Buah Utuh vs Buah Potong: Mana yang Lebih Sehat?

Buah Utuh vs Buah Potong: Mana yang Lebih Sehat?

youvit_buah_potong_vs_buah_utuh

Kamu tipe yang suka membeli buah-buahan utuh atau buah potong segar siap makan? Tak ubahnya buah-buahan utuh, buah potong kini dapat ditemukan di mana-mana, mulai dari pasar, supermarket, hingga di kafe atau restoran.

 

Buah yang sudah dipotong-potong kecil memang memudahkan kita, karena kita hanya tinggal memakannya. Apalagi di tengah-tengah segudang aktivitas yang kita miliki. Namun, apakah buah yang sudah dipotong di supermarket masih baik untuk dibeli?

 

Lalu, apa bedanya mengonsumsi buah-buahan utuh dan buah potong? Simak apa kata Rachel Olsen, Nutrition Expert YOUVIT mengenai buah utuh dan buah potong!

 

1. Buah potong rentan terkontaminasi (teroksidasi) udara luar dan matahari

 

Hal ini menyebabkan buah potong memiliki kadar vitamin yang lebih rendah dibandingkan buah utuh! Apalagi jika buah-buahan potong ini disimpan dalam styrofoam yang mengandung polystyrene.

 

Polystyrene adalah bahan kimia yang sangat bahaya jika dikonsumsi manusia dan bahan kimia ini bisa masuk ke dalam buah-buahan potong yang disimpan di dalam styrofoam.

 

2. Buah potong harganya lebih mahal daripada buah utuh

 

Meski terkesan lebih praktis karena sudah dikupas dan dipotong, buah potong harganya relatif lebih mahal daripada buah potong! 

 

3. Kandungan gizi buah potong sudah sedikit hilang

 

Pemotongan buah juga dapat menghilangkan sedikit kandungan gizinya. Kehilangan kandungan air setelah pemotongan dapat mengganggu keseimbangan asam atau basa dalam beberapa sayuran dan buah, sehingga bisa menghilangkan kandungan nutrisinya.

 

Beberapa vitamin dan mineral yang tidak tahan panas juga bisa menguap setelah buah dipotong, misalnya vitamin C.

 

4. Buah potong sudah tidak segar

 

Kesegaran buah yang sudah dipotong dan belum dipotong tentu berbeda. Pemotongan buah-buahan dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam sayur dan buah. Sehingga, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya perubahan warna, rasa, tekstur, dan kelembaban sayur dan buah.

 

Kandungan air dalam buah yang sudah dipotong tentu bisa menguap, sehingga akan mengurangi kelembabannya. Hal ini juga dapat mengurangi umur simpan buah. Apel yang sudah dipotong misalnya bisa mengalami perubahan warna menjadi kecokelatan.