Merah atau Putih? Intip Kandungan Buah Naga Yuk!

Tak hanya rasanya yang segar sehingga kerap disajikan dalam bentuk jus atau makanan pencuci mulut lainnya, kandungan buah naga pun sangat beragam. Selain baik untuk memenuhi asupan nutrisi harian kita, kandungan vitamin dan mineral dalam buah naga juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh.

 

cara membuat es krim buah naga stik

 

Kamu tentu sudah tahu kalau buah naga yang termasuk tumbuhan kaktus dari Amerika Latin ini memiliki beberapa warna, ada buah naga merah dan ada buah naga putih. Lalu apa perbedaannya dan bagaimana kandungan buah naga yang berwarna merah dan yang berwarna putih? Mana yang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi?

 

Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, kandungan buah naga merah memiliki nutrisi yang lebih tinggi. Buah naga merah mengandung antioksidan, kalsium, fosfor yang tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung betasianin yang bisa melindungi tubuh kita dari penyakit hati. Sedangkan buah naga putih kaya akan vitamin C dan antioksidan.   

 

Berikut manfaat kandungan buah naga untuk kesehatan:

 

1. Sebagai antioksidan

Seperti yang telah diketahui, antioksidan adalah molekul yang mampu menghambat kerja oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel tubuh. Radikal bebas yang berlebihan (seperti dari asap rokok, polusi, debu, radiasi UV, arang pada makanan yang di bakar, dan lain sebagainya) dapat merusak sel tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit. Buah naga dapat menghambat proses tersebut.

 

2. Membantu menurunkan risiko diabetes

Selain untuk kerusakan sel, stres oksidatif juga berbanding lurus dengan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh yang mana dapat meningkatkan risiko kejadian diabetes dan komplikasinya. Jika hal ini terus terjadi, maka dapat menurunkan antioksidan di dalam tubuh sehingga akan berujung kepada kerusakan sel akibat meningkatnya radikal bebas di dalam tubuh.

 

3. Membantu mengurangi risiko kanker

Kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas juga dapat meningkatkan risiko kejadian kanker. Jika tubuh tidak memiliki kandungan antioksidan yang cukup, maka dapat mengaktifkan sel kanker di dalam tubuh dengan sangat mudah.

 

4. Menghindari komplikasi jantung

Salah satu komplikasi yang dapat terjadi pada pasien diabetes adalah penyakit jantung. Jika kandungan antioksidan dalam tubuh tidak cukup, tidak hanya gula darah saja, akan tetapi risiko penyakit jantung juga akan meningkat.

 

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Hal ini bermanfaat agar tubuh dapat melawan pathogen (benda asing yang masuk ke dalam tubuh dan dapat menimbulkan penyakit tertentu).

 

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi YOUVIT gummy multivitamin #1gummysetiaphari dengan rasa mix berry yang enak dan praktis untuk menjaga imunitas tubuhmu.

Comments (0)

Leave a comment