5 Efek Samping Lemak Trans sang ‘Silent Killer’ Sejati

5 Efek Samping Lemak Trans sang ‘Silent Killer’ Sejati

youvit_efek_samping_lemak_trans

Lemak trans ada di mana-mana! Lemak ini tersembunyi dalam makanan yang kita konsumsi hampir setiap hari. Kita semua pastinya pernah mendengar tentang lemak dan sadar lemak yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

 

Tapi tahukah kamu bahwa lemak TRANS lebih buruk daripada lemak yang kamu temukan pada permukaan pizza yang berminyak?

 

Nah... Sebenarnya apa sih lemak trans itu? Lemak trans yang kita konsumsi kebanyakan merupakan lemak buatan. Industri menambahkan hidrogen ke dalam minyak nabati, sehingga akan memadat pada suhu kamar. Proses ini disebut hidrogenasi.

 

Alasan mengapa industri makanan melakukan ini adalah karena harganya murah dan memiliki umur penyimpanan yang panjang. Hal ini membuat kue kering, cake, biskuit, dan margarin terdiri dari lemak mematikan yang tersembunyi ini!

 

Lalu apa saja efek samping lemak trans bagi tubuh kita?

 

1. Kolesterol Tinggi

 

Efek samping yang paling kentara dari mengkonsumsi makanan berlemak adalah meningkatknya kadar kolesterol jahat di dalam darah. Lemak trans dapat menurunkan kolesterol baik (disebut HDL) dan meningkatkan kolesterol jahat (disebut LDL). Nah, jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka di dalam pembuluh darah akan terjadi penumpukan plak yang bisa menimbulkan masalah kesehatan yang jauh lebih berbahaya layaknya penyakit jantung atau bahkan serangan stroke.

 

2. Obesitas

Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tentunya dapat meningkatkan berat badan yang  mempertinggi risiko obesitas. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika obesitas bisa berlanjut menjadi masalah kanker, diabetes, gangguan jantung, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

 

3. Nyeri Sendi

Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak, persendianmu akan lebih mudah mengalami nyeri. Lemak yang berlebihan di dalam tubuh ternyata bisa membuat aliran darah kurang lancar sehingga membuat nyeri sendi ini lebih sering terjadi.

 

4. Pencernaan Bermasalah

Banyaknya lemak yang kita konsumsi juga bisa membuat lambung memproduksi kadar asam yang berlebihan. Hal ini ternyata bisa berimbas pada menurunnya fungsi saluran pencernaan pada perut.

 

5. Mudah Lupa 

Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh juga bisa berimbas buruk bagi fungsi kognitif dan fungsi otak secara keseluruhan. Tak hanya itu, senyawa kimia di dalam otak juga menjadi lebih tidak seimbang sehingga pada akhirnya kita akan lebih mudah lupa dan juga memiliki mood yang naik turun.

 

 

Jadi, sebelum kamu berencana untuk membeli kue kering dan cake yang lezat di supermarket… Sebaiknya segera menggantinya dengan buah-buahan, ya!