Berapa Jumlah Tepat Konsumsi Daging Merah yang Sehat? Cari Tahu di Sini!

Berapa Jumlah Tepat Konsumsi Daging Merah yang Sehat? Cari Tahu di Sini!

youvit_jumlah_tepat_konsumsi_daging_merah

Sudah banyak artikel kesehatan yang membahas tentang bahayanya makan daging merah. Namun jangan sampai hal ini menghalangimu memperoleh manfaat baik dari daging merah.

 

Daging merah sebetulnya baik untuk tubuh karena kaya akan zat besi yang mudah diserap oleh tubuh, sumber protein yang membantu produksi tulang dan otot, memberikan suplai vitamin B12 yang membantu DNA dan sel-sel darah merah sehat, serta mengandung zinc yang menjaga sistem imun tubuh bekerja dengan baik.       

 

Lalu daging merah apa yang terbaik bagi kesehatan tubuh? Menurut Shalene McNeil, PhD, Executive Director Nutrition Research untuk National Cattlemen’s Beef Association, daging sapi memiliki kandungan nutrisi terbaik dalam setiap kalorinya. Setiap 3 ons daging sapi memiliki 180 kalori, namun memiliki kandungan 10 zat gizi paling penting bagi tubuh.

 

Makan Daging Merah Terlalu Banyak Bisa Meningkatkan Risiko Kanker

 

Meski begitu, makan daging merah dalam jumlah banyak pun kerap dikaitkan dengan risiko kanker. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian pada populasi yang menunjukkan kanker kolorektal (usus besar) berhubungan dengan konsumsi daging merah.

 

Konsumsi daging merah dan daging olahan sebesar 140 gram/hari secara linear meningkatkan risiko terkena kanker kolorektal. Seberapa sering seseorang makan daging merah menunjukkan hubungan yang lebih kuat dibandingkan dengan jumlah daging yang dikonsumsi.

 

The World Cancer Research Fund dan American Institute of Cancer Research melaporkan risiko kanker kolorektal meningkat 29% setiap peningkatan konsumsi daging merah sebesar 100 gram/hari, dan risiko meningkat 21% setiap peningkatan konsumsi daging olahan sebesar 50 gram/hari.

 

Namun etiologi (studi tentang penyebab) antara konsumsi daging merah dengan kanker kolorektal masih belum dapat disimpulkan dengan jelas karena banyak faktor perancu yang dapat mempengaruhi, seperti asupan tinggi gula dan alkohol atau rendahnya asupan buah dan sayur serta aktivitas fisik yang kurang.

 

Berapa Banyak Konsumsi Daging Merah yang Masih Sehat?

 

Jadi berapa banyak daging merah (sebaiknya bukan daging olahan yang mengandung pengawet ya…) yang bisa kamu konsumsi per hari? Berikut contoh menu dari Cancer Research UK yang bisa kamu tiru dan modifikasi!

 

Sarapan:

English Breakfast

2 sosis sapi: 60 gram

3 lembar daging sapi asap: 75 gram

 

Kurangi jumlahnya dengan:

1 sosis sapi: 30 gram

1 lembar daging sapi asap: 25 gram

Bisa juga ekstra sayur-sayuran dan buah-buahan untuk menambah jumlah serat yang kamu konsumsi.

 

Makan Siang:

Spaghetti Bolognese

Daging sapi giling porsi reguler: 100 gram

 

Kurangi jumlahnya dengan:

Daging giling sapi porsi mini: 15 gram

Namun tambahkan lauk kacang-kacangan dan sayuran favoritmu agar nutrisi seimbang!

 

Makan Malam:

Sandwich Ham

2 lembar daging ham: 50 gram

 

Ganti dengan:

Daging ayam atau tuna (dengan porsi yang sama sehingga konsumsi daging merahmu berkurang)

 

Selamat! Kamu berhasil mengurangi konsumsi daging merahmu yang biasanya sekitar 285 gram menjadi hanya 70 gram (total daging merah harian yang dianjurkan per hari) saja! 

151026-How-much-meat-spag