Sambal Bisa Menjadikan Makanan Lain Lebih Sehat? Ini Buktinya!

Sambal Bisa Menjadikan Makanan Lain Lebih Sehat? Ini Buktinya!

youvit_sambal_sehat

Kamu penggemar sambal? Sebagai orang Indonesia, pelengkap makanan yang satu ini memang tak bisa dilepaskan dari berbagai masakan atau jajanan khas Indonesia. Sambal sudah terbukti sangat cocok dengan berbagai jenis makanan dan tentunya di lidah masyarakat Indonesia.

 

Sambal memang sering dianggap berbahaya karena memiliki rasa yang super pedas dan berisijo menyebabkan gangguan pencernaan. Namun sambal ternyata juga bisa membuat berbagai jenis makanan menjadi lebih sehat, lho!

 

Mengonsumsi sambal sehat bisa dijadikan pelengkap gizi bahan makanan lain yang cenderung miskin gizi, atau hanya memiliki zat gizi tunggal. Hal ini disebabkan karena sambal sehat memiliki berbagai kandungan gizi dan vitamin, yaitu vitamin A dan C yang sangat tinggi.

 

Berikut beberapa makanan yang lebih sehat jika dikonsumsi bersamaan dengan sambal:

 

1. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat 

 

27 Makanan Yang Merupakan Sumber Karbohidrat Untuk Tubuh - seruni.id

 

Makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan hanya disajikan sendiri, baik sebagai menu makanan utama maupun jajanan, merupakan jenis makanan yang sangat tepat jika disajikan dengan sambal.

Beberapa contoh makanan berkarbohidrat yang baik disajikan dengan sambal ini adalah berbagai sajian kentang, misalnya kentang goreng dan kentang tumbuk, makaroni, pasta, atau sajian mie.

 

2. Camilan berprotein yang disajikan tunggal

 

Ayam Kentucky Super Crispy | Resep dari Dapur KOBE

 

Sekarang semakin banyak jajanan kekinian berupa protein, misalnya daging ayam dengan baluran tepung, atau tahu dengan tepung berbumbu.

Nah, daripada kamu harus menambahkan bumbu tambahan kemasan, lebih baik memilih sambal alami sebagai tambahan agar camilan proteinmu tetap bervitamin.

 

3. Sayuran berwarna hijau

 

Tak Hanya Kemangi, 10 Daun Ini Juga Bisa Dijadikan Lalapan

 

Kamu penggemar lalapan? Lalapan yang biasanya terdiri dari sayuran berwarna hijau atau putih sebaiknya memang disajikan dengan sambal alami. Lho mengapa begitu? Ternyata menambahkan sambal alami akan menambahkan asupan vitamin A, C dan E yang cenderung rendah pada sayur-sayuran berwarna hijau. Sayuran berwarna hijau memiliki kandungan cairan dan serat yang tinggi, sehingga kombinasi sayuran dan sambal merupakan kombinasi yang super sehat karena asupan gizi dalam tubuh akan semakin lengkap.

 

Rachel Olsen, Nutrition Expert, bahkan mengatakan bahwa cabai memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan. “Cabai itu tinggi karotenoid yang merupakan antioksidan untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin C dan B6-nya bagus untuk kekebalan dan metabolisme tubuh. Kalorinya juga rendah, cuma sekitar 9 gram per 3 buah cabai. Jadi nggak bikin gendut,” tuturnya.

 

Sambal memang bisa jadi pelengkap asupan vitamin jika sajian makanan utama kamu sedang tidak terdiri dari sayuran dan buah. Akan tetapi, tetap batasi porsinya paling banyak 3-4 sendok makan sambal untuk porsi satu kali makan dalam sehari, ya. Selain itu, selalu sajikan sambal dengan cara yang sehat, tidak digoreng dengan minyak berlebihan, dan tidak dikonsumsi berlebihan agar tidak mengganggu pencernaan.