual dan muntah.

  3. Sakit punggung bagian atas, bahu, atau tenggorokan.

  4. Pusing dan sesak napas.

  5. Nyeri dada seperti tertekan yang menyebar ke rahang.

  6. Rasa cemas dan gangguan tidur.

  7. Gangguan pencernaan.

 

Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, RD, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung pada pria maupun wanita. Beberapa faktor tersebut di antaranya adalah hipertensi, kolesterol tinggi, obesitas, diabetes melitus, adanya riwayat keluarga yang mengalami penyakit jantung, usia, dan pola hidup, seperti kebiasaan merokok, pola makan yang tidak sehat, dan konsumsi alkohol yang berlebihan.

 

Baca juga: 5 Langkah Berhenti Merokok Yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

 

Kini ada YOUVIT Omega-3 untuk dewasa dalam bentuk gummy yang praktis yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan jantung. Konsumsi sebanyak 1 gummy per hari setelah makan, bersamaan dengan YOUVIT Multivitamin untuk memaksimalkan imunitas tubuh dan meningkatkan fungsi kerja omega-3. Dengan rasa jeruk yang enak dan dalam bentuk gummy membuat konsumsi suplemen omega-3 menjadi pengalaman yang baru, menyenangkan, dan tak terlupakan.

 

Tingkatkan kesehatan otak dan jantungmu untuk hidup yang lebih aktif dengan YOUVIT Omega-3 Dewasa dan #DengarkanKataJantungmu!