Cari Tahu Yuk, Ciri-ciri Kekurangan Vitamin dalam Tubuh

Cari Tahu Yuk, Ciri-ciri Kekurangan Vitamin dalam Tubuh

youvit_ciri-ciri_kekurangan_vitamin

Sejak merebaknya virus corona, vitamin seakan menjadi asupan yang diburu banyak orang. Padahal tahu nggak sih kalau vitamin memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh dan harus dikonsumsi setiap hari agar kamu bisa merasakan manfaatnya secara bertahap?

 

Selain menjaga imunitas tubuhmu, yang sangat penting untuk menangkal virus corona, vitamin juga membantu pengaturan dan proses kegiatan tubuh. Kekurangan vitamin dalam tubuh tentunya akan berpengaruh besar pada keseimbangan tubuh dan membuka lebar kemungkinan tubuh terserang macam-macam penyakit.

 

Tapi bagaimana ya caranya tahu kalau tubuh kekurangan vitamin?

 

Ciri-Ciri Tubuh Kekurangan Penyakit

 

Nah, pertanyaan yang sering banget muncul ini akan dijawab langsung oleh Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin, Rachel Olsen B.Sc.

 

Siap-siap dan catat ciri-ciri kekurangan vitamin dalam tubuh berikut ini!

 

1. Mudah lelah

 

Ciri-ciri Tubuhmu Kekurangan Vitamin serta Cara Mengatasinya - FILEKU

 

Apa yang kamu makan ternyata berpengaruh terhadap seberapa banyak energi yang bisa kamu keluarkan, lho. Itu sebabnya, kalau kamu kurang makan atau bahkan mengonsumsi makanan yang kurang bergizi, kamu bisa jadi lemas dan mudah lelah. Apalagi kalau yang kamu makan itu mengandung lemak atau gula yang tinggi.



Sebaiknya, usahakan untuk melakukan diet seimbang, lengkap dengan buah, sayuran, makanan kaya serat, dan protein. Hal tersebut bertujuan menghindari kondisi tubuh agar tidak gampang lemas.

 

2. Rambut rontok

 

7 Tanda Tubuhmu Kekurangan Vitamin, Sadari Sebelum Semakin Parah

 

Salah satu gejala yang ditemukan pada penderita kekurangan vitamin, khususnya vitamin B7 (biotin) adalah rambut rontok. Biotin ini tergolong sebagai vitamin larut air yang dapat diproduksi tubuh dan ditemukan dalam beberapa jenis makanan. Misalnya: roti dan sereal gandum, kacang-kacangan, salmon, ayam, telur, dan produk susu.



Nah, bagaimana jika kamu kekurangan asupan vitamin-vitamin kecantikan kulit, kuku, dan rambut ini?

 

Kamu bisa menyeimbangkan kebutuhan vitamin harianmu dengan YOUVIT Beauti+, yang ternyata mengandung ketiganya! Vitamin yang tersedia dalam tiga varian rasa (strawberry, raspberry, blackberry) ini melengkapi nutrisi untuk rambut, kulit, dan kuku yang sehat.

 

Baca juga: Mengenal 3 Vitamin Terbaik Untuk Menjaga Kecantikan Wanita

 

3. Sering bad mood

 

Kekurangan Vitamin dan Mineral Bisa Sebabkan Stres, Kenali 7 Ciri ...

 

Sering bad mood (disebut juga iritabilitas) bisa memicu gangguan konsentrasi atau kurang fokus. Ini merupakan suatu gejala yang bisa terjadi jika kamu kekurangan thiamin pyrophosphatase, yaitu bentuk aktif dari thiamin atau vitamin B1.

 

Di dalam tubuh manusia, vitamin B1 tidak dapat diproduksi sendiri, sehingga agar dapat tercukupi, asupannya sangat bergantung dari luar tubuh, yaitu melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

 

Jumlah konsumsi harian vitamin B yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan RI adalah 1.2 mg. Jadi jangan sampai kamu kekurangan asupan vitamin B setiap harinya ya!

 

4. Penglihatan di malam hari memburuk

 

5 Penyebab Mata Gatal Malam Hari yang Mungkin Sering Anda Alami

 

Pola makan yang buruk terkadang dapat menyebabkan masalah penglihatan di malam hari (poor night vision). Asupan vitamin A yang rendah, misalnya, mengakibatkan rabun senja, yang dapat mengurangi kemampuan orang untuk melihat dalam cahaya rendah atau gelap.



Hal ini disebabkan karena vitamin A diperlukan untuk memproduksi rhodopsin, pigmen yang ditemukan di retina mata yang membantu kita melihat di malam hari. Ketika tidak diobati, rabun senja dapat berkembang menjadi xerophthalmia, suatu kondisi yang dapat merusak kornea dan akhirnya menyebabkan kebutaan.


5. Kulit kering

 

5 Ciri Tubuh Anda Kurang Vitamin - Medcom.id

 

Kulit kering hingga bersisik juga bisa jadi tanda-tanda awal tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi. Kandungan Omega-3 yang terdapat di dalam YOUVIT Omega-3 Dewasa memainkan peran penting dalam mengembalikan kelembapan kulit, selain tentunya juga baik untuk kesehatan jantung, otak, dan mata.



Baca juga: Gak Mau Kulitmu Mengalami Penuaan Dini? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini

 

6. Gampang jatuh sakit

 

Waspadai 4 Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D Ini

 

Kekurangan vitamin dan mineral bisa membuat semangat menurun, badan pegal-pegal, kesemutan, dan kram. Kondisi tubuh yang menurun inilah yang menyebabkan kita jadi gampang jatuh sakit, biasanya tiba-tiba flu, batuk, atau pilek. Ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang kurang bagus dan virus yang ada di mana-mana membuat tubuh jadi lebih rentan sakit.

Baca juga: Panduan Do's & Dont's Di Rumah Untuk Jaga Imunitas Keluarga

 

Jadi kalau kamu mengalami salah satunya, segera sadari bahwa kamu butuh lebih banyak asupan vitamin dan mineral karena makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari-hari ternyata tidak mencukupi kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya, sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

 

Supaya kebutuhan vitamin harian kamu tercukupi, jangan lupa rutin konsumsi YOUVIT Gummy Multivitamin. Kandungan vitaminnya lengkap banget! Ada 10 vitamin dan 2 mineral dengan rasa mix berry yang enak.

 

Yuk, makan #1gummysetiaphari biar kamu selalu sehat!