Kenali Panduan Makan Gizi Seimbang “Isi Piringku” dari Kemenkes RI

Dulu, slogan “4 Sehat 5 Sempurna” tentu akrab dalam kehidupan kita sebagai sebuah slogan untuk makan sehat, dimulai dari makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan tak lupa susu untuk menjadikannya sempurna.

 

Zaman berganti, penelitian mengenai nutrisi pun semakin berkembang. Kini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memperkenalkan metode makan baru dengan gizi seimbang, yaitu "Isi Piringku".

 

Lalu, apa perbedaannya dengan "4 Sehat 5 Sempurna” dan mengapa slogan ini sudah tidak lagi digunakan? 

 

Apa Bedanya 4 Sehat 5 Sempurna Dengan Isi Piringku?

 

"Isi Piringku" menekankan pada berapa banyak porsi makanan yang ideal, menggunakan perumpamaan sajian dalam satu piring.

Menurut Nutrition Expert YOUVIT Rachel Olsen B.Sc. dan Puteri Aisyaffa S. Gz, slogan “4 Sehat 5 Sempurna” bukan “tidak digunakan lagi, akan tetapi konsep tersebut disempurnakan menjadi Pedoman Gizi Seimbang (PGS), karena 4 alasan berikut ini:

  1. Membutuhkan penekanan pesan yang lebih menyeluruh.
    Selain menjelaskan tentang makanan (yang pedomannya dapat dilihat pada Isi Piringku), tetapi PGS juga menerangkan lebih lanjut terkait pentingnya melaksanakan aktivitas fisik, menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), serta memantau berat badan.

  2. Susu bukanlah penyempurna makanan kita sehari-hari.
    Sebaiknya, fokus untuk mengkonsumsi makanan yang bervariasi seperti sayuran, protein, dan buah-buahan, karena mengandung zat gizi yang sama, bahkan lebih besar, seperti kandungan yang ada pada susu.

  3. Pada “4 Sehat 5 Sempurna” tidak dijelaskan pembagian porsi makan yang sesuai untuk dikonsumsi sehari-hari.
    Pada Pesan Gizi Seimbang (PGS), seluruh informasi terkait porsi (baik porsi karbohidrat, protein, lemak, protein, sayur, dan buah), dijelaskan dengan sebaik mungkin.

  4. Pada PGS dijelaskan bahwa kita harus mengkonsumsi air mineral sebanyak 8 gelas dalam 1 hari.
    Sedangkan pada konsep “4 Sehat 5 Sempurna” masih belum disebutkan konsumsi air mineral yang tepat sehari-harinya. Maka, disempurkanlah pesannya melalui PGS.

 


Seperti Apa Panduan Makan Gizi Seimbang "Isi Piringku"?

 

Berikut panduan makan gizi seimbang "Isi Piringku" yang resmi dikeluarkan oleh Kemenkes RI:

 

pedoman gizi seimbang isi piringku pengganti 4 sehat 5 sempurna 

 

Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Rachel Olsen B.Sc. dan Puteri Aisyaffa S. Gz, konsep Isi Piringku juga dapat digunakan sebagai acuan sajian sekali makan.

 

Panduan makan sehat tersebut mengharuskan adanya karbohidrat (seperti nasi, mie, kentang, ubi, singkong, roti, dsb), protein (baik protein nabati maupun protein hewani), sayur-sayuran, dan juga buah-buahan. Jadi, satu piring makan terdiri dari 50% asupan sayur-sayuran dan buah-buahan, sedangkan 50% lainnya merupakan karbohidrat dan protein.

 

Tujuan dari penerapan konsep “Isi Piringku” ini adalah agar makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat bervariasi dan memiliki gizi yang seimbang sehingga mampu menjaga berat badan ideal seseorang.

 

Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai “Isi Piringku”, simak apa kata Nutrition Expert YOUVIT Rachel Olsen B.Sc. dan Puteri Aisyaffa S. Gz melalui video ini, yuk!

 

 

Nah, selain memerhatikan isi piringmu setiap hari, jangan lupa untuk selalu konsumsi YOUVIT Multivitamin #1gummysetiaphari dengan rasa mix berry yang enak dan praktis dikonsumsi agar badan tetap fit, ya!

Comments (0)

Leave a comment