Catat, Ini 5 Daftar Nutrisi Sehat untuk Rambut dan Manfaatnya

Rambut bagaikan mahkota bagi wanita. Setiap orang pasti menginginkan rambutnya indah, sehat, kuat, berkilau dan mudah diatur untuk menunjang penampilan mereka. Sebagai mahkota, tentu rambut perlu dirawat dengan baik. Namun, banyak orang yang hanya berfokus pada perawatan dari luar saja dan mengatasi permasalahan yang timbul pada rambutnya sesuai dengan jenis rambutnya, bukan berusaha memenuhi nutrisi sehat untuk rambut.


Pemilik rambut lurus misalnya, masalah yang kerap dialami adalah rambut yang tipis sehingga akan sulit untuk di-styling, memiliki kadar minyak berlebih yang membuatnya mudah menjadi kotor, dan tidak bervolume karena rambutnya cenderung lemas. Bagi pemilik rambut keriting, kerap melakukan perawatan yang lebih intens. Hal ini dikarenakan rambut keriting yang mudah kusut, kering, dan sulit ditata. Lain lagi dengan rambut kusam dan berminyak, begitu banyak produk perawatan rambut yang berusaha mengatasi produksi minyak berlebih pada akar rambut yang membuat rambut menjadi kusam. Dengan berbagai macam tipe dan permasalahannya, banyak yang sering lupa, kesehatan rambut sebenarnya sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi.


Daftar Nutrisi Sehat untuk Rambutmu

Asupan nutrisi sehat untuk rambut sangat berpengaruh terhadap kondisi rambut kita. Menurut Nutritionist Lead YOUVIT Rachel Olsen, B.Sc., akar rambut memperoleh makanannya dari nutrisi yang darah mengalirkan oksigen dan nutrisi ke kepala. Nutrisi yang tepat dan seimbang berperan penting dalam pertumbuhan rambut yang sehat, karena akan memastikan rambut mendapatkan semua nutrisi penting yang dia butuhkan. Sebaliknya, jika seseorang kekurangan nutrisi yang baik dari makanan dan vitamin harian mereka akan menyebabkan kerontokan rambut, rambut kering dan kusam. 


Oleh karena itu, nutrisi sehat untuk rambut merupakan unsur penting yang harus dipenuhi untuk memiliki rambut sehat. 


Penasaran apa saja daftar nutrisi sehat untuk rambutmu? Yuk, simak ulasan lengkap beserta manfaatnya di sini! 


1. Ikan berlemak untuk rambut lebat

Ikan berlemak yang kaya Omega-3 merupakan nutrisi sehat untuk rambut lebat. Berperan utama mengatasi kerontokan rambut, rutin konsumsi ikan berlemak yang kaya Omega-3, zat besi, dan vitamin B12 seperti salmon dan mackerel dapat membantu memperlambat kerontokan rambut.



2. Bayam untuk helaian rambut kuat

Nutrisi sehat untuk rambut berikutnya adalah bayam. Bayam yang banyak banyak mengandung vitamin A, zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C ini dapat membantu memerangi rambut rapuh. Kandungan-kandungan nutrisi sehat untuk rambut yang ada di dalam bayam bekerja sama untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Selain itu, asupan nutrisi sehat untuk rambut tersebut juga menjaga rambut agar tetap lembap sehingga tidak rusak. 


3. Wortel untuk rambut berkilau

Mau rambutmu terlihat berkilau alami? Cobalah rutin mengonsumsi wortel yang merupakan salah satu nutrisi sehat untuk rambut. Selain menjaga kesehatan mata, wortel yang kaya akan vitamin A ternyata juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut agar lebat dan berkilau. Vitamin A juga dapat menjaga minyak alami di rambut, menjaga kulit kepala dalam kondisi prima, serta membantu melindungi rambut dan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.


4. Pisang untuk memelihara folikel rambut

Kekurangan vitamin B6 sangat erat kaitannya dengan penipisan dan kerontokan rambut. Hal ini disebabkan karena vitamin ini berperan penting membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan. Ketersediaan vitamin ini juga berpengaruh pada produksi sel darah merah, yang bertugas memelihara folikel rambut, dan memastikan semua yang mereka butuhkan untuk bersinar dan tumbuh. Agar dapat memenuhi nutrisi sehat untuk rambut, terutama memelihara folikel rambut, kamu bisa mengonsumsi pisang, salah satu makanan yang kaya akan vitamin B6.


5. Telur untuk merangsang proses pertumbuhan

Nutrisi sehat untuk rambut lainnya adalah telur yang banyak mengandung zat besi dan protein. Di samping itu, telur juga kaya vitamin B yang disebut biotin yang membantu proses pertumbuhan rambut. Jika kamu kekurangan vitamin ini, sudah dapat dipastikan rambutmu rontok. 

 


Masih bingung bagaimana caranya memenuhi semua kebutuhan nutrisi sehat untuk rambutmu dalam 1 hari? Kamu bisa mencoba konsumsi YOUVIT Beauti+ #1gummysetiaphari! Vitamin kecantikan dengan kandungan utama vitamin E, Biotin dan Kolin-Inositol ini membantu kamu menjaga kecantikan dari dalam dan tak hanya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sehat untuk rambut saja, melainkan juga membantu membuat kulit wajahmu tambah glowing! YOUVIT Beauti+ merupakan solusi all-in-one dengan tiga manfaat utama, mulai dari mencegah dan mengurangi rambut rontok, memudarkan bekas jerawat, hingga memperkuat kuku agar tidak mudah patah.

Comments (0)

Leave a comment