5 Langkah Berhenti Merokok yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

5 Langkah Berhenti Merokok yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

youvit_berhenti_merokok

Merokok berisiko tinggi bagi kesehatan, namun untuk menghentikan kebiasaan buruk ini tentu saja tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak yang mencobanya, tak sedikit pula yang gagal. Itu sebabnya, para ahli melakukan berbagai penelitian untuk mencari cara ampuh berhenti merokok. 

 

Apalagi sudah banyak penyakit akibat rokok yang telah merenggut 235 ribu jiwa per tahun di Indonesia. 

 

Berikut beberapa cara yang sudah terbukti secara ilmiah dapat membantumu berhenti merokok! 

 

1. Tentukan Tanggal Berhenti

 

Ini Tahapan Kondisi Tubuhmu Setelah Berhenti Merokok, dari 20 ...

 

Pilih tanggal untuk berhenti merokok dan buat itu menjadi momen yang spesial. Justru dengan merencanakan dan membicarakan rencana ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat, kamu lebih siap dibandingkan dengan berhenti begitu saja.

 

2. Tulis Pengalaman Merokok

 

The Joy of Journaling for Families - Detroit and Ann Arbor Metro ...

 

Tuliskan satu per satu hal-hal apa saja yang membuatmu ingin merokok dan deskripsikan pengalamanmu saat hal itu terjadi. Ketika kamu sudah menemukan aktivitas dan hal-hal yang menunjangmu saat merokok, tentunya akan lebih mudah untuk membuat strategi bagaimana menghindarinya.

 

Contohnya, saat merokok kamu terbiasa melakukannya sambil menikmati secangkir kopi hangat. Coba ganti dengan mengonsumsi secangkir teh hijau, sehingga merokok tidak lagi ada di dalam daftar kegiatanmu.

 

3. Cari Terapis

 

First Therapy/Counselling Session — Banana Tree Log

 

Melakukan konseling dengan terapis yang telah ahli di dalam bidang ini tentunya akan sangat membantu perjuanganmu dalam berhenti merokok.

 

Kalau kamu tidak suka pergi ke terapis, kamu bisa mencoba mencari dukungan lainnya, seperti orang-orang terdekat yang juga pernah atau sedang mengalami hal yang sama denganmu atau komunitas online yang memiliki hobi sama sehingga pikiranmu untuk merokok bisa teralihkan.

 

4. Lakukan Olahraga Ringan

 

5 Gerakan Olahraga Ringan Saat Datang Bulan

 

Biasanya, keinginan untuk merokok hanya bertahan 5-10 menit, jadi sebaiknya kamu menemukan hal lain untuk dilakukan sepanjang waktu tersebut. Mencari pengalih yang sehat seperti jalan santai jauh lebih efektif dan tentunya mengurangi stres, dibandingkan kamu hanya duduk berdiam diri dan menunggu keinginan merokok itu pergi.

 

5. Hindari Pemicu

 

Tips Berhenti Merokok: Jika Alkohol dan Kafein Membuat Ada Ingin ...

 

Sebisa mungkin, coba hindari faktor atau kebiasaan yang dapat membuatmu kembali merokok, seperti berkumpul dengan sesama perokok, minum kopi, atau minum minuman keras. Jika terbiasa merokok setelah makan, kamu bisa mencari cara lain sebagai pengganti, seperti mengunyah permen karet atau menggosok gigi.