5 Cara Penggunaan Hand Sanitizer yang Wajib Kamu Tahu

5 Cara Penggunaan Hand Sanitizer yang Wajib Kamu Tahu

youvit_fakta_penting_hand_sanitizer

Hand sanitizer sempat jadi barang langka yang dicari oleh orang-orang sedunia! Memang, hand sanitizier merupakan salah satu alat pelindung diri yang dipercaya mampu mencegah penyebaran virus corona.

 

Namun, apakah penggunaan hand sanitizer lebih efektif daripada mencuci tangan? Bagaimana cara memilih produk hand sanitizer yang tepat dan ampuh membunuh virus? Lalu, kapan sebaiknya kita memakai hand sanitizer?

 

Segudang pertanyaanmu mengenai hand sanitizer akan dijawab langsung oleh Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, RD! Berikut 5 fakta penting hand sanitizer yang wajib kamu tahu:

 

1. Apa perbedaan cuci tangan dan memakai hand sanitizer?

 

Sabun dan air yang mengalir bekerja untuk membunuh serta menghilangkan semua jenis bakteri dan virus dari tangan, sementara hand sanitizer bertindak dengan membunuh jenis bakteri dan virus tertentu pada kulit.

 

Itu sebabnya, Kementerian Kesehatan RI gencar mengampanyekan gerakan cuci tangan guna mencegah penyebaran virus Corona.

 

Baca juga: Cegah Corona, Ini Cara Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar 

 

Memang, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik masih merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah berkembangnya bakteri, kuman, dan virus, termasuk virus corona.

 

Namun jika kondisi mendesak dan kita tidak bisa mencuci tangan, tentu hand sanitizer bisa menjadi solusi. Tapi, seperti yang dianjurkan oleh Centers for Disease Control and Prevention, hand sanitizer yang digunakan minimal harus mengandung 60 persen alkohol agar efektif mengatasi kuman, bakteri, hingga virus corona yang ada di tangan.



Baca juga: Cara Membuat Hand Sanitizer Dari Bahan Alami 


2. Kapan saja sih, kita harus pakai hand sanitizer?

 

Nah, saat berada di tempat umum atau sedang dalam perjalanan dan tidak menemukan tempat untuk cuci tangan, kamu bisa menggunakan hand sanitizer untuk meminimalisasi kuman, bakteri, hingga virus corona yang bisa saja menempel di tangan. Berikut beberapa kondisi di antaranya:

  • Sebelum dan setelah mengunjungi seorang teman atau orang yang dicintai di rumah sakit
  • Sebelum dan setelah makan
  • Sebelum memegang wajah
  • Sebelum dan sesudah pergi berbelanja ke supermarket / minimarket
  • Sebelum dan sesudah memegang sesuatu yang sering dipegang seperti pintu atau setir mobil

 

3. Apa saja yang bisa dibersihkan dengan hand sanitizer?

  • Permukaan yang lembut seperti lantai berkarpet, permadani, dan tirai.

  • Benda elekronik seperti: HP, tablet, layar sentuh, keyboard, dan remote control.

  • Permukaan objek dari luar seperti: paket dari belanja online, box delivery food

  • Permukaan tempat umum, seperti, meja kantor, dan tempat duduk toilet

 

4. Do’s & Dont’s penggunaan hand sanitizer 

 

  • Tidak dianjurkan untuk mengambil/menyuap makanan dengan kondisi tangan yang dibersihkan oleh hand sanitizer, karena kandungan alkohol yang terdapat di dalam hand sanitizer tidak edible. Sebaiknya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum mengonsumsi makanan.

  • Jangan gunakan hand sanitizer jika tangan tampak kotor atau berminyak — misalnya, setelah berkebun, bermain di luar ruangan, memancing, atau berkemah. Jika toilet untuk cuci tangan tersedia, cuci tangan dengan sabun dan air sebagai gantinya.

  • Hand sanitizer yang efektif adalah yang minimal memiliki kandungan alkohol 60%.
  • Menurut beberapa studi, tangan cenderung menjadi mudah kering karena terlalu banyak menggunakan sabun dan air mengalir, dibandingkan dengan penggunaan hand sanitizer. Tetapi, CDC tetap merekomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dikarenakan hand sanitizer tidak membasmi seluruh kuman yang ada di tangan.

5. Bagaimana cara mengatasi tangan yang kering akibat terlalu sering menggunakan hand sanitizer?

 

Berikut beberapa tips untuk menghindari kondisi tangan yang kering akibat mencuci tangan yang terlalu sering:

  • Setelah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, disarankan untuk menepuk bagian tangan dengan tisu kering daripada menggosok tangan dengan tisu kering.

  • Aplikasikan hand cream pada tangan setelah beberapa kali mencuci tangan. Hal ini disebabkan karena hand cream memiliki manfaat untuk melembabkan yang lebih maksimal dibandingkan hand & body lotion. Hand cream yang baik adalah yang tidak mengandung bahan-bahan iritan seperti retinol, atau serum anti penuaan lainnya, allergen, atau pewangi.

  • Pilih sabun tangan yang lembut dan fragrance free.