Ini Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Tips Aman Meminumnya

Kopi tak diragukan lagi merupakan salah satu minuman yang sangat populer di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kopi yang diproduksi Indonesia jumlahnya mencapai 774,60 ribu ton atau 11,95 juta karung pada 2020. Indonesia juga disebut sebagai negara pengekspor kopi terbesar di dunia.

Bahkan kini sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa ditemukan banyak sekali manfaat kopi untuk kesehatan. Kopi bisa dibilang sebagai minuman andalan untuk kesehatan yang menjaga tubuh agar tetap berenergi dan terjaga. Kopi memiliki kurang lebih 80 hingga 100 miligram kafein dalam secangkir kopi 8 ons. Selain itu, kopi mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, kalium, dan antioksidan.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Alasannya

Manfaat kopi yang paling populer di kalangan masyarakat adalah sebagai penambah energi atau penghilang rasa kantuk. Namun, tahukah kamu bahwa minuman dengan rasa pahit ini juga menyimpan berbagai khasiat lain untuk kesehatan? Berikut manfaat kopi untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan!

  • Melindungi hati dan mencegah sirosis

  • Journal of Clinical Gastroenterology menyebutkan bahwa dengan minum kopi bisa mengurangi jumlah lemak pada hati. Studi pada hewan yang disebutkan dalam jurnal itu menunjukkan bahwa kandungan kimia pada kopi dapat membantu proses detoksifikasi sel kanker pada hati. Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan seberapa efektif kopi dalam mengobati beberapa penyakit hati kronis.

    Uniknya, konsumsi kopi juga dapat melindungi hati terhadap risiko sirosis. Orang yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko hingga 80% lebih rendah.

    1. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

      Baik biji maupun buah kopi kaya akan antioksidan. Sebuah penelitian menemukan bahwa kopi merupakan penyumbang terbesar terhadap asupan antioksidan. Antioksidan dalam kopi dapat mengurangi radang dan peningkatan asam nitrat yang melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. 
    2. Meningkatkan kinerja otak

      Kopi membantu meningkatkan jumlah neurotransmiter penting tertentu diantaranya adalah memori, suasana hati, dan fungsi kognitif umum. Kafein yang terkandung dalam kopi mempunyai banyak efek positif pada otak, seperti meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan konsentrasi, membuat suasana hati menjadi lebih baik, dan mengurangi risiko depresi.

      Selain itu, jurnal Practical Neurology menyebutkan bahwa konsumsi kopi dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak, seperti penyakit Parkinson, dan penyakit Alzheimer.


    Meski ada banyak manfaat sehatnya, manfaat kopi untuk kesehatan sebenarnya hanya bisa diperoleh secara optimal apabila kita mengonsumsinya sesuai takaran.

    Kini ada Youvit Kafe G gummy yang mengandung 100% AKG vitamin B kompleks dan 15mg kafein alami dari kopi, setara dengan sepertiga cangkir kopi atau setengah cangkir teh hijau. Satu buah Kafe G gummy bisa membantu tubuhmu menghasilkan energi untuk the extra-mile push yang kamu butuhkan. Kembali fokus, tingkatkan mood, jadi rileks, dan pikiran jernih supaya sisa harimu bisa dijalankan dengan sukses. Rasa kopi dari setiap gigitannya akan otomatis memberimu energi, sehingga langsung semangat dan tetap terjaga, dengan cara yang sehat.

     

    Konsumsi Youvit Kafe G gummy kapan saja kamu merasa rendah energi, aman dikonsumsi lebih dari sekali sehari!

     

    Berapa Dosis yang Tepat Konsumsi Kopi Setiap Hari?

    Satu cangkir kopi yang diseduh umumnya mengandung sekitar 95 mg kafein. Nah, menurut Ahli Gizi Youvit minum kopi yang masih dianggap wajar (tidak berlebihan) adalah 3-4 cangkir kopi instan atau sangrai atau rata-rata 60-85mg kafein per cangkir dalam sehari. Namun perlu diingat bahwa dosis kopi mungkin berbeda untuk setiap orang. Dosis yang kamu perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain.

    Pada orang dewasa sehat berusia antara 18 dan 65 tahun, dosis harian 400 mg kafein tidak menimbulkan masalah Kesehatan. Terlalu banyak kafein (lebih dari 500-600mg) dapat menyebabkan kegelisahan, tremor, lekas marah, susah tidur, dan sakit perut.

    Aku Nggak Suka Kopi Hitam, Boleh Tambah Topping?

    Bagi kamu pecinta kopi manis, atau nggak bisa konsumsi kopi hitam yang pahit, Ahli Gizi Youvit punya solusinya. Memang, kini terdapat banyak sekali variasi dari menu minuman berbasis kopi.

    Variasi menu pada kopi biasanya dilakukan dengan cara menambahkan beberapa bahan lain untuk memberikan sensasi atau meningkatkan rasa baru pada kopi, contohnya adalah susu, creamer, gula, sirup, bahkan cream, dan juga boba.

    Penambahan bahan pada kopi pada umumnya tidak dimaksudkan untuk mengganti atau menghilangkan rasa kopi itu sendiri sehingga diharapkan juga tidak mengurangi manfaat-manfaat yang diperoleh dari kopi. Namun, pemberian bahan tambahan ini perlu diperhatian jumlahnya karena akan berpengaruh dengan asupan konsumsi gula dan energi harian konsumen. Maksimal penambahan gula dalam 1 hari adalah 50 gram saja, ya!