Vitamin Self-Love untuk Kecantikan Kulit

Vitamin Self-Love untuk Kecantikan Kulit

youvit_vitamin_self-love

Bulan Februari identik dengan bulan cinta karena hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Tak melulu harus dirayakan dengan pasangan atau orang terkasih, hari Valentine pun sepatutnya mengingatkan kita untuk belajar mencintai diri sendiri. Meski terdengar mudah, pada kenyataannya untuk menerapkan self-love dalam kehidupan sehari-hari butuh proses, lho! Mencintai diri sendiri juga bukan bentuk kenarsisan diri dan egois, melainkan sesederhana menghargai dan merawat apa yang dimiliki. 

 

Menerapkan self-love bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, seperti misalnya menjauhlah dari media sosial selama beberapa jam agar lebih fokus melakukan me time, menciptakan ritual favorit sendiri dan menikmati setiap proses saat sedang melakukannya, atau merawat penampilan agar merasa lebih baik dan percaya diri. Namun perlu diingat bahwa merawat penampilan dan menjaga kecantikan itu semuanya harus dimulai dari dalam. Dengan begitu, kita bisa mencintai diri sendiri secara penuh.

 

“Menjaga kecantikan tidak cukup dengan perawatan dari luar saja, tetapi harus rajin dirawat dari lapisan kulit yang paling dalam,” ungkap Puteri Aisyaffa, Nutrition Expert YOUVIT. Aisya juga menekankan pentingnya beberapa vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku. Apa saja? Yuk, disimak!

 

1. Vitamin A

 

Image result for vitamin a

 

Vitamin A (Carotenoid) baik sebagai antioksidan dan dapat mencegah penuaan. 

Tubuh manusia membutuhkan pengembangan mekanisme untuk pertahanan terhadap radikal bebas yang terdapat di lingkungan sekitar. Tetapi tubuh tidak dapat menghasilkan sendiri zat antioksidan ini, maka dibutuhkan untuk mengonsumsi bervariasi sayuran dan buah-buahan yang mengandung Carotenoid, vitamin C dan vitamin E.

Contoh bahan makanan yang mengandung Carotenoid adalah: wortel, ubi, kubis, bayam, semangka, paprika, tomat, mangga, dan jeruk.

 

2. Vitamin E

 

Image result for vitamin e

 

Vitamin E dikenal sangat baik untuk proteksi kulit dari efek buruk radikal bebas akibat radiasi matahari.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa pengaplikasian vitamin E, baik secara topical maupun oral, memiliki sifat anti-kanker, photoprotective dan penstabil kulit.

Contoh bahan makanan yang mengandung vitamin E adalah: alpukat, almond, bayam, brokoli, dan kacang-kacangan lainnya.

 

3. Vitamin C

 

Image result for vitamin c

 

Vitamin C dapat membantu pembentukan kolagen pada kulit dan memberi perlindungan terhadap radiasi sinar UV.

Jika kekurangan asupan vitamin C maka dapat terjadi kondisi kerapuhan pada kulit, perdarahan pada gusi dan gangguan penyembuhan luka (biasanya berkaitan erat dengan wanita yang kulitnya berjerawat).

Contoh bahan makanan yang mengandung vitamin C adalah: jambu, jeruk, kiwi, manga, papaya, kiwi, kembang kol, brokoli, nanas, dan mangga.

 

4. Vitamin B-Complex

 

Image result for vitamin b kompleks

 

Vitamin B-Complex sangat erat kaitannya dengan kerontokan pada rambut, jika kamu kurang asupannya.

Contoh bahan makanan yang mengandung vitamin B-Complex adalah: karbohidrat, protein, sayuran, hingga buah-buahan.

 

5. Seng (Zinc)

 

Image result for zinc in food

 

Zinc, bersama dengan vitamin A juga mampu membantu pertumbuhan rambut yang baik.

Contoh bahan makanan yang mengandung Zinc adalah: jamur, daging, dan telur.

 

6. Tembaga (Copper)

 

Image result for copper in food

 

Sama seperti zat besi, Copper juga berkontribusi untuk meningkatkan kekuatan pada rambut dengan mempengaruhi pertumbuhan tanduk yang tepat seperti struktur rambut.

Kekurangan Copper pada diet sehari-hari dapat menyebabkan menurunnya elastisitas rambut yang mengakibatkan rambut rapuh, lemah, dan cenderung beruban lebih dini.

Contoh bahan makanan yang mengandung Copper adalah: jeruk, apricot, kangkung, bayam, jagung, kulit kentang, dan pisang.

 

Selain asupan bergizi di atas, penting juga mengonsumsi vitamin tambahan untuk memperoleh kulit, rambut, dan kuku yang sehat seperti YOUVIT Beauti+, yang kaya akan vitamin E, Choline-Inositol dan Biotin (B7).

 

YOUVIT Beauti+ merupakan opsi untuk mengonsumsi vitamin yang fun, enak, dan simpel. Tak hanya mengandung vitamin-vitamin penting yang khusus menjaga kecantikan wanita, rasanya juga terdiri dari strawberry, raspberry, dan blackberry yang enak. Bentuknya pun menggemaskan, ada mahkota, bibir, dan lipstik.