Cegah Corona, Ini Cara Cuci Tangan 6 Langkah yang Baik dan Benar

Penyebaran virus corona telah menjadi perhatian dunia, termasuk Indonesia. Saat pada akhirnya virus ini masuk ke Indonesia, masyarakat langsung memborong masker, hand sanitizer, tisu basah, dan disinfektan untuk melindungi diri dari virus ini. Namun, apakah hal-hal tadi dapat benar-benar melindungi kita dari virus ini? 

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan juga pemerintah Indonesia melalui Kemenkes RI menyarankan langkah perlindungan dasar yang tepat terhadap virus corona dan langkah utama yang disarankan bukan menggunakan masker, membersihkan tangan dengan hand sanitizer, tisu basah, atau disinfektan, melainkan dengan mencuci tangan sesering mungkin! 

 

Kenapa Cuci Tangan Adalah Cara Paling Ampuh Cegah Virus Corona? 

 

Mencuci tangan dengan air mengalir secara teratur disarankan karena dianggap ampuh membunuh virus yang mungkin saja terpapar di tangan.

 

Sifat alami molekul sabun mampu merusak struktur virus itu sendiri. Hal ini dikarenakan virus corona diselubungi oleh suatu membran yang tersusun dari molekul lemak dan terdapat protein-protein seperti paku yang membuat penampakannya seperti memiliki mahkota. Nah, molekul sabun terdiri dari bagian yang dapat mengikat air dan bagian yang dapat mengikat lemak.

 

Saat mencuci tangan, bagian molekul sabun yang dapat mengikat lemak akan berikatan dengan molekul lemak yang ada di membran virus, dengan cara merobek membran virus tersebut. Kemudian molekul sabun akan menangkap sisa bagian virus tadi dan akan larut bersama air.

 

Cara Cuci Tangan 6 Langkah Sesuai Rekomendasi WHO

 

Meski cuci tangan merupakan langkah mudah dan aman untuk melindungi diri dari virus corona, namun belum banyak yang tahu bagaimana cara cuci tangan yang baik dan benar.

 

Yuk cari tahu cara cuci tangan yang baik dan benar yang direkomendasikan oleh WHO dan Kemenkes RI:

 

1. Basahi tangan dengan air dan sabun

Gosok sabun pada telapak tangan, kemudian gosok kedua telapak tangan secara memutar.

2. Usap dan gosok kedua punggung tangan

Pastikan kedua punggung tangan juga terkena sabun hingga berbusa.

3. Gosok sela-sela jari tangan

Bersihkan sela-sela jari tangan satu per satu.
 

4. Bersihkan ujung jari dengan posisi saling mengunci

Punggung jari tangan kanan digosokkan pada telapak tangan kiri dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci.

 

5. Gosok dan putar ibu jari

Ibu jari tangan kiri digosok berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.

 

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian bilas dengan air bersih
 

Kumpulan Poster Cuci Tangan, Berisi Manfaat dan Langkah-langkahnya ...

Pastikan kamu mencuci tangan minimal 20 detik dan juga tidak menyentuh hidung, mulut, dan mata sebelum mencuci tangan, ya! 

 

Comments (0)

Leave a comment