Nutrisi dalam Keluarga Buah Beri

Nutrisi dalam Keluarga Buah Beri

youvit_buah_beri

Kamu mungkin sudah pernah makan keluarga buah beri berikut ini: blueberry, raspberry, dan blackberry. Ketiganya sering ditemui sebagai pelengkap hidangan penutup, seperti cake, topping es krim, yogurt, atau oatmeal. Tak jarang juga buah-buahan beri ini dijadikan jus atau smoothie.

 

Serupa namun tak sama. Bagaimana kandungan nutrisi masing-masing buah-buahan beri ini?

 

Karena ketiganya sangat mirip, kamu mungkin jadi ragu saat ingin memilih salah satu di antaranya. Nah, supaya bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan gizimu, yuk simak perbedaan nutrisi dalam ketiga buah ini!

 

Blueberry

 

Manfaat Blueberry untuk Kesehatan Ternyata Sangat Dahsyat - Alodokter

 

Blueberry paling sering masuk ke dalam daftar makanan super daripada jenis buah beri lainnya, lho! Hal ini dikarenakan blueberry mengandung kaya antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

 

Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan keremajaan tubuh. Dalam setiap 100 gram buah blueberry, terkandung vitamin C sebanyak 16% dari kebutuhan harian, vitamin B-6 sebanyak 5%, vitamin A sebanyak 1%, zat besi sebanyak 1%, magnesium sebanyak 1%, kalium sebanyak 2%, dan serat yang cukup tinggi yaitu 9%. Buah ini juga termasuk rendah kalori. Dalam takaran yang sama, kamu hanya akan mengonsumsi 57 kalori.

 

Nah, buah blueberry juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi penderita diabetes. Soalnya buah ini mengandung kadar gula yang rendah dibandingkan jenis buah beri lainnya. Dengan demikian, gula darah tak akan cepat naik dan justru menyehatkan jantung.

 

Blackberry

 

Blackberry (Rubus fruticosus) — UIC Heritage Garden

 

Konon katanya, rutin mengonsumsi buah ini mampu menangkal kanker dan berbagai penyakit jantung, lho! Soalnya di dalam setiap 100 gram blackberry bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh hingga 35%, vitamin A hingga 4%, zat besi hingga 3%, magnesium dan kalium hingga 5%, serta serat sebanyak 20%. Kamu juga tidak perlu merasa bersalah jika makan banyak buah blackberry. Soalnya dalam takaran yang sama, buah ini hanya mengandung 43 kalori saja!

 

Dari segi penampilan, buah blackberry tampak seperti raspberry yang berwarna hitam dengan ukuran yang lebih besar. Namun ternyata rasa buah beri yang satu ini cenderung lebih pahit dan tajam dibandingkan dengan buah raspberry.

 

Blackberry mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, di antaranya kalsium, kalium, dan vitamin C. Selain itu, setiap 230 gram blakcberry mengandung 7 gram serat dan 60 kalori. Artinya, makan blackberry akan membuat Anda kenyang lebih lama tanpa harus takut kalap makan saat waktu makan tiba.

 

Blackberry juga mengandung polifenol, suatu bahan kimia yang dapat membantu mengurangi peradangan serta menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Serat yang terdapat dalam buah blackberry dapat membantu sistem pencernaan untuk memecah gula dengan baik. Hasilnya, kadar gula darah dalam tubuh akan tetap stabil dan terhindar dari risiko penyakit diabetes tipe 2.

 

Raspberry

 

How to grow big and juicy raspberry fruit in your garden.

 

Dibandingkan dengan dua anggota keluarga buah beri lainnya, raspberry menjadi juara dalam hal kandungan nutrisi. Setiap 100 gram raspberry, kadar vitamin C-nya mencapai 43% dari kebutuhan harianmu dan seratnya juga lebih tinggi, yaitu hingga 28%. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan kandungan zat besi sebesar 3% dari kebutuhan harian, magnesium sebesar 5%, dan kalium sebesar 4%. 

 

Itu artinya, dengan mengonsumsi raspberry, kesehatan tulang dan darah tetap terjaga. Kalorinya pun lebih rendah dari blueberry, yaitu hanya 53 kalori!

 

Namun kamu harus cepat-cepat mengonsumsinya atau mengolahnya menjadi hidangan manis ya, karena buah raspberry cenderung tidak tahan lama dibandingkan jenis buah beri lainnya. 

 

Jadi kamu pilih buah beri yang mana?

 

Jangan lupa juga ya untuk konsumsi YOUVIT Beauti+ #1gummysetiaphari dengan kandungan utama vitamin E, Biotin dan Kolin-Inositol, kamu bisa jaga kecantikan dari dalam dan pastinya bikin kulit wajahmu tambah glowing!

 

Youvit Beauti+, Multivitamin untuk Kecantikan Kulit, Rambut, dan Kuku

 

YOUVIT Beauti+ tersedia dalam 3 rasa: strawberry, raspberry, dan blackberry dengan bentuk mahkota, bibir, dan botol cat kuku yang super fun!