Amankah Minum Fiber Drink Setiap Hari?

Minum fiber drink setiap hari kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan. Popularitas fiber drink atau minuman serat kian meroket dan dianggap sebagai suplemen makanan untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan pencernaan. 


Namun, ada kekhawatiran mengenai keamanan minum fiber drink setiap hari. Simak artikel ini, untuk tahu lebih jauh mengenai pertimbangan keamanan minum minuman serat setiap hari berdasarkan informasi dari Ahli Gizi Youvit, Jennifer Vidya.


Ragam Pendapat mengenai Fiber Drink

Ada berbagai pendapat mengenai keamanan dan efektivitas konsumsi fiber drink setiap hari. Beberapa orang mengklaim bahwa berat badan mereka menurun setelah mengonsumsi fiber drink, sementara yang lain menyatakan kekhawatiran tentang potensi risiko yang terkait dengan hanya mengandalkan minuman ini untuk menurunkan berat badan.



Salah Kaprah tentang Fiber Drink

Menurut Ahli Gizi Youvit Jennifer Vidya, fiber drink dengan asupan serat yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan serat harian sangat dianjurkan dan aman untuk dikonsumsi setiap hari.


Meskipun minuman serat dapat menjadi cara yang nyaman untuk meningkatkan asupan serat, ada beberapa pemahaman yang salah kaprah mengenai fiber drink. Berikut di antaranya:

Bukan pengganti diet seimbang

Penting untuk diperhatikan bahwa fiber drink tidak boleh dilihat sebagai pengganti lengkap untuk diet seimbang. Hanya mengandalkan minuman berserat dan mengabaikan berbagai makanan utuh dapat menyebabkan kekurangan nutrisi. 


Minuman serat harus digunakan bersamaan dengan berbagai makanan utuh untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup. Selain itu, perbedaan individu dan kondisi kesehatan tertentu harus dipertimbangkan saat menentukan frekuensi dan jumlah minuman berserat. Berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau ahli diet terdaftar disarankan untuk menerima panduan yang dipersonalisasi mengenai keamanan dan penggunaan minuman serat yang tepat.

 

Pastikan kandungannya aman

Pastikan minuman serat yang kamu konsumsi tidak memiliki zat pencahar seperti daun teh jati cina, karena dapat membuat efek laksatif (efek yang dapat memicu pengeluaran feses atau tinja dari sistem pencernaan) yang berlebihan. Selain itu, perhatikan juga kandungan gula dari minuman serat. Hal ini dikarenakan minuman tersebut untuk dikonsumsi setiap hari, maka dianjurkan dengan kandungan gula yang rendah dan akan lebih bagus jika bebas.


Keamanan mengonsumsi minuman berserat setiap hari dapat bervariasi tergantung pada kesehatan individu secara keseluruhan, kondisi medis yang ada, dan kebutuhan diet tertentu. Sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan atau ahli gizi terdaftar yang dapat memberikan saran yang dipersonalisasi berdasarkan kondisi personalmu. Mereka dapat menilai kelayakan mengonsumsi minuman berserat setiap hari dan memberikan rekomendasi yang disesuaikan dengan tujuan kesehatan dan kebutuhan diet tertentu.


Kini ada minuman serbuk untuk pencernaan sehat dari Youvit. Youvit FibreFix Minuman Serbuk mengandung 40 mg Psyllium Husk, 3000 mg Inulin, Probiotics, Vitamin C & B12, serta 5 Supergreens yang membantu pencernaan sehat jangka panjang, mengatasi rasa kembung dan begah, serta mengelola berat badan sehat. Minuman serbuk ini bebas gula, tanpa pewarna dan perasa buatan, serta aman dikonsumsi setiap hari. 


Sayangi pencernaanmu dengan konsumsi 1 sachet Youvit FibreFix Minuman Serbuk yang enak, nyegerin, dan nyaman di perut!