Article Detail

Cegah Kulit Kusam dengan Mengubah 5 Kebiasaanmu Berikut Ini

Setiap wanita pastinya mendambakan kulit wajah yang bersih, sehat, dan selalu terlihat cerah.

 

Sayangnya, tanpa disadari kita ternyata sering melakukan beberapa kebiasaan yang bisa membuat kulit menjadi lebih kusam. Kulit yang kusam ini biasanya terjadi karena adanya penyumbatan kotoran pada pori-pori wajah.

 

Menghilangkan kulit kusam tidak bisa hanya dengan menggunakan produk kecantikan saja, tapi kamu juga harus mengubah kebiasaan sehari-harimu yang kurang sehat, terutama yang terkait dengan makanan. Padahal makanan berperan penting dalam memberi nutrisi pada kulit. Banyak orang yang tak menyadari kalau kebiasaan tertentu justru membuat kulitnya tidak sehat.

 

Lalu, apa saja kebiasaan yang bisa bikin kulit jadi kusam dan tak cerah? Simak 5 hal yang bisa membuat kulitmu perlahan-lahan menjadi kusam sehingga dapat kamu cegah sedari dini!

 

1. Makan makanan cepat saji

 

Image result for makan makanan cepat saji

 

Siapa yang tidak tergoda dengan pizza dan lelehan keju di pinggir-pinggirnya, atau burger dengan beef patty yang berlemak? Makanan cepat saji memang selalu menggoda. Tak hanya rasanya yang lezat dan prosesnya yang instan, seiring bertambahnya usia, makanan cepat saji membuat kulit wajah terlihat lebih kusam karena kekurangan asupan vitamin dan mineral yang cukup. Selain itu kulit pada bagian lengan dan kaki juga akan lebih mudah kering dan berisiko mengalami kerutan dini.

 

2. Kurang minum air putih

 

Image result for kurang minum air putih

 

Jika sedang asyik beraktivitas, konsumsi air putih cenderung terlupakan. Padahal minum air putih sebanyak 2,5 liter atau 8 gelas setiap hari memberikan dampak positif bagi kecantikan kulitmu.

 

3. Makan gorengan dan makanan kemasan

 

Image result for Makan gorengan dan makanan kemasan

 

Tinggalkan berbagai jenis makanan yang melalui proses memasak yang banyak menggunakan minyak dan makanan kemasan yang penuh dengan bahan pengawet, seperti mie instan. Lebih baik kamu beralih ke makanan rebus atau olahan segar, seperti salad dan makanan kaya energi yang terdiri dari buah-buahan yang dicampur granola.

 

4. Kurang makan buah dan sayur

 

Image result for kurang makan buah dan sayur

 

Buah-buahan yang mengandung vitamin A dan C, seperti papaya, mangga, apel, pisang, strawberry, kiwi, dan jeruk tak hanya baik bagi kesehatan tubuh melainkan juga membantu mencegah kulit kusam. Selain itu sayur-sayuran yang kaya akan vitamin E, seperti kacang-kacangan sangat baik menjaga kesehatan kulit. Kurang berolahraga Keringat yang keluar dari berolahraga akan membuat sel-sel kulit mati serta kotoran yang terdapat pada kulit ikut keluar dan membuat kulitmu yang kusam jadi cerah kembali.